Cara Membuat Video Animasi Stop Motion

Video Animasi Stop Motion – Anda pasti tahu atau pernah menonton film animasi berjudul Shaun The Sheep, dong? Film animasi ini merupakan salah satu film favorit anak-anak dan pernah ditayangkan di salah satu stasiun televisi Indonesia.

Namun, tahukah Anda bahwa film ini dibuat dengan stop motion? Stop motion adalah sebuah teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik terlihat bergerak sendiri.

Hal ini dilakukan dengan menggerakkan objek sedikit demi sedikit di setiap frame yang difoto, menciptakan ilusi pergerakan saat rangkaian foto tersebut disatukan dan dimainkan secara berurutan berkelanjutan. Melihat pengertiannya, teknik animasi ini mungkin terlihat rumit dan sulit untuk dilakukan.

Namun, pada faktanya, stop motion tidak memerlukan keahlian khusus dan dapat dilakukan oleh semua orang, cukup dengan ketelatenan dan ketelitian. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik ala @adamsaysmusic yang dapat Anda ikuti untuk membuat sebuah video animasi stop motion yang bagus.

Cara Membuat Video Animasi Stop Motion

1. Gunakan Tripod/Phone Holder agar Gambar Stabil

Cara Membuat Video Animasi Stop Motion

Pertama, pastikan kamera atau smartphone tidak bergerak atau berguncang saat mengambil gambar. Anda dapat melakukan hal ini dengan mudah menggunakan tripod atau phone holder. Jika Anda tidak memiliki salah satu dari alat ini, Anda bisa mengganjal smartphone dengan buku ataupun menempelkannya ke benda lain seperti gagang sapu untuk digunakan seperti monopod.

Hal ini sangatlah penting karena jika gambar yang diambil tidak stabil, maka video stop motion hanya akan terlihat seperti slideshow biasa atau seperti sekumpulan gambar yang hanya disatukan saja.

2. Cari Spot Foto dengan Sumber Pencahayaan yang Baik dan Stabil

Cara Membuat Video Animasi Stop Motion

Untuk pencahayaan, Anda sebaiknya menggunakan cahaya lampu dan hindari menggunakan pencahayaan alami dari matahari. Hal ini dikarenakan cahaya matahari yang terik bisa menjadi mendung secara tiba-tiba, menyebabkan pencahayaan gambar jadi berubah-ubah dan membuat hasil video stop motion jadi flickering atau tidak konsisten.

3. Setting Pengaturan Kamera Smartphone Secara Manual

Cara Membuat Video Animasi Stop Motion

Membiarkan kamera mengatur fokus dan aperture secara otomatis dapat membuat foto jadi tidak maksimal saat Anda menggerakan objek yang dipotret. Oleh karena itu, Anda perlu mengunci titik fokus dan atur aperture kamera smartphone-mu secara manual setiap memotret.

4. Gerakkan Objek yang Difoto Sedikit Demi Sedikit. Foto Setiap Pergerakan Itu.

Cara Membuat Video Animasi Stop Motion

Untuk menciptakan hasil animasi yang lebih mulus, Anda sebaiknya menggerakkan objek sedikit demi sedikit. Menggerakkan objek dengan banyak akan membuat transisi frame jadi kasar dan hasil video pun tidak akan terlihat seperti animasi. Walaupun lebih melelahkan, tentunya lebih baik jika kita memberikan sedikit effort tambahan untuk memperoleh hasil yang maksimal.

5. Edit Hasil Animasi Sekreatif Mungkin.

Cara Membuat Video Animasi Stop Motion

Setelah Anda selesai memotret setiap pergerakan objek dan menyatukan setiap frame, Anda akan memperoleh sebuah video stop motion yang bisu atau tidak memiliki suara. Untuk membuat animasi terlihat lebih nyata, Anda bisa menambahkan sound effect dalam setiap gerakan objek.

Jika Anda tidak ingin repot mencari efek suara, Anda dapat membuat sound effect sendiri. Misalnya, saat Anda membuat animasi mainan mobil-mobilan, Anda dapat mengucapkan ‘ngeengg ngeengg’ saat mobil melaju dalam video.

TERKAIT: 10 Software Aplikasi Edit Video PC Terbaik dan Gratis

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here