Cara Zip dan Unzip File dan Folder di Mac dan MacBook

Cara Zip dan Unzip File dan Folder di Mac – Mac dilengkapi dengan alat kompresi bawaan yang powerful yang membantu Anda membuat zip dan mengekstrak file dan folder. Plus, ini sangat mudah digunakan! Untuk fungsionalitas tambahan, Anda juga bisa mencoba aplikasi pihak ketiga. Pertama, mari kita bicara tentang alat Utilitas Arsip bawaan Mac Anda. Ini bukan aplikasi, tetapi fitur yang terintegrasi secara mendalam ke dalam aplikasi Finder.

Cara Zip dan Unzip File dan Folder di Mac

Untuk memulai, buka aplikasi “Finder“, dan cari file atau folder yang ingin Anda kompres. Jika Anda memilih beberapa file, tahan tombol Command saat memilih file.

Setelah Anda membuat pilihan, klik kanan untuk melihat menu konteks. Di sini, klik opsi “Compress“.

Cara Zip dan Unzip File dan Folder di Mac dan MacBook

Jika Anda menggunakan banyak file, opsi Kompres juga akan menunjukkan kepada Anda berapa banyak file yang telah Anda pilih.

Setelah proses kompresi selesai, Anda akan melihat file terkompresi baru di folder yang sama. Jika Anda mengompresi satu file atau folder, arsip akan memiliki nama yang sama, dengan ekstensi “.zip“.

Jika Anda mengompresi beberapa file, Anda akan melihat file baru dengan nama “Archive.zip“. Anda harus mengganti nama file agar lebih mudah ditemukan.

Anda sekarang dapat memindahkan file Zip yang dikompresi ke folder lain atau mengirimkannya sebagai lampiran email.

Cara membuka zip File dan Folder di Mac

Membuka ritsleting arsip bahkan lebih mudah. Tidak masalah apakah itu file Zip yang Anda download di internet atau file/folder yang Anda kompres sendiri.

Arahkan ke arsip di aplikasi Finder dan klik dua kali file Zip. Setelah beberapa detik, file atau folder akan mendekompresi di folder yang sama.

2. Cara Zip dan Unzip File dan Folder di Mac dan MacBook

Jika itu adalah satu file, Anda akan melihat bahwa file tersebut akan kembali ke keadaan semula, dengan nama yang sama. Jika Anda mendekompresi folder atau file Zip yang berisi banyak file, folder tersebut akan muncul sebagai folder dengan nama yang sama dengan arsip.

Cara Mengubah Pengaturan Archive Utility

Meskipun Archive Utility tidak memiliki UI yang terlihat, Anda dapat mengubah beberapa pengaturannya. Caranya, buka Spotlight di Mac Anda (Command + Spasi), dan cari “Archive Utility“.

3. Cara Zip dan Unzip File dan Folder di Mac dan MacBook

Setelah terbuka, klik item “Archive Utility” dari menu bar, dan klik opsi “Preferences“.

4. Cara Zip dan Unzip File dan Folder di Mac dan MacBook

Di sini, Anda akan dapat mengubah perilaku Archive Utility di aplikasi Finder. Anda dapat membuat tujuan default baru untuk semua file yang dikompresi dan tidak dikompresi serta memilih untuk memindahkan file yang diarsipkan ke Sampah.

5. Cara Zip dan Unzip File dan Folder di Mac dan MacBook

Alternatif Pihak Ketiga: The Unarchiver

Jika Anda mencari lebih banyak fitur, atau jika Anda ingin membuka kompresi format yang berbeda seperti RAR, 7z, Tar, dan seterusnya, cobalah The Unarchiver . Ini adalah utilitas gratis yang mendukung lebih dari selusin format arsip populer.

Cara Zip dan Unzip File dan Folder di Mac dan MacBook

Aplikasi ini memungkinkan Anda mengubah tujuan ekstraksi default. Selain itu, memungkinkan juga untuk membuat folder baru saat mengekstrak file, secara otomatis membuka folder setelah ekstraksi selesai, dan mengaktifkan opsi untuk memindahkan arsip ke Sampah setelah ekstraksi selesai.

TERKAIT: Cara Membuka File RAR di Laptop Windows 10 dan Mac

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here