3 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10

Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10 – Banyak komputer Windows dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth, yang dapat Anda gunakan untuk menghubungkan perangkat seperti smartphone, speaker, headphone, printer, earbud, dan perangkat lainnya.

Jika komputer tidak memiliki Bluetooth, Anda dapat menggunakan adaptor Bluetooth. Ini adalah cara yang murah untuk mendapatkan konektivitas Bluetooth untuk perangkat Anda dan mudah dipasang. Namun, Bluetooth cenderung menghabiskan masa pakai baterai perangkat saat digunakan, dan membiarkannya tetap menyala dapat menyebabkan beberapa risiko keamanan.

Jika Anda ingin menggunakan Bluetooth untuk audio nirkabel, untuk mentransfer beberapa file atau menggunakan mouse nirkabel, keyboard, atau perangkat lain, berikut adalah panduan tentang cara mengaktifkan Bluetooth di Windows 10.

Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10

Ada tiga metode yang dapat Anda gunakan untuk mengaktifkan bluetooth di Windows 10

  1. Mengaktifkan Bluetooth melalui Pengaturan Windows
  2. Nyalakan Bluetooth dari Action Center
  3. Gunakan Swift Pair

Kami akan membahas ini satu per satu.

1. Mengaktifkan Bluetooth di Pengaturan Windows

Langkah pertama sebelum menggunakan perangkat Bluetooth Anda adalah mengkonfigurasi pengaturan Bluetooth di Windows 10. Caranya, buka aplikasi Pengaturan di Windows 10 dengan mengklik tombol Start, lalu klik ikon Settings.

1. Aktifkan Bluetooth di Windows 10

Selanjutnya, klik Devices

2. Aktifkan Bluetooth di Windows 10

Klik Bluetooth & Other Devices.

3. Aktifkan Bluetooth di Windows 10

Catatan: Jika sakelar Bluetooth tidak tersedia di pengaturan Bluetooth & Perangkat lain, komputer Windows Anda mungkin tidak memiliki fitur Bluetooth, atau perangkat keras terkait tidak dikenali.

Klik More Bluetooth options di bawah bagian Related Settings untuk pengaturan Bluetooth lainnya.

4. Aktifkan Bluetooth di Windows 10

2. Nyalakan Bluetooth di Action Center

Action Center di Windows 10 memungkinkan Anda mengakses pengaturan cepat dan pemberitahuan aplikasi yang dapat ditindaklanjuti.

Anda dapat menemukan ikon Action Center di taskbar di sisi kanan bawah layar komputer.

5. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10

Saat Anda mengekliknya, Anda akan melihat pengaturan cepat dan ikon pemberitahuan aplikasi. Klik All Settings.

6. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10

Selanjutnya, klik Devices.

7. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10

Klik Bluetooth and other devices di sisi kiri.

8. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10

Alihkan penggeser Bluetooth ke Aktif.

9. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10

Klik Add Bluetooth or other device.

10. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10

Klik Bluetooth. Windows akan mulai mencari perangkat Bluetooth yang tersedia.

11. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10

Jika perangkat lain Anda mengaktifkan Bluetooth, atau sedang dalam mode berpasangan, Anda akan melihat nama perangkat muncul di daftar perangkat yang tersedia. Dari sini, Anda dapat mengklik atau mengetuk perangkat yang ingin Anda pasangkan dan setelah terhubung, itu akan menjadi bagian dari daftar koneksi periferal Anda.

Atau, klik tombol Bluetooth di Action Center untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya. Jika tidak terhubung, Anda akan melihat ikon Bluetooth dengan label “Action Center”. Jika berwarna abu-abu, Bluetooth tidak aktif. Jika Anda mengkliknya, tombol berubah menjadi biru yang menunjukkan bahwa Bluetooth dihidupkan (ikon Bluetooth juga akan muncul di taskbar Anda).

12. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10

Perangkat Bluetooth yang Anda pasangkan dengan Windows 10 secara otomatis terhubung setiap kali berada dalam jangkauan atau saat diaktifkan.

Swift Pair adalah layanan di Windows 10 yang memungkinkan untuk memasangkan perangkat Bluetooth yang didukung dengan PC Anda, sehingga mengurangi langkah-langkah yang diperlukan untuk memasangkan perangkat. Jika perangkat mendukung Swift Pair, Anda akan mendapatkan pemberitahuan setiap kali berada dalam jangkauan atau di sekitar agar mudah ditemukan.

3. Gunakan Swift Pair

Untuk menggunakan Swift Pair, hidupkan perangkat dan buat dapat ditemukan (metode ini bergantung pada perangkat yang Anda pasangkan. Anda dapat mengunjungi situs web produsen atau menggunakan manual book untuk informasi lebih lanjut).

Buka Settings > Devices > Bluetooth & Other devices dan klik Show notifications to connect using Swift Pair.

13. Swift Pair

Pilih Yes (jika ini pertama kalinya Anda menggunakan Swift Pair) untuk mendapatkan pemberitahuan dan menggunakan layanan. Klik Connect ketika pemberitahuan “New Bluetooth device was found” muncul. Setelah terhubung, klik Close.

14. Swift Pair

Kami harap Anda sekarang tahu cara mengaktifkan Bluetooth di Windows 10 dan memasangkan semua perangkat Bluetooth Anda dengan komputer Anda. Sekarang Anda dapat mengirim dan menerima file dari perangkat Bluetooth ke PC, mendengarkan podcast dan file audio lainnya

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here