4 Cara Download Foto dari iPhone ke Komputer MacBook

Cara Download Foto dari iPhone ke Komputer – Berbagi file antara iPhone, iPad, dan perangkat Mac adalah urusan yang simple. Selain dapat menyalin dan backup semua yang ada di iPhone, Anda dapat mentransfer gambar dan video yang diambil di iPhone Anda satu per satu ke MacBook. Dalam posting ini, ada 4 metode yang dapat Anda lakukan untuk transfer foto dari iPhone ke MacBook.

Metode #1: Cara Download Foto dari iPhone ke Komputer MacBook Menggunakan iCloud Photos

Anda dapat mengunduh salinan foto atau video asli Anda dari iCloud Photos kapan saja, artinya Anda dapat mengaksesnya dari perangkat mana pun. Jika Anda masuk ke akun iCloud pada Mac, Anda dapat mengakses seluruh perpustakaan Foto Anda yang mencakup semua foto dan video Anda.

Item di perpustakaan Foto Anda akan diatur ke dalam Tahun, Bulan, Hari, dan Semua Foto dan Anda dapat melihat dan mendownloadnya kapan saja Anda inginkan langsung dari browser web Anda, sebaiknya gunakan Safari.

Untuk mulai mendownload gambar dari iCloud Photos di web, buka Safari, buka iCloud.com, dan masuk dengan akun Apple Anda.

Mac Anda akan meminta untuk memasukkan kata sandi iCloud atau kata sandi Mac Anda, tergantung bagaimana konfiguarsi Anda. Anda akan dibawa ke layar akun iCloud setelah memasukkan kredensial Anda.

Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

Di dalam Layar Utama iCloud.com, klik ‘Photos‘.

2. Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

Pilih foto dan video yang ingin Anda download di Mac Anda. Jika Anda ingin mendownload item satu per satu, Anda dapat memilihnya hanya dengan mengkliknya. Untuk beberapa pilihan, Anda harus menahan tombol ‘Command’ pada keyboard Anda, lalu klik pada item yang ingin Anda download.

Setelah Anda memilih foto dan video, klik dan tahan tombol ‘Download‘ (yang ditunjukkan oleh awan dan panah menghadap ke bawah).

3. Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

Menu popup akan muncul, meminta Anda untuk memilih apakah Anda ingin mengunduh item dalam format ‘Unmodified Original‘ atau dalam format ‘Most Compatible‘.

Jika Anda memilih ‘Unmodified Original‘, foto yang Anda pilih akan diunduh seperti aslinya yang diimpor atau diambil dari ponsel Anda. Memilih ‘Most Compatible‘ akan menyimpan foto Anda dalam format JPEG atau H.264. Setelah Anda memilih format yang Anda sukai, klik opsi downloiad di dalam menu popup.

4. Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

Item yang dipilih akan didownload di folder Download default Mac Anda.

Metode #2: Cara Download Foto dari iPhone ke Komputer MacBook Menggunakan Finder

Jika Anda ingin mentransfer foto dari iPhone ke Mac menggunakan koneksi kabel, Anda dapat menggunakan aplikasi Finder di macOS. Sejak peluncuran macOS 10.15 Catalina, aplikasi Finder memiliki utilitas manajemen iPhone internal yang mereplikasi fungsionalitas iTunes di Mac.

Sebelum Anda mulai mentransfer foto, Anda perlu memastikan bahwa perangkat iPhone dan Mac diperbarui ke versi OS terbaru – iOS 12 atau lebih baru dan macOS Catalina (10.15) atau yang lebih baru. Dengan iPhone dan Mac AKTIF, buat koneksi di antara keduanya menggunakan kabel USB-ke-Lightning yang disertakan dengan iPhone Anda.

Agar metode ini berfungsi, opsi iCloud Photos di iPhone Anda harus dinonaktifkan. Anda dapat melakukan ini dengan membuka Name > iCloud > Photos dan menonaktifkan sakelar ‘iCloud Photos’ di layar.

5. Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

Setelah menyambungkan iPhone ke Mac, buka app Finder di Mac.

6. Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

Di dalam aplikasi Finder, Anda dapat melihat iPhone Anda di sidebar kiri. Jika tidak, klik bagian ‘Locations‘ dari sidebar untuk meluaskannya. Anda dapat melihat iPhone terdaftar di sini. Klik di iPhone Anda.

7. Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

Jika ini adalah pertama kalinya Anda menyambungkan iPhone ke Mac, muncul dialog yang menanyakan apakah Anda “Trust iPhone”. Anda harus mengklik ‘Trust‘ di Mac.

8. Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

Pada langkah berikutnya, Anda harus mengetuk opsi ‘Trust’ pada iPhone saat muncul dialog “Trust This Computer”.

9. Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

Setelah Anda memilih opsi ‘Trust‘, masukkan kode sandi perangkat Anda pada smartphone Anda.

10. Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

Setelah otentikasi selesai, Anda akan melihat data iPhone Anda di dalam aplikasi Finder pada Mac Anda. Ini adalah layar manajemen perangkat iPhone Anda yang menampung semua kontrol diperlukan untuk mem-backup iPhone Anda.

Di layar ini, klik tab ‘Photos‘ di bagian atas, centang kotak di sebelah ‘Sync photos to your device from‘, dan pilih aplikasi atau folder tempat Anda ingin mendownload foto.

11. Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

Pada layar yang sama, pilih opsi “All photos and albums” di sebelah ‘Sync‘ jika Anda ingin memindahkan semua foto di aplikasi atau folder yang dipilih ke Mac Anda. Jika Anda hanya ingin memindahkan foto dari beberapa album, pilih ‘Selected albums‘.

Anda dapat menyesuaikan pilihan dengan memilih preferensi Anda di dalam bagian ‘Options‘. Bagian ini memungkinkan Anda mendownload item yang Anda suka, termasuk video di antara item yang disinkronkan, dan secara otomatis menyertakan foto dari periode terakhir seperti minggu lalu, bulan, dll.

12. Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

Setelah selesai memilih preferensi Anda, klik tombol ‘Apply‘ di sudut kanan bawah jendela.

Semua foto yang Anda pilih untuk diselaraskan akan didownload ke Mac dan akan tersedia di dalam tab ‘Pictures‘ di aplikasi Finder.

Metode #3: Cara Download Foto dari iPhone ke Komputer MacBook Menggunakan Photos ap

Sama seperti metode di atas, Anda dapat menggunakan aplikasi Foto pada Mac Anda untuk mendownload gambar dan video dari iPhone dengan bantuan kabel data. Dengan iPhone dan Mac AKTIF, buat koneksi di antara keduanya menggunakan kabel USB-ke-Lightning yang disertakan dengan iPhone.

Setelah Anda berhasil menghubungkan iPhone Anda ke Mac, buka aplikasi Foto di Mac dan pilih perangkat iPhone Anda dari sidebar kiri.

13. Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

Jika ini adalah pertama kalinya Anda menyambungkan iPhone ke Mac, muncul dialog yang menanyakan apakah Anda “Trust iPhone”. Anda harus mengklik ‘Trust‘ di Mac. Pada langkah berikutnya, Anda harus mengetuk opsi ‘Trust’ pada iPhone Anda saat muncul kotak dialog “Trust This Computer“.

Masukkan kode sandi perangkat pada smartphone Anda untuk membuat koneksi antara Mac dan iPhone. Sekarang Anda dapat melihat semua foto yang tersedia di iPhone Anda.

14. Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

Pilih gambar dan video yang ingin Anda download di Mac hanya dengan mengklik item yang Anda inginkan.

Anda dapat mendownload foto yang dipilih di aplikasi Foto Mac Anda dengan mengklik opsi ‘Import Selected‘ di kanan atas. Anda juga dapat mendownload semua gambar terbaru dengan mengklik opsi ‘Import All New Photos‘.

15. Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

Semua gambar dan video akan diimpor ke app Foto di Mac Anda. Setelah proses impor selesai, foto akan ditemukan di dalam tab ‘Imports‘ di bilah sisi kiri di aplikasi Foto.

16. Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

Setelah ini, Anda dapat memutuskan koneksi iPhone dengan Mac.

Metode #4: Cara Download Foto dari iPhone ke Komputer MacBook Menggunakan Airdrop

Anda dapat mengirim dan menerima file di antara semua perangkat Apple secara nirkabel menggunakan Airdrop, seperti dokumen, gambar, video, dan file lainnya dan Anda dapat menggunakan metode berikut untuk berbagi semua file dari iPhone ke Mac atau sebaliknya.

Sebelum menggunakan Airdrop untuk mentransfer foto dari iPhone ke Mac, pastikan Anda telah mengkonfigurasi hal-hal berikut dengan benar:

  • Baik Mac dan iPhone Anda memiliki WiFi, Bluetooth, dan Airdrop yang diaktifkan di keduanya.

17. Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

  • Kedua perangkat tersebut berada dalam jangkauan Bluetooth dan Wi-Fi satu sama lain.
  • Airdrop di Mac diatur ke ‘Contacts Only’ atau ‘Everyone’.
  • Kedua perangkat terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

Setelah Anda menyelesaikan konfigurasi di atas, Anda dapat membuka aplikasi Foto di iPhone Anda. Di dalam aplikasi Foto, pilih foto yang ingin Anda transfer ke Mac dengan mengetuk tombol ‘Select‘ dari sudut kanan atas, lalu tentukan pilihan Anda.

18. Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

Setelah Anda memilih foto, ketuk ikon ‘Share‘ di sudut kiri bawah layar Anda.

19. Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

Saat menu Share muncul, ketuk tombol ‘Airdrop‘.

20. Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

Pilih komputer Mac Anda dari layar Airdrop.

21. Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

Jika sebelumnya Anda telah berbagi file menggunakan Airdrop di Mac, file yang dikirim dari iPhone akan mudah didownload di dalam folder ‘Downloads‘ pada aplikasi Finder. Jika tidak, Anda perlu mengklik tombol ‘Accept‘ saat diminta di Mac.

22. Cara Transfer Foto dari iPhone ke MacBook

Itulah empat cara yang dapat Anda dapat lakukan untuk mentransfer foto dari iPhone ke Mac Anda.

TERKAIT: Cara Menghapus Semua Foto di iPhone

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here