6 Cara Memperbaiki Freeze atau Hang pada Mac dan MacBook

Apa yang terjadi jika tiba-tiba Mac Anda menjadi tidak responsif atau hang? Bagi yang belum tahu solusinya Anda akan mengalami kebingungan, apalagi jika tidak ada kursor sama sekali. Tidak ada cara lagi yang bisa Anda lakukan untuk menghidupkan kembali komputer Anda. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda coba.

1. Tunggu Satu atau Dua Menit

Tunggu sebentar sebelum Anda buru-buru mematikan Mac atau mencoba mengontrol kembali dengan menekan keyboard. Banyak macet disebabkan oleh tugas yang sangat menuntut atau aplikasinya bermasalah. Beri Mac Anda waktu untuk mengatasi masalah sebelum mengambil tindakan apa pun.

Berapa lama Anda menunggu tergantung pada seberapa sabar Anda, tetapi kami merekomendasikan satu atau dua menit. Bangun dan regangkan atau buat sendiri secangkir kopi, dan lihat apakah Mac Anda sudah normal saat Anda kembali. Jika Anda mengetahui bahwa proses pekerjaan yang menyebabkan perlambatan, seperti rendering video, tentu ini akan memberikan waktu untuk menyelesaikannya.

Ini mungkin tidak secepat hard-reset mesin Anda, tetapi risikonya lebih kecil. Setelah Anda mendapatkan kendali atas Mac Anda lagi, simpan pekerjaan Anda, tutup semua aplikasi yang tidak diperlukan, dan restart komputer Anda.

Kemungkinan lainnya adalah Anda akan mendapatkan kendali yang cukup untuk mematikan aplikasi yang menyebabkan masalah. Mari kita lihat bagaimana Anda bisa melakukannya.

2. Tutup Paksa Aplikasi Bermasalah

Jika Mac Anda merayapi, tetapi Anda masih memiliki kontrol penunjuk mouse, Anda dapat mencoba menghentikan paksa (atau “killing”) app bermasalah yang mungkin menyebabkan pelambatan. Bisa jadi browser web dengan ratusan tab terbuka, editor gambar yang rumit, seperti Photoshop, game atau software lain yang menggunakan grafik 3D, atau spreadsheet besar atau dokumen kata.

Untuk mematikan aplikasi dengan cepat, tekan Command + Option + Esc untuk menampilkan dialog “Force Quit Applications” macOS. Di jendela ini, Anda akan melihat aplikasi yang sedang berjalan. Anda dapat menyorotnya dengan sekali klik, lalu mematikannya dengan mengeklik “Force Quit“.

Cara Memperbaiki Freeze atau Hang pada Mac dan MacBook

Semua aplikasi yang tidak responsif akan dicantumkan seperti di atas, dan harus dimatikan, karena kemungkinan besar memerlukan restart agar bisa berfungsi normal. Matikan aplikasi sebanyak yang Anda butuhkan sampai sistem Anda bisa stabil kembali. Ketahuilah bahwa Anda mungkin kehilangan data yang belum disimpan.

Anda juga dapat meluncurkan Monitor Aktivitas untuk melihat daftar semua proses yang berjalan. Banyak aplikasi, seperti Safari atau Chrome, menggunakan beberapa proses yang memisahkan setiap tab menjadi proses terpisah. Anda dapat meluncurkan Monitor Aktivitas melalui Spotlight (atau mengaksesnya di Applications > Utilities) dan mencari proses yang tidak wajar dari CPU Anda yang tersedia.

Jika Anda memiliki kontrol kursor, Anda juga dapat mengklik kanan (atau Control+Click) ikon aplikasi di dock, tekan dan tahan Option, lalu klik “Force Quit” untuk mematikan aplikasi.

3. Paksa Mac Anda untuk Mati

Jika Anda telah bersabar dan memaksa aplikasi bermasalah untuk ditutup tetapi tidak berhasil, mungkin inilah saatnya untuk mematikan Mac Anda secara paksa. Anda dapat melakukan ini dengan menekan dan menahan tombol daya Mac hingga mati.

Tombol daya cukup jelas pada kebanyakan model. Jika MacBook Anda memiliki sensor Touch ID, bukan tombol daya, tekan dan tahan tombol Touch ID di kanan atas keyboard (lihat gambar di bawah).

Di model desktop, seperti iMac, Mac mini, dan Mac Pro, tekan dan tahan tombol daya di komputer.

2. Cara Memperbaiki Freeze atau Hang pada Mac dan MacBook

Anda akan kehilangan data yang belum disimpan di aplikasi terbuka saat Anda melakukan ini. Meskipun tidak akan menyebabkan kerusakan, ada alasan Apple merekomendasikan Anda untuk mematikannya melalui menu Apple. Untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya kesalahan, lakukan ini hanya jika Anda tidak punya pilihan lain.

4. Apakah Mac Anda Macet Lama atau Sesaat Setelah Boot?

Jika Mac Anda sering terjadi freeze, itu bisa disebabkan oleh kesalahan hardware. Untuk mengesampingkan hal ini, pastikan Mac Anda menjalankan versi terbaru macOS, dan Anda telah menginstal pembaruan firmware yang diperlukan di bawah System Preferences> Software Updates.

Cabut semua periferal eksternal, termasuk mouse, keyboards, USB audio interfaces, storage devices, dan webcams, lalu uji masalahnya. Jika Anda telah menyelesaikannya, pertimbangkan juga untuk update software.

Jika masalah mudah direplikasi, Anda dapat mencoba mem-boot Mac Anda dalam mode Aman (Save Mode) untuk melihat apakah masalah tetap ada. Mode aman memulai Mac Anda dengan jumlah minimum driver yang diperlukan untuk menjalankan sistem.

3. Cara Memperbaiki Freeze atau Hang pada Mac dan MacBook

Untuk mem-boot ke mode Aman, matikan (atau nyalakan ulang) Mac Anda, lalu tekan Shift saat boot. Lepaskan kunci ketika Anda melihat jendela login dan log in. “Safe Boot” akan muncul di kanan atas. Dengan Mac Anda di-boot dalam mode Aman, tes untuk masalah freeze.

Jika Anda tidak mengalami masalah, coba mulai ulang dan uji lagi. Mungkin saja dengan memeriksa kesalahan pada disk Anda, masalah bisa diperbaiki.

Jika Anda masih mengalami masalah, pastikan semua perangkat periferal eksternal dicabut, lalu coba lagi. Pangkas item login Anda untuk menghapus software yang diluncurkan saat startup dan bisa jadi itu penyebab masalahnya.

Jika Anda masih mengalami masalah freeze, mungkin sudah waktunya untuk menginstal ulang macOS dari awal. Namun, masalahnya juga terkait dengan hardware.

5. Mendiagnosis Masalah pada Hardware Mac

Jika masalah terus berlanjut sehingga Anda menduga itu terkait dengan hardware, Anda dapat mendiagnosis masalah menggunakan “Apple Diagnostics” (atau “Apple Hardware Test” pada mesin yang lebih lama dari Juni 2013).

Caranya, matikan (atau nyalakan ulang) mesin Anda, lalu tekan dan tahan D saat boot. Layar abu-abu dan bilah kemajuan akan muncul yang menunjukkan Mac Anda sedang dipindai untuk mencari masalah. Jika Diagnostik Apple tidak berfungsi, coba restart dan tekan dan tahan Option + D saat memulai.

4. Cara Memperbaiki Freeze atau Hang pada Mac dan MacBook

Sayangnya, Apple Diagnostics hanya dapat memberi tahu Anda jika ada masalah. Ini tidak akan memberikan terlalu banyak informasi tentang apa masalahnya. Anda harus mendapatkan gambaran yang tidak jelas tentang di mana kesalahan itu terdeteksi. Anda tidak akan mendapatkan apa pun selain kode kesalahan untuk digunakan teknisi Apple.

Jika Anda ingin mempelajari lebih dalam, Anda dapat mengunduh Memtest86 +  ke stik USB. Kemudian, tekan dan tahan Option saat mem-boot Mac Anda, lalu boot dari stik USB sebagai gantinya. Ini menguji kesalahan RAM Anda tanpa meluncurkan sistem operasi. Dengan cara ini, sebagian RAM tidak digunakan saat pengujian dilakukan.

Jika mendeteksi bahwa RAM yang rusak adalah penyebabnya, solusinya bisa mengganti RAM. Sayangnya, RAM di sebagian besar MacBook modern telah disolder ke logic board, yang membuat perbaikan sulit, bahkan tidak mungkin untuk dilakukan.

6. Bagaimana Mencegah Freezes Selanjutnya

Meskipun Mac macet dapat menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres, itu merupakan tanda masalah sementara yang akan hilang saat Anda melakukan restart. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya freeze kembali di masa mendatang.

Yang pertama adalah memastikan Anda menjalankan versi macOS terbaru. Apple juga mengeluarkan pembaruan firmware untuk komponen tertentu, yang membuat perbedaan besar dalam hal stabilitas sistem. Untuk hasil terbaik, atur Mac Anda untuk menginstal pembaruan secara otomatis saat pembaruan tersedia.

5. Cara Memperbaiki Freeze atau Hang pada Mac dan MacBook

Tidak mempertahankan buffer yang cukup pada ruang drive kosong juga dapat menyebabkan masalah kinerja dan macet. Apple tidak menentukan berapa banyak ruang yang dibutuhkan macOS untuk “bernapas”, tetapi kami merekomendasikan 10 persen dari total ruang drive. Hal ini juga akan memberi Anda buffer yang layak untuk memindahkan file sebelum menyimpannya di tempat lain.

Hindari browser kelas berat, seperti Chrome. Gunakan Safari sebagai gantinya, dan pikirkan dua kali untuk mengedit video atau memainkan game yang menuntut kinerja yang berat.

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here