Cara Uninstall Aplikasi di Mac dan MacBook

Cara Uninstall Aplikasi di Mac dan MacBook – Terkadang Anda harus menghapus beberapa aplikasi lama dari komputer Mac agar tetap berjalan lancar. Atau mungkin Anda ingin sepenuhnya menghapus aplikasi yang bermasalah. Ada beberapa cara untuk menghapus aplikasi di Mac dan MacBook.

Cara Uninstall Aplikasi di Mac dan MacBook Menggunakan Trash

Salah satu cara termudah untuk menghapus aplikasi dari Mac adalah dengan menggunakan fungsi Trash. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui caranya:

1. Buka Finder. Ini adalah ikon wajah setengah abu-abu, setengah biru di dok Anda.

1. Cara Uninstall Aplikasi di Mac dan MacBook

2. Klik Aplikasi di panel kiri. Anda juga dapat membuka folder Applications dengan menekan tombol “Command + Shift + A” pada keyboard Anda secara bersamaan.

3. Temukan aplikasi yang ingin Anda copot pemasangannya. 

4. Seret ikon aplikasi ke Trash bin di dok Anda. 

2. Cara Uninstall Aplikasi di Mac dan MacBook

5. Kosongkan tempat sampah. Anda dapat melakukannya dengan mengklik kanan (atau control-klik) sampah dan memilih Empty Trash.

Catatan: Hanya aplikasi itu sendiri yang akan dihapus dengan menyeretnya ke sampah. Meskipun file yatim piatu yang akan ditinggalkan biasanya berukuran kecil, beberapa di antaranya dapat berisi perangkat lunak berbahaya.

Cara Uninstall Aplikasi di Mac dan MacBook Menggunakan 3rd-Party Uninstallers

Jika Anda ingin menyimpan Mac Anda bebas dari orphan files (file yang akan tertinggal jika Anda hanya tarik ke tempat sampah), kadang-kadang dianjurkan untuk menggunakan 3 rd -party uninstallers ketika menghapus aplikasi.

Ada beberapa bebas 3 rd uninstallers -party, seperti AppCleaner . Berikut cara menggunakannya:

  1. Download dan menginstal rd -party uninstaller app.
  2. Luncurkan aplikasinya. 
  3. Seret program ke jendela aplikasi. Diperlukan beberapa saat untuk memindai semua file yang terkait dengan program ini. Verifikasi file dan folder mana yang ingin Anda hapus aplikasi.
  4. Klik tombol Remove/Delete. 

3. Cara Uninstall Aplikasi di Mac dan MacBook

Cara Uninstall Aplikasi Menggunakan App Uninstaller

Beberapa program dilengkapi dengan uninstallernya sendiri. Kami menyarankan menggunakan alat uninstaller yang disertakan dalam aplikasi untuk membuat proses pencopotan pemasangan lebih aman. Berikut langkah-langkahnya caranya:

  1. Buka jendela Finder. Anda juga dapat membuka jendela Finder baru dengan mengklik desktop dan menekan tombol Command + N.
  2. Klik Applications di panel kiri. 
  3. Buka folder aplikasi yang ingin Anda hapus. Jika aplikasi tidak ada di dalam folder, mungkin aplikasi tersebut tidak memiliki uninstaller. 
  4. Klik dua kali pada alat uninstaller aplikasi. 
  5. Ikuti instruksi untuk menghapus aplikasi. 

Cara Uninstall Aplikasi di Mac Menggunakan Launchpad

Jika Anda ingin menghapus program yang Anda download dari App Store, Anda dapat menggunakan Launchpad untuk melakukan uninstall. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka Launchpad. Ini adalah ikon pesawat luar angkasa di dok Anda. Jika Anda tidak melihatnya di dok, periksa folder Aplikasi Anda.
  2. Temukan aplikasi yang ingin Anda copot pemasangannya. 
  3. Klik dan tahan ikon aplikasi. Setelah beberapa detik, ikon akan mulai bergetar, dan tanda X akan muncul di sudut kiri atas.
  4. Klik pada X. 
  5. Konfirmasikan dengan menekan Delete. 

4. Cara Uninstall Aplikasi di Mac dan MacBook

TERKAIT: Cara Update dan Install MacOS dan Aplikasi Mac

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here