Cara Update macOS Big Sur dari macOS Catalina

Di artikel ini kami menjelaskan cara update macOS Big Sur di Mac Anda – dan apa yang harus Anda lakukan sebelum mengklik tombol instal. Cara update MacOS lebih mudah, gratis, dan tidak memakan banyak waktu, tetapi ada beberapa hal yang kami sarankan untuk Anda lakukan terlebih dahulu untuk menyiapkan Mac Anda. Jika Anda belum memperbarui ke macOS Catalina, baca terus untuk mengetahui cara update ke macOS Catalina atau Mojave dari High Sierra, Sierra, El Capitan, Yosemite, atau bahkan versi lama Mac OS X.

Cara Update macOS Big Sur dari Catalina atau Mojave

Jika Anda menginstal Mojave atau Catalina di Mac Anda, update akan terlihat melalui update Software, dan notifikasi bahwa update tersedia.

Software Update 1
  1. Buka System Preferences (Anda dapat mengklik logo Apple di menu untuk menemukannya).
  2. Klik Software Update.
  3. Komputer Anda akan memeriksa update, dan menunjukkan bahwa update tersedia untuk Mac Anda. Klik Upgrade Now untuk mendownload installer untuk versi baru macOS.
upgrade now
  1. Saat installer sedang didownload, Anda masih dapat menggunakan Mac Anda. Setelah installer selesai didownload, Anda dapat mengklik untuk menginstal versi baru OS – tetapi berhati-hatilah karena Mac Anda akan berhenti berfungsi untuk sementara saat software diinstal.

Update Big Sur dari High Sierra atau lebih lama

Jika Anda menjalankan High Sierra atau versi yang lebih lama, Anda perlu melakukan hal berikut:

  1. Luncurkan App Store di Mac Anda (klik ikon biru yang berisi A putih, atau cari dengan menekan spasi + perintah dan ketik App Store).
  2. Cari macOS.
  3. Klik Get (App Store versi lama mungkin memiliki tombol Download).
  4. Isi informasi ID Apple Anda jika diminta.
  5. Installer akan mulai mendownload, Anda dapat melihat berapa lama jika Anda melihat bar di bawah Downloading.
  6. Setelah file installer selesai download, sebuah jendela akan muncul di Mac Anda memberi tahu Anda dan meminta Anda untuk Continue … File Installer dapat ditemukan di Aplikasi (tetapi akan terbuka secara otomatis).

Untungnya proses download terjadi di background, jadi Anda dapat terus bekerja atau browsing website.

Ingin tahu di mana Anda dapat menemukan Big Sur di Mac App Store? Anda dapat download MacOS Big Sur di sini .

Proses update macOS Big Sur

Ketika kami mulai mendownload Big Sur, Mac mengatakan akan membutuhkan 10 jam untuk mengunduh file 12,18 GB, jadi bersiaplah untuk menunggu beberapa saat terutama jika Anda berada di jaringan Wi-Fi yang lemah. Anda dapat membiarkan Mac Anda mendownload update OS Big Sur dalam semalam.

Sekarang Anda memiliki file instalasi, kami akan menjelaskan cara menginstal Big Sur selanjutnya.

Cara menginstal macOS Big Sur

Setelah installer selesai didownload (seperti dijelaskan di atas), Anda siap untuk menginstal software macOS di Mac Anda.

  1. Setelah file installer didownload, Anda akan melihat jendela muncul di Mac yang meminta Anda untuk memulai proses penginstalan.
  2. Jika Anda siap untuk menginstal, klik Continue (berhati-hatilah karena ini bisa memakan waktu lama, jadi selesaikan apa pun yang tidak bisa menunggu sebelum melanjutkan instalasi).
  3. Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan penginstalan update software, yang akan memakan waktu sekitar setengah jam hingga satu jam tergantung pada spesifikasi Mac Anda.

Cara mempersiapkan Mac Anda untuk update OS

Kami biasanya menyarankan agar Anda tidak langsung masuk dan menginstal software baru secara langsung – yang kami maksudkan segera setelah Apple merilisnya. Terlepas dari seberapa ketat proses pengujian Apple, pasti ada masalah dengan download di awal-awal. Dan bahkan jika tidak ada masalah, sering kali server Apple kelebihan beban karena semua orang bergegas untuk update dan itu benar-benar dapat memperlambat prosesnya. Jadi kami sarankan Anda melakukan beberapa perapihan dan persiapan terlebih dahulu.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperiksa sebelum Anda mengunduh versi baru sistem operasi Mac. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat memperbarui Mac ke versi macOS terbaru. Kami membahas setiap langkah secara lebih rinci di bawah ini.

  1. Temukan versi macOS yang Anda butuhkan.
  2. Periksa apakah Mac Anda mendukung macOS Big Sur
  3. Pastikan Anda memiliki cukup ruang di Mac. File instalasi untuk Big Sur beta adalah 10GB!
  4. Backup Mac Anda.
  5. Pastikan Mac Anda tidak error.
  6. Masuk ke iCloud.
  7. Pastikan Anda berada di jaringan cepat dan tepercaya.
  8. Perbarui ke versi terbaru dari versi macOS Anda saat ini.
  9. Download macOS dari Mac App Store.
  10. Instal macOS di Mac Anda.

Temukan versi macOS yang Anda butuhkan

Hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah mencari tahu dengan tepat versi sistem operasi Mac mana yang akan diinstal dan memastikan bahwa tidak ada alasan untuk tidak menginstalnya.

Jika Anda memilih untuk menunggu dan mendownload versi macOS beberapa bulan setelah peluncuran – atau jika Anda ingin memperbarui Mac ke versi macOS yang lebih lama – perhatikan bahwa versi yang akan Anda download akan menjadi versi yang lebih lama dari update terbaru . Oleh karena itu, Anda harus memperbarui sistem operasi lagi setelah Anda menginstalnya, tetapi ini terjadi secara otomatis.

Temukan versi macOS yang Anda butuhkan

Karena Apple akan terus merilis upadte ke sistem operasi (macOS) sepanjang tahun, baik untuk mengatasi kerentanan dan memperbaiki masalah, tetapi terkadang menambahkan fitur baru, seperti emoji baru.

Kemudian selama bulan Juni hingga September perusahaan akan mengeluarkan versi beta dari versi berikutnya dari software sistem operasi.

Pastikan Anda memiliki cukup ruang

Apple menyarankan agar Anda memiliki free space 20GB di drive Mac Anda sebelum Anda menginstal versi baru macOS – meskipun Anda mungkin tidak terlalu membutuhkannya. Kami biasanya menyarankan agar Anda selalu mencoba untuk memiliki 10% dari total free space Mac Anda setiap saat. 

Pastikan Mac Anda Sehat

Anda juga harus memastikan bahwa Mac Anda benar-benar sehat sebelum menginstal update besar ke sistem.

Buka Disk Utility (di / Applications / Utilities), pilih drive startup Anda dari daftar di sebelah kiri, klik tab First Aid di sebelah kanan, lalu klik Verify. Jika Utilitas Disk menemukan masalah, Anda harus mem-boot dari volume yang berbeda untuk melakukan perbaikan sebenarnya menggunakan tombol Perbaiki Disk.

Boot ke mode pemulihan (dengan menahan Command + R saat startup) dan gunakan Disk Utility dari sana untuk melakukan perbaikan yang disarankan.

Anda juga dapat menjalankan Apple Hardware Test (untuk Mac yang lebih lama dari Juni 2013) atau Apple Diagnostics (untuk Mac mulai Juni 2013 atau lebih baru). Kedua tes memeriksa Mac Anda untuk masalah perangkat keras lainnya, seperti RAM yang buruk.

Baca selengkapnya tentang menggunakan Utilitas Disk untuk memperbaiki Mac .

Cadangkan Mac Anda Tidak Error

Sebelum Anda melakukan update besar ke Mac Anda – Anda harus membackup Mac Anda dan melakukan beberapa tugas lainnya yang akan kami bahas di bawah ini.

Untungnya, Apple memudahkan untuk membackup Mac Anda menggunakan Time Machine, jadi tidak ada alasan untuk tidak membuat cadangan Time Machine sebelum menginstal versi baru macOS.

Masuk ke iCloud

iCloud terintegrasi ke dalam banyak aplikasi dan layanan sistem Apple. Pastikan Anda masuk ke iCloud sebelum mulai melakukan upate software agar semuanya berjalan lancar.

Pastikan koneksi jaringan aman

Kami menyarankan agar Anda berada di jaringan yang aman dan cepat – hindari mendownload softwre di hotel dan kafe atau jaringan publik karena Anda tidak tahu apa yang mungkin bersembunyi di sana.

Jika Anda mendownload dan menginstal software, kami menyarankan Anda melakukannya di rumah, di kantor, atau di tempat kampus Anda, bukan di jaringan hotel atau kafe. Anda mungkin akan mendapati bahwa proses download jauh lebih cepat – dan mendownload di rumah atau Anda dapat menghubungkan Mac Anda ke jaringan daripada mengandalkan kecepatan pengunduhan nirkabel (Wifi)

Update macOS ke versi terbaru di semua software Anda

Sebelum Anda meningkatkan ke versi macOS terbaru, pastikan Anda menginstal update ke versi macOS yang saat ini Anda jalankan. Dari waktu ke waktu akan ada update software untuk meningkatkan stabilitas dan selalu ada kemungkinan Anda mengalami masalah saat mengupdate ke versi baru sistem operasi Mac jika belum menginstal update penting di versi sebelumnya.

Anda juga harus memastikan bahwa Anda juga telah mengupdate aplikasi pihak ketiga. Update tersebut mungkin termasuk perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan ke macOS terbaru dan jika Anda tidak menjalankan upadte, update tersebut mungkin tidak berfungsi dengan benar setelah Anda memperbarui.

Untuk mengupdate aplikasi yang Anda beli di Mac App Store, buka aplikasi App Store dan klik tombol Updates di toolbar. Kemudian klik Update All, cukup berikan ID Apple dan kata sandi saat diminta.

Untuk aplikasi yang Anda beli di tempat lain, Anda perlu menginstal upadte secara manual. Anda dapat memeriksa apakah ada update yang tersedia dari menu aplikasi, di Microsoft Word, misalnya, dengan mengklik Help > Check for Updates.

Periksa kompatibilitas dengan app pihak ketiga Anda sebelum memperbarui macOS. Dengan begitu, Anda akan segera aktif dan tidak kecewa dengan aplikasi favorit dan add-on yang tidak berfungsi.

Cara menginstal update macOS di Big Sur, Catalina, atau Mojave

mojave Installer 1

Menginstal update ke macOS setelah Anda menjalankan Big Sur, Catalina, atau Mojave sedikit berbeda dengan sebelumnya. Daripada membuka Mac App Store, Anda perlu melakukan hal berikut:

  1. Buka System Preferences
  2. Klik Software Update
  3. Klik untuk memperbarui software jika update tersedia
  4. Atau, klik logo Apple di bilah menu dan pilih Software Update.

Cara menginstal update ke macOS di High Sierra atau versi lebih lama

Jika Anda telah menginstal macOS versi baru dan hanya ingin menginstal update terbaru untuk software tersebut, Anda akan menemukannya di tab Mac App Store updates.

  1. Buka Mac App Store
  2. Klik Updates
  3. Klik Update di sebelah update yang ingin Anda instal
    Jika software belum diunduh (Anda dapat mengaturnya secara otomatis), software akan didownload di background.
  4. Setelah software diunduh, Anda akan melihat pemberitahuan bahwa software tersebut siap dipasang
  5. Mac Anda mungkin memberi tahu Anda akan restart sebelum menginstal update jika waktunya buruk, Anda dapat memilih untuk menunda update selama satu jam, atau besoknya.
  6. Saat Anda siap untuk melanjutkan, klik Update lagi dan tunggu Mac Anda restarts dan installs update.
  7. Mac Anda akan mati dan penginstalan akan dimulai – berhati-hatilah karena ini dapat memakan waktu cukup lama dan tidak ada peringatan hingga benar-benar dimulai, notifikasi terkini disetel memakan waktu 24 menit, tetapi jangan panik – mungkin hampir 10 menit.
  8. Setelah penginstalan selesai, Mac Anda akan melakukan restarts.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda melakukan update macOS Big Sur dari macOS Anda saat ini agar Anda bisa memanfaatkan fitur terbaru macOS Big Sur.

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here