Cara Membuat Video Sinematik Keindahan Alam

Cara Membuat Video Sinematik – Menangkap momen keajaiban dan keindahan alam jadi tantangan tersendiri bagi dunia fotografi. Foto ataupun rekaman jarang memberikan pengalaman yang benar-benar membawa penikmat video berada di sana. Bagaimana bisa membuat pemandangan gunung atau air terjun yang menakjubkan lewat smartphone Anda bisa menjadikan video alam menjadi lebih hidup dengan Galaxy S21 Ultra 5G dan mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru!

Cara Membuat Video Sinematik Keindahan Alam

1. Buat Rencana, lalu Berpetualang

Langkah pertama, tentunya Anda  harus memilih lokasi pemotretan. Anda dapat memilih Taman Nasional Blue Mountains karena ketertarikannya kepada tebing, air terjun, dan margasatwa.

Anda dapat membawa perlengkapan seperti baterai agar tidak kehabisan daya dan tripod untuk menstabilkan kamera. Setelah semua persiapan itu, siapkan diri Anda   untuk menjelajahi dan menangkap momen alam yang menarik.

2. Rekam Tampilan dan Nuansa yang Konsisten

Salah satu cara untuk membuat video alam Anda   terasa lebih profesional adalah dengan mempertahankan tingkat eksposur yang sama. Di awal pemotretan, pilih eksposur yang Anda   sukai. Kemudian, saat kondisi berubah atau berada di tempat yang berbeda, sesuaikan ISO atau shutter speed secara manual untuk mencerahkan dan menggelapkan pemandangan.

Cara Membuat Video Sinematik Keindahan Alam

Dengan Galaxy S21 Ultra 5G, Anda akan dimudahkan karena ada mode Pro Video. Menyetel tampilan dan nuansa yang konsisten juga akan membuat proses pengeditan lebih mudah.

3. Jangan Hanya Mengamati Alam, tapi Bergerak!

Gerakan adalah salah satu teknik terbaik untuk membuat video lebih menarik dan imersif. Daripada Anda   hanya berdiri di satu tempat, coba gerakkan kamera ke depan dan ke belakang, atau kiri ke kanan. Pergerakan ini akan menambahkan aksi ke dalam video Anda   dan menciptakan skala atau kedalaman bidang.

4. Bidik Pemandangan dari Berbagai Sudut

Saat menangkap suasana ruang luar, dapatkan banyak bidikan dari berbagai sudut agar penonton dapat merasakan pengalaman yang sama seperti kita. Ketika kita pergi ke suatu lokasi, kita mengamatinya dari berbagai sudut.

Pertama, Anda bisa tentukan lokasi untuk wide shot, lalu lebih dekat lagi ambil close up shot. Gabungkan berbagai sudut tersebut untuk menghasilkan video yang lebih dinamis.

5. Bersiaplah Untuk Kejutan Tak Terduga

Cara Membuat Video Sinematik Keindahan Alam

Satu kepastian ketika memotret di luar ruangan adalah situasi yang dapat berubah. Anda  bisa merencanakan segala sesuatu tetapi alam punya rencana lain yang tidak dapat dihentikan. Anda harus beradaptasi dengan hal-hal yang tidak terduga

Jika matahari terbenam di balik awan, sesuaikan eksposur dalam mode Pro Video untuk menjaga pencahayaan tetap konsisten. Jika cuaca buruk mendorong Anda   harus pindah lokasi, gunakan 3 lensa kamera Galaxy S21 untuk bereksperimen dengan berbagai bidang pandang.

Lingkungan yang tidak terduga juga bisa sangat bagus untuk pemotretan, karena dapat menghasilkan banyak inspirasi yang tidak terencana. Misalnya, sinar cahaya yang mengintip di balik awan atau ikan yang melompat keluar dari air untuk sepersekian detik. Anda dapat merekam sebagian besar cuplikan dalam 60 frame per detik, sehingga bisa menangkap momen tak terduga.

TERKAIT: Cara Menggunakan Cinematic Mode iPhone 13 dan iPhone 13 Pro

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here