4 Jenis Fotografi Yang Wajib Kamu Ketahui

Jenis Fotografi – Dalam kehidupan kita sekarang ini, kita pastinya sering melihat foto, baik saat kita berada di rumah, nongkrong di kafe, atau sekedar menjelajahi media sosial. Tidak hanya sekedar melihat, berkat kamera smartphone yang semakin canggih, kita juga jadi bisa mengambil banyak foto dengan mudah.

Objek yang difoto pun bermacam-macam. Mulai dari orang, hewan, tumbuhan, pemandangan alam, karya seni, hingga benda-benda abstrak. Bukan hanya objeknya saja, ada banyak teknik berbeda yang dapat kamu lakukan untuk mengambil sebuah gambar.

Oleh karena itu, sama halnya dengan musik, fotografi terbagi menjadi puluhan jenis atau genre berdasarkan teknik dan objek yang ditangkap. Berikut ini adalah beberapa jenis fotografi yang sedang populer saat ini.

4 Jenis Fotografi Yang Wajib Kamu Ketahui

1. Street Photography

4 Jenis Fotografi Yang Wajib Kamu Ketahui

Fotografi jalanan adalah jenis fotografi yang bertujuan untuk merekam kegiatan sehari-hari. Dalam jenis fotografi ini, kamu sebagai fotografer perlu mengambil foto secara candid untuk menunjukkan cerminan kondisi masyarakat yang sebenarnya. Untuk melakukan hal ini, kamu bisa mengambil foto di fasilitas umum seperti jalanan, trotoar, taman, stasiun MRT, dan sebagainya.

2. Landscape Photography

4 Jenis Fotografi Yang Wajib Kamu Ketahui

Fotografi Landscape adalah jenis fotografi yang menampilkan bentangan ruang yang luas, lahan yang luas, atau dunia luar dengan sudut pandang yang lebar. Jenis foto ini biasanya menangkap keindahan alam tetapi juga dapat melibatkan unsur-unsur buatan manusia seperti bangunan tinggi.

Jenis fotografi ini juga terbagi menjadi beberapa sub-genre seperti seascape yang berfokus pada pemandangan laut, cityscape berfokus pada perkotaan, dan skyscape yang fokus pada pemandangan langit. Jika kamu adalah orang yang adventurous dan senang bepergian, jenis fotografi ini adalah yang paling tepat.

3. Night Photography

3. 4 Jenis Fotografi Yang Wajib Kamu Ketahui

Seperti namanya, fotografi malam ialah sebuah foto outdoor yang diambil pada malam hari. Dikarenakan minimnya pencahayaan di malam hari, fotografer biasanya akan menggunakan cahaya buatan atau eksposure lama agar dapat menerima cahaya yang cukup.

Cahaya jalanan, lalu lintas, rumah, kafe, dan bangunan lainnya yang terlihat pada malam hari merupakan ciri khas yang membuat jenis fotografi ini sangat menarik.

4. Macro Photography

4 Jenis Fotografi Yang Wajib Kamu Ketahui

Fotografi makro merupakan jenis fotografi dengan jarak pengambilan gambar yang dekat. Objek utama fotografi makro dapat berupa benda-benda kecil seperti serangga, bunga, embun, maupun objek lainnya, menghasilkan detail gambar yang cantik.

TERKAIT: Teknik Fotografi Air Menggunakan Smartphone

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here