Jumat, Agustus 14, 2020
Beranda Tekno Aplikasi Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Android dan iOS

Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Android dan iOS

- Advertisement -

Smartphone saat ini memiliki kamera yang sangat canggih, sehingga banyak pengguna memanfaatkan kamera smartphone untuk membuat video. Untuk membuat video yang menarik dan berkualitas tinggi memerlukan aplikasi pengeditan video baik untuk memotong rekaman maupun memberi efek pada video.

Aplikasi edit video juga memberi Anda kemungkinan untuk melakukan pemangkasan video, menambahkan filter, dan bahkan bisa membuat film pendek baik di smartphone maupun tablet Anda. Beberapa aplikasi memiliki fitur canggih yang dapat Anda gunakan untuk mengedit warna, pencahayaan, atau menambahkan efek khusus ke video Anda. Anda juga dapat mengedit trek audio dan menambahkan musik atau voice-over ke video Anda.

Berikut beberapa aplikasi edit video terbaik untuk iOS dan Android untuk melengkapi aplikasi standar yang disertakan dengan smartphone Anda.

1. Adobe Premiere Rush

- Advertisement -

1. Adobe Premiere Rush

Adobe Premiere Rush sebelumnya telah menggantikan Adobe Premiere Clip. Aplikasi baru ini memungkinkan Anda merekam, mengedit, dan membagikan video smartphone Anda ke semua platform. Adobe Premiere Rush dapat membuat video terlihat lebih profesional yang dapat langsung Anda bagikan ke media sosial dari aplikasi. Selain itu aplikasi ini dapat bekerja di semua perangkat yang Anda miliki, seperti iPhone, iPad, Android, dan desktop.

Fitur edit video diantaranya pengaturan drag dan drop video, audio, grafik, foto, peningkatan warna, judul, transisi, voiceovers, dan masih banyak lagi. Empat video dan tiga track audio memberi Anda fleksibilitas untuk berkreasi. Anda dapat customize judul, dengan templat bawaan seperti penambahan animasi, ubah warna, ubah ukuran, penggunaan jenis font, dan fitur lainnya secara gratis dapat diakses di Adobe Stock.

Dengan Adobe Premiere Rush Anda juga dapat menambahkan musik, merekam voiceovers, dan menggunakan tools canggih yang ditenagai oleh mesin kecerdasan buatan (artificial intelligence) Sensei Adobe untuk menyeimbangkan suara dan mengurangi kebisingan (noise). Berbagai fitur tersebut Anda dapat mengubah ukuran rasio aspek video untuk dishare ke channel media sosial seperti Instagram, Facebook, maupun YouTube.

Semua video Anda secara otomatis disinkronkan ke cloud Adobe sehingga Anda dapat mengambilnya dari platform apa pun. Adobe Premiere Rush gratis untuk digunakan tetapi terbatas pada exports video.  Anda dapat meningkatkan $ 10 per bulan untuk exports tanpa batas dengan penyimpanan cloud sampai 100GB.

2. iMovie

2. iMovie

iMovie pada iOS adalah aplikasi pendamping program desktop Apple dengan nama yang sama. Aplikasi mobile menawarkan tampilan berbentuk film atau trailer bergaya Hollywood yang elegan pada iPhone atau iPad Anda. Interface aplikasi yang intuitif dapat menjadi solusi untuk edit film bagi pemula. Apple juga mengemas tema siap pakai untuk pembuatan film dengan judul, transisi, dan musik yang terkoordinasi.

- Advertisement -

Anda dapat meningkatkan kualitas video Anda dengan filter slo-mo, fast-forward, soundtrack musik bawaan dan sound effects untuk menceritakan narasi suara Anda sendiri. Di antara efek khusus yang ditampilkan adalah green screen, split-screen, dan picture-in-picture. Pilih dari 14 templat trailer, logo dan kredit film yang dapat disesuaikan, dan rekam video trailer langsung dari aplikasi.

Setelah selesai membuat video, Anda dapat dengan mudah memindahkan proyek antara iPhone, iPad, atau Mac untuk penyempurnaan lebih lanjut, atau sambungkan monitor ke aplikasi seluler untuk mengedit video di layar yang lebih besar. Kemudian, simpan film jadi ke library foto Anda atau bagikan di YouTube channel Anda dalam format 4K atau 1080p hingga 60 frame per detik (fps). Versi terbaru memungkinkan Anda mengakses video dari hard drive eksternal, kartu SD, dan drive USB. Dan ketika Anda menambahkan tema musik dalam pengaturan proyek video Anda, soundtrack secara otomatis akan cocok dengan durasi film Anda.

Download iMovie untuk iOS

3. Cyberlink PowerDirector

Cyberlink PowerDirector

CyberLink PowerDirector adalah aplikasi video yang sangat populer untuk Windows dan aplikasi Android serta kompatibilitas dengan Chromebook. PowerDirector memiliki timeline multi-track dengan interface yang tradisional untuk edit video full HD dan 4K, efek khusus slo-mo, voice-overs, dan banyak lagi. Penstabil video bawaan memungkinkan Anda untuk mengatasi sindrom webcam genggam yang mudah goyah.

Aplikasi ini menyediakan beberapa fitur edit video timeline video editing, efek film aksi, dan background editing. Dengan PowerDirector, Anda mendapatkan edit efek khusus, edit audio dengan efek fade dan voice-over, efek kolase video, picture-in-picture, dan blue screen atau green screen untuk edit bagian background.

Setelah selesai, Anda dapat membagikan video Anda ke YouTube dan Facebook. Hasil ekspor video adalah 720p, tetapi dengan pembelian dalam aplikasi (akun premium), Anda dapat mengekspor ke 1080p dan 4K. Fitur premium seperti full HD, penghapusan watermark dan penghapusan iklan, dan paket konten tersedia gratis selama tujuh hari, tetapi setelah itu, Anda harus membeli paket berlangganan.

4. Vizmato

Vizmato

Jika Anda suka membuat film, aplikasi Vizmato bisa jadi solusi karena fiturnya mudah digunakan. Aplikasi slideshow dan video editing memungkinkan Anda menambahkan filter, tema, musik, efek, dan teks ke film. Selain itu dapat Anda share ke Facebook, Instagram, YouTube, Whatsapp, dan media sosial lainnya. Vizmato menyediakan lebih dari 20 tema video dan banyak efek khusus dengan 140 sampel background musik untuk ditambahkan ke dalam video Anda.

Efek pengubah suara memungkinkan Anda menyamarkan suara agar terdengar seperti bayi, tupai, hantu, dan karakter lainnya. Anda dapat memperlambat, mempercepat, atau membalikkan efek pada video Anda atau menambahkan teks dan stiker khusus ke film Anda. Slideshow maker memungkinkan Anda mengonversi foto menjadi video lengkap dengan tema dan musik yang bebas-royalti. Aplikasi Vizmato juga memungkinkan Anda merekam video HD melalui live recorder.

Vizmato dapat Anda gunakan secara gratis, tetapi dengan berlangganan ke Pro version sebesar $12 per tahun Anda dapat menghilangkan watermark, iklan, dan mendapatkan lebih banyak musik bebas royalti.

5. Kinemaster

KineMaster menawarkan tools yang powerfull dan mudah digunakan seperti multiple video layers, blending modes, voice-overs, chroma-key, speed controls, transitions, subtitles, stickers, dan special effects. Fitur ini sangat berguna untuk blogger video dan mereka yang suka berbagi video ke YouTube dan Instagram. Selain itu ada trim, splice, dan crop tools. Aplikasi ini memberi efek time-lapse dan efek slo-mo yang canggih serta auto volume dan ducking.

Animasi keyframe membuat jalannya ke ponsel dengan Kinemaster untuk menambahkan motion ke layer dan aplikasi ini juga mendukung beberapa aspek rasio. Jika Anda kehabisan ide-ide kreatif, jangan khawatir.

Apps Asset Store diperbarui setiap minggu dengan musik, gambar klip, font, stiker, dan transisi untuk memberikan tampilan unik pada video Anda. Anda dapat mengekspor hingga 4K, 2160p video dengan 30 fps. KineMaster gratis untuk digunakan tetapi terdapat watermark pada video. Anda dapat berlangganan KineMaster Premium seharga $ 5 per bulan atau $ 40 per tahun untuk menghapus watermark dan menggunakan semua fitur yang masih terkunci.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TRENDING

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU