Cara Mengaktifkan HDR Windows 11

HDR Windows 11 – Seperti Windows 10, Windows 11 mendukung output HDR. Tidak seperti Windows 10, HDR bekerja jauh lebih baik di Windows 11 dan penting diaktifkan di beberapa aplikasi. Ada beberapa cara untuk mengkatifkan HDR Windows 11, dan akan kami bahas di sini.

HDR (High Dynamic Range) adalah fitur pertama dan terpenting dari tampilan Anda. Dengan kata lain, TV atau monitor Anda harus memiliki kemampuan yang diperlukan untuk menampilkan gambar HDR. Di Windows 11, Anda memerlukan beberapa hal agar HDR berfungsi:

  • Layar HDR dengan dukungan untuk standar HDR10 . (Anda mungkin memerlukan monitor baru)
  • Setidaknya kabel DisplayPort 1.4 atau HDMI2.0 dan GPU yang mendukungnya.
  • GPU untuk PlayReady 3.0.

Jika Anda mencoba mengaktifkan HDR dan opsi tersebut tidak tersedia atau tidak berfungsi, kemungkinan salah satu bagian dari teka-teki tidak ada.

Cara Mengaktifkan HDR Windows 11

1. Aktifkan HDR Windows 11 Melalui Shortcut Keyboard

Cara termudah untuk mengaktifkan HDR Windows 11 adalah dengan menggunakan shortcut keyboard. Karena desktop Windows tidak terlihat bagus dalam banyak kasus dengan HDR aktif, ini berguna untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur dengan cepat tergantung pada konten yang ingin Anda gunakan.

Cara Mengaktifkan HDR Windows 11

Shortcut keyboard ini adalah Windows+Alt+ Setelah Anda menekan kombinasi tombol ini, layar Anda mungkin menjadi hitam sesaat. Saat dihidupkan kembali, Anda akan melihat indikator di layar seperti ini. Tentu saja, warna desktop Anda juga akan terlihat sangat berbeda dan lebih hidup dengan HDR aktif.

2. Aktifkan HDR Windows 11 Melalui Menu Settings

Cara kedua untuk mengaktifkan HDR di Windows 11 adalah melalui menu pengaturan tampilan Anda. Klik kanan di mana saja di desktop, dan pilih Display Settings dari menu yang muncul.

Cara Mengaktifkan HDR Windows 11

Kemudian, pastikan Anda telah memilih monitor yang benar.

Cara Mengaktifkan HDR Windows 11

Scroll ke bawah untuk menemukan opsi “Use HDR“.

4. Cara Mengaktifkan HDR Windows 11

Jika Anda hanya ingin mengaktifkan atau menonaktifkan HDR, cukup klik tombol ini. Jika Anda ingin menggali pengaturan lebih lanjut, klik panah kecil di sebelah kanan sakelar dan Anda akan melihat pengaturan ini.

5. Cara Mengaktifkan HDR Windows 11

Di halaman ini, Anda dapat melihat preview tampilan HDR di sistem Anda dan Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan aspek HDR. Misalnya, Anda dapat memilih untuk memutar video streaming dalam SDR, meskipun HDR aktif.

Auto HDR adalah fitur Xbox yang masuk ke Windows 11. Windows akan mencoba menerjemahkan game non-HDR ke HDR. Kadang-kadang ini bekerja dengan baik, tetapi kadang-kadang bisa memperburuk tampilan. Jadi, jika game non-HDR Anda terlihat aneh saat HDR aktif, Anda dapat menonaktifkan HDR Otomatis di sini.

TERKAIT: Cara Menonaktifkan Efek Transparansi Windows 11

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here