Cara Install Windows 10 di MacBook

Mac dan PC mungkin dua kubu yang bersebrangan, tetapi bukan berarti Anda tidak dapat memiliki keduanya. Berikut cara install Windows 10 di MacBook atau Mac, sehingga Anda dapat menjalankan semua aplikasi favorit Windows tanpa mengorbankan kecepatan dan estetika Mac.

Namun, ada satu peringatan: Jika Anda memiliki Mac M1, Anda tidak dapat menjalankan Windows melalui Bootcamp. Parallels baru-baru ini merilis versi baru mereka, yang mendukung virtualisasi Windows, bahkan pada Mac M1 Mac.

Cara Install Windows 10 di MacBook

Langkah 1: Persyaratan Mac

Sebelum memulai, pastikan Mac Anda memiliki ruang disk yang tersedia dan hardware yang diperlukan untuk menginstall Windows 10. Pastikan untuk memperbarui MacOS sebelum memulai.

Pertama, berikut adalah Mac yang dapat menjalankan Windows 10:

  • MacBook:  2015 atau lebih baru
  • MacBook Air:  2012 atau lebih baru
  • MacBook Pro:  2012 atau lebih baru
  • Mac Mini:  2012 atau lebih baru
  • iMac:  2012 atau lebih baru
  • iMac Pro:  Semua model
  • Mac Pro:  2013 atau lebih baru

Catatan: Mac memerlukan CPU berbasis Intel untuk menjalankan Windows 10.

Kedua, untuk beberapa Mac, prosesnya memerlukan drive USB eksternal dengan penyimpanan hingga 16GB. Berikut daftar Mac yang tidak memerlukan drive USB tetapi harus menginstal MacOS 10.11 atau yang lebih baru:

  • MacBook:  2015 atau lebih baru
  • MacBook Air:  2015 atau lebih baru
  • MacBook Pro:  2015 atau lebih baru
  • iMac:  2015 atau lebih baru
  • iMac Pro:  Semua model
  • Mac Pro:  Akhir 2013 atau lebih baru

Ketiga, Mac membutuhkan setidaknya 64GB ruang kosong, meskipun Apple merekomendasikan 128GB. Ingat, Anda menggunakan MacOS; Boot Camp Assistant membuat area khusus (partisi) pada drive utama Anda khusus untuk Windows 10 dan semua file serta instalasi yang terkait. Itu berarti MacBook Air dengan solid-state drive 128GB tidak ideal untuk diinstall Windows 10.

Apple menyediakan daftar persyaratan sistem untuk berbagai model Mac, yang merinci versi Boot Camp yang diperlukan sistem Anda untuk melakukan instalasi Windows.

Terakhir, jika Anda menggunakan iMac Pro atau Mac Pro dengan memori sistem (RAM) 128 GB atau lebih, disk harus memiliki ruang kosong setidaknya sebanyak RAM yang dimiliki Mac.

Langkah 2: Membeli Salinan Digital Windows

Buka Windows Store dan beli salinan digital yang perlu Anda download. Selalu pilih file ISO, yang mungkin tersedia untuk didownload meskipun Anda membeli salinan fisiknya.

Langkah 3: Buka Boot Camp Asisstant

Cara Install Windows 10 di MacBook

Sekarang Anda memiliki drive instalasi untuk Windows 10, saatnya membuka MacOS Boot Camp Assistant.

Langkah 1: Dengan Finder, klik Go pada bilah menu.

Langkah 2: Pilih opsi Utilities pada menu drop-down.

Langkah 3: Pilih Boot Camp Assistant di jendela pop-up, seperti yang ditunjukkan screenshot di atas.

2. Cara Install Windows 10 di MacBook

Setelah aplikasi terbuka, pada layar menawarkan informasi tentang aplikasi dan menyarankan untuk membuat backup data Anda sebelum melakukan penginstalan Windows.

Langkah 4: Klik Continue ke layar berikutnya.

3. Cara Install Windows 10 di MacBook

Langkah 5: Klik Choose untuk menemukan file ISO yang didownload, apakah itu terletak di dalam atau di drive USB.

 

Langkah 6: Tentukan ukuran partisi Windows. Sekali lagi, Anda membutuhkan setidaknya 64GB, sementara Apple merekomendasikan 128GB. Seperti drive C (C 🙂 pada mesin Windows 10: Berapa banyak ruang yang Anda perlukan untuk platform dan aplikasi serta aplikasi/program favorit Anda?

Pilih dengan bijak, karena Anda tidak dapat mengubah ukuran partisi setelah Anda menginstal Windows 10. Pertimbangkan kebutuhan penginstalan MacOS Anda jika Anda berencana untuk terus menggunakan OS Apple.

Langkah 7: Saat Anda siap, klik Install. Boot Camp Assistant sekarang mulai bekerja membuat partisi Windows dan mendownload software dukungan Windows.

Langkah 4: Format partisi Windows

Setelah Boot Camp Assistant membuat partisi, akan meminta password administrator Anda. Mac kemudian restart dan memuat Windows ISO. Ikuti langkah-langkah di installer ISO, masukkan product key Anda dan pilih versi Windows yang akan diinstal.

Jika Anda diminta untuk memilih lokasi instalasi, pilih partisi BOOTCAMP lalu klik FormatApple menyarankan memilih partisi yang benar dan diformat secara otomatis.

Langkah 5: Instal driver Windows dan pilih startup disk

4. Cara Install Windows 10 di MacBook

Saat selesai menginstal Windows, Mac akan memuat Windows 10, diikuti Boot Camp Assistant. Klik Next > Install, dan Boot Camp Assistant mulai mendownload dan menginstal driver Windows yang diperlukan. Setelah selesai, klik Finish. Mac akan restart dan memuat kembali ke Windows.

Cara update Windows 10.

  1. Klik tombol Start, diikuti oleh ikon Roda Gigi yang terletak di sisi kiri menu Start.
  2. Buka Settings > Update & Security.
  3. Bagian Windows Update dimuat secara default. Klik tombol Check for Updates.

Biarkan Windows 10 mendownload dan menginstal. Langkah update Windows penting walaupun memakan waktu cukup lama.

Jika Anda ingin memuat MacOS secara default dan beralih ke Windows, restart Mac Anda. Setelah restart, segera tekan dan tahan tombol Option (atau Alt ) hingga layar Startup Manager muncul. Di sini, Anda dapat memilih apakah akan memuat MacOS atau Boot Camp (alias Windows 10). Klik pada partisi pilihan Anda, lalu klik panah di bawahnya atau tekan Return.

Jika Anda lebih suka memuat Windows secara default, lakukan hal berikut di MacOS:

  1. Klik ikon Roda Gigi yang terletak di Dock. Ini akan membuka System Preferences.
  2. Klik dua kali ikon Startup Disk .
  3. Pilih startup disk yang menghosting Windows 10.
  4. Restart Mac Anda.

Sekarang Mac Anda harus boot ke login layar Windows 10.

Dukungan Touch Bar di Windows

Jika Anda memiliki MacBook Pro dengan Touch Bar, jangan takut. Anda masih bisa mendapatkan beberapa fungsi dari touchpad OLED saat menggunakan Windows 10.

Setelah Anda boot ke Windows 10, Touch Bar Anda mempertahankan beberapa fungsi, tetapi tidak sepenuhnya tersedia di MacOS. Touch Bar masih mendukung kontrol dasar MacBook, seperti brightness, volume, play, dan pause.

Banyak fitur mungkin tidak berfungsi dengan benar saat menggunakan partisi Windows. Apple mendukung Windows 10, tetapi Anda akan melihat perbedaan kinerja.

Seperti iPhone (iOS) dan iPad (iPadOS), Apple mengoptimalkan MacOS untuk berjalan secara optimal pada layotu hardware tertentu, sementara Windows 10 harus memenuhi konfigurasi yang hampir tak terbatas. Itu berarti trackpad Anda mungkin kurang responsif, dan hardware khusus Apple seperti sensor TouchID mungkin tidak berfungsi di Windows 10.

TERKAIT: Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here