Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 11

Ada dua cara mengaktifkan Bluetooth di laptop Windows 11, yaitu dengan menggunakan menu Quick Settings atau di dalam aplikasi Windows Settings. Kita akan membahas kedua opsi di bawah ini. Bluetooth sangat bagus untuk menghubungkan periferal secara nirkabel seperti mouse, keyboard, pengontrol, headset, dan lainnya ke Windows 11. Berikut cara mengaktifkan dan membuat koneksi Bluetooth.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 11

1. Aktifkan Bluetooth Menggunakan Menu Quick Settings

Cara tercepat untuk mengaktifkan Bluetooth Windows 11 adalah dengan menggunakan menu Quick Settings. Untuk mengaksesnya, klik kumpulan ikon indikator yang terletak tepat di sebelah kiri tanggal dan waktu di taskbar.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 11

Setelah mengklik tombol tersembunyi ini, menu Quick Settings akan muncul. Klik ikon Bluetooth, yang terlihat seperti huruf “B” dengan sudut tajam.

(Jika Anda tidak melihat tombol atau ikon Bluetooth yang tercantum di Quick Settings, klik ikon pensil.  Kemudian klik “Add”, lalu pilih “Bluetooth” dari daftar.)

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 11

Setelah Anda mengklik, tombol akan berubah warna, dan Bluetooth akan diaktifkan. Untuk membuat koneksi, klik kanan tombol Bluetooth dan pilih “Go to Settings.”

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 11

2. Aktifkan Bluetooth Menggunakan Windows Settings

Anda juga dapat mengaktifkan Bluetooth dari Windows Settings. Caranya, luncurkan Settings dengan menekan Windows+i pada keyboard Anda atau dengan mencari “Settings” di menu Start.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 11

Di Pengaturan, klik “Bluetooth & Devices” di bilah sisi.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 11

Dalam pengaturan Bluetooth, balikkan sakelar di sebelah “Bluetooth” ke posisi “On“.

6. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 11

Setelah itu, Anda siap untuk membuat koneksi pertama Anda, yang akan kami bahas di bagian di bawah ini.

Menambahkan Perangkat Bluetooth ke Windows 11

Sekarang Anda dapat menavigasi ke Settings > Bluetooth & Devices (berkat salah satu dari dua bagian di atas), saatnya untuk menghubungkan periferal ke PC Windows 11 Anda menggunakan Bluetooth.

Di “Bluetooth & Devices,” klik tombol “Add Device” besar dengan tanda tambah (“+“) di dekat bagian atas jendela Settings.

7. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 11

Di jendela “Add a Device” yang muncul, klik “Bluetooth.”

8. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 11

Selanjutnya, pastikan perangkat yang Anda sambungkan dihidupkan dan dalam pairing mode. Petunjuk mungkin berbeda-beda pada setiap perangkat, jadi bacalah manual perangkat.

Windows akan memasuki pairing mode dan mencari perangkat yang berada dalam pairing mode. Ketika menemukannya, akan muncul dalam daftar di dalam jendela pop-up. Saat Anda melihat perangkat yang ingin Anda sambungkan, klik nama bluetooth tersebut di daftar.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 11

Jika perangkat tersebut adalah mouse, pengontrol game, atau headset, perangkat tersebut harus terhubung secara otomatis. Jika itu adalah keyboard, Windows 11 mungkin menunjukkan password. Jika demikian, ketikkan password itu di papan ketik Bluetooth yang Anda sambungkan.

Saat Anda melihat pesan “Your device is ready to go“, perangkat Bluetooth Anda telah terhubung ke PC Anda. Klik “Done.”

10. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 11

Perhatikan bahwa perangkat Bluetooth yang Anda sambungkan ke Windows 11 tetap terhubung ke PC Anda kecuali Anda memasangkannya dengan PC, HP, atau tablet yang berbeda. Ini berarti, Anda tidak perlu berulang kali memasangkan perangkat Bluetooth setiap kali Anda ingin menggunakannya.

Setelah beberapa waktu, sebagian besar perangkat Bluetooth mati secara otomatis untuk menghemat masa pakai baterai. Untuk melanjutkan dari bagian terakhir yang Anda tinggalkan, nyalakan perangkat Bluetooth (jika memiliki tombol daya) atau tekan tombol pada keyboard atau mouse, dan perangkat secara otomatis menyala dan terhubung kembali dengan PC Anda.

TERKAIT: Cara Memperbaiki Bluetooth Windows 11 yang Tidak Berfungsi

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here