Cara Install Ulang MacBook dan Mac

Cara Install Ulang MacBook – Apakah komputer Mac Anda mengalami masalah belakangan ini? Mungkin sudah waktunya untuk melakukan instalasi OS (sistem operasi) baru. Proses install ulang sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Berikut cara menginstall ulang sistem operasi (OS) Mac Anda.

Peringatan: Pastikan Anda melakukan backup terhadap file Anda sebelum menginstal ulang MacOS.

Cara Install Ulang MacBook Menggunakan Recovery Mode

Menggunakan Recovery Mode adalah cara paling mudah untuk menginstal ulang Mac OS. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mendapatkan versi terbaru dari MacOS Anda

Catatan: Mac harus terhubung ke internet untuk menginstal atau menginstal ulang macOS.

1. Restart Mac Anda. Untuk merestart tahan tombol daya atau dengan mengklik logo Apple di sudut kiri atas layar dan memilih Restart.

Cara Install Ulang MacBook dan Mac

2. Saat komputer Restart, tahan tombol Command + R. Terus tahan sampai Anda melihat logo Apple muncul di layar Anda. Saat logo Apple muncul, lepaskan command dan tombol R.

2. Cara Install Ulang MacBook dan Mac

3. Saat Anda berada dalam mode pemulihan (Recovery Mode), klik Reinstall macOS, lalu klik lanjutkan. 

3. Cara Install Ulang MacBook dan Mac

4. Saat jendela installer muncul, klik Continue. Anda akan ditunjukkan syarat dan ketentuan untuk menginstal OS. Klik Agree, lalu pilih hard drive Anda di jendela berikutnya. Klik Install untuk memulai proses.

Cara Install MacOS Dengan Menghapus Hard Drive (Clean Installation)

Jika Anda ingin melakukan clean installation sistem operasi Mac, Anda perlu menghapus hard drive internal terlebih dahulu. Langkah ini dilakukan jika Anda akan menjual perangkat MacBook atau Mac atau memberikannya kepada orang lain untuk digunakan.

1. Restart Mac Anda .

2. Saat komputer Restart, tekan dan tahan tombol Command + R.

3. Klik Disc Utility, lalu klik Continue. 

4. Cara Install Ulang MacBook dan Mac

4. Klik View > Show All Devices.

5. Cara Install Ulang MacBook dan Mac

5. Pilih drive Mac Anda dan kemudian klik Erase. 

Cara Install Ulang MacOS

6. Klik Erase dan isi Name, Format, dan Scheme.

    • Name: Anda disarankan untuk menamai disk dengan nama yang umum.
    • Format: Anda dapat memilih APFS (Apple File System) atau macOS Extended (Journaled). Disk Utility akan menampilkan format yang kompatibel. Sebagian besar komputer lama akan menggunakan Journal, sedangkan sebagian besar laptop modern yang dilengkapi dengan solid-state drive (SSD) berformat APFS.
    • Scheme: Pilih GUID Partition Map

7. Pilih Erase di sudut kanan bawah layar.

Langkah ini akan memulai proses penghapusan hard drive Mac Anda. Proses ini memakan waktu beberapa jam. Saat diminta, klik Done.

7. Cara Install Ulang MacBook dan Mac

 

8. Setelah data dihapus, Anda dapat memulai proses install ulang. Jika Anda berada di partisi pemulihan saat boot, Anda akan melihat opsi Instal ulang macOS. Klik tombol tersebut, dan proses akan dimulai.

Langkah install ualng akan memakan waktu cukup lama. Saat proses selesai, Mac akan melakukan restart. Anda dapat membuat akun baru. Lewati pembuatan akun baru jika Anda menjual atau memberikan perangkat kepada orang lain.

Cara install ulang MacBook dan Mac Anda adalah proses yang cukup mudah, selama terhubung ke internet dan terhubung ke sumber daya.

TERKAIT: Cara Update dan Instal macOS Terbaru dengan Cepat dan Mudah

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here