Cara Memulihkan Foto yang Terhapus Permanen di Mac

Pada artikel berikut kita akan membahas bagaimana cara memulihkan foto yang terhapus permanen di Mac maupun MacBook Anda. Sebagian besar dari kita menyimpan banyak foto dan video kenangan dan momen berharga di MacBook karena mereka menawarkan ruang penyimpanan yang melimpah. Tentu sangat menyenangkan untuk mengambil gambar dan menyimpannya di laptop dan menjadikannya bagian dari kenangan. Tetapi bagaimana jika gambar dan video ini tidak sengaja terhapus?

Cara Memulihkan Foto yang Terhapus Permanen di Mac

Kehilangan data dapat terjadi karena beberapa alasan. Di sini, kami telah membahas beberapa situasi paling umum di mana data Anda berpotensi hilang. Apa yang menyebabkan Anda kehilangan foto atau video penting di MacBook? Ada banyak alasan kehilangan data tetapi yang paling umum adalah:

Alasan Kehilangan Data

1. Menghapus Seluruh Album Foto

Jika Anda, entah bagaimana, menghapus seluruh album foto Anda di Mac, Anda dengan mudah dapat menemukannya di Trash bin/tempat sampah dan memulihkannya. Jika Anda tidak dapat menemukannya, coba gunakan Time Machine backup untuk memulihkan foto yang disimpan secara online.

2. Format Partisi

Memformat partisi storage dapat menghancurkan setiap file di dalamnya. Jadi, mendapatkan kembali foto, video, atau dokumen lama Anda, menjadi tugas yang cukup menantang.

3. Tempat sampah yang dikosongkan setelah terhapus secara tidak sengaja

Yang satu ini cukup umum. Semua file yang dihapus berada di Trash Bin tempat Anda dapat dengan mudah memulihkannya. Sebagian besar orang secara tidak sengaja menghapus tempat sampah, sehingga kehilangan opsi untuk memulihkan file dari tempat sampah. Dalam kasus ini, Anda perlu menginstal alat pemulihan data yang kuat untuk mendapatkan kembali foto Anda.

4. Serangan Virus

Sebagian besar waktu, virus dapat menghancurkan beberapa file media. Dalam hal ini, Anda harus memastikan bahwa virus tidak lagi ada di komputer dengan menginstal software anti-virus. Kemudian gunakan Tenorshare 4DDiG, software backup untuk memulihkan file yang terhapus.

Cara Memulihkan Foto yang Terhapus Permanen di Mac Tanpa Software

Bagaimana memulihkan foto yang dihapus secara permanen di Mac tanpa Software. Ada banyak skenario kehilangan data di mana Anda tidak perlu menginstal software apa pun.

1. Pulihkan dari folder Recently Deleted

Cara Memulihkan Foto yang Terhapus Permanen di Mac

Anda dengan mudah dapat menemukan kembali data yang hilang di tempat sampah. Misalnya, Anda tidak sengaja menghapus album foto pernikahan, untuk memulihkan item yang dihapus, cukup buka tempat sampah, klik kanan file dan pilih ‘Put Back’.

2. Pulihkan gambar yang dihapus dari iCloud

Jika Anda tidak dapat menemukan item yang dihapus di Bin, coba lihat data yang dicadangkan di iCloud . Kunjungi pengaturan iCloud Anda dan klik iCloud Drive.

2. Cara Memulihkan Foto yang Terhapus Permanen di Mac

Buka opsi foto yang dihapus secara permanen. Kemudian pilih dan download foto yang ingin Anda pulihkan ke Mac Anda.

3. Cara Memulihkan Foto yang Terhapus Permanen di Mac

3. Ambil foto yang dihapus secara permanen menggunakan Time Machine

Cara Memulihkan Foto yang Terhapus Permanen di Mac

Anda juga bisa menggunakan Time Machine Mac untuk memulihkan file yang hilang dari perangkat storage. Pastikan perangkat terhubung. Sekarang buka Time Machine dengan mengklik ikon Time Machine di menu bar atas. Anda dapat melihat daftar panjang file. Anda cukup memulihkan atau restore file dari sana.

Cara Memulihkan Foto yang Terhapus Permanen di Mac

Cara Memulihkan Foto yang Terhapus Permanen di Mac dengan Tenorshare 4DDiG

Anda dapat mencoba Tenorshare 4DDiG , alat pemulihan yang mudah digunakan dan salah satu yang paling canggih. Beberapa fitur unggulan dari Tenorshare 4DDiG mencakup pemulihan semua jenis file:

  • Dokumen yang dihapus
  • Gambar dan video yang dihapus
  • File audio
  • file RAW, dan banyak lagi.

Untuk menginstal Tenorshare 4DDiG cukup mudah. Cukup kunjungi situs web mereka dan download versi Mac. Setelah didownload, install program di perangkat Anda, dan jalankan.

1. Memilih Drive/Disk

Cara Memulihkan Foto yang Terhapus Permanen di Mac

Pilih drive/disk tempat Anda kehilangan file. Setelah dipilih, klik tombol Scan di bagian bawah user interface.

2. Scanning

Cara Memulihkan Foto yang Terhapus Permanen di Mac

Proses scanning akan memakan waktu tergantung pada volume data yang disimpan di drive.

3. Preview and Recover

Cara Memulihkan Foto yang Terhapus Permanen di Mac

Setelah selesai scanning, Anda akan melihat daftar item yang dihapus yang dapat Anda preview sebelum memulihkannya. Ini memungkinkan Anda untuk hanya memulihkan file yang diinginkan atau file penting saja. Jadi, ini adalah panduan singkat cara memulihkan foto yang terhapus permanen di Mac, dengan dan tanpa menggunakan software. Apa pun format file yang hilang, Tenorshare 4DDiG akan menggali jauh ke dalam drive Mac dan akan menemukan foto dan video Anda.

TERKAIT: Cara Mentransfer Foto dari iPhone ke PC

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here