Perhatikan Windows 11 System Requirements

Windows 11 System Requirements – Windows 11 hadir pada akhir tahun 2021, dengan mengumumkan spesifikasi sistem minimum yang diperlukan untuk menjalankan sistem operasi terbaru. Mengetahui hal ini, Anda dapat melihat apakah PC Windows 10 Anda sesuai dengan syarat minimum untuk menggunakan Windows 11?

Menurut Microsoft, jika komputer Anda tidak memenuhi persyaratan berikut, perangkat Anda tidak akan dapat menjalankan Windows 11. Jika demikian, Anda harus membeli PC baru untuk menjalankan sistem operasi Windows 11.

Windows 11 System Requirements

  • Processor: 1 GHz atau lebih dengan 2 Core lebih pada prosesor 64-bit yang kompatibel. (Microsoft menyediakan daftar prosesor yang kompatibel di situs webnya).
  • RAM: 4 gigabyte atau lebih
  • Storage: 64 GB atau perangkat penyimpanan yang lebih besar (seperti hard drive atau SSD)
  • System Firmware: UEFI dan Secure Boot
  • TPM: Trusted Platform Module 2.0
  • Kartu Grafis: Kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru dengan driver WDDM 2.0
  • Layar: Layar HD dengan resolusi minimal 720p (1280×720) lebih besar dari 9″ diagonal, 8-bit per color channel.
  • Koneksi Internet dan Akun Microsoft: Edisi Windows 11 Home memerlukan koneksi internet dan akun Microsoft untuk mengatur perangkat pada penggunaan pertama. Mengalihkan perangkat dari mode Windows 11 S juga memerlukan koneksi internet.

TERKAIT: Fitur-Fitur Terbaru OS Windows 11

Windows 10 System Requirements VS Windows 11 System Requirements

Dibandingkan dengan Windows 10 System Requirements, Windows 11 mengandalkan standar dan kemampuan baru yang mungkin membuat mesin Anda keluar dari siklus upgrade ini.

  • Prosesor: Windows 10 mendukung CPU 32-bit, sedangkan Windows 11 hanya mendukung CPU 64-bit.
  • RAM: Windows 10 membutuhkan 1 gigabyte RAM, Windows 11 membutuhkan 4 gigabyte.
  • Storage: Windows 10 32-bit dan 64-bit masing-masing hanya membutuhkan penyimpanan 16 GB dan 20 GB. Windows 11 membutuhkan 64 GB.
  • Firmware Sistem dan TPM: Tidak seperti Windows 11, Windows 10 tidak memerlukan UEFI, Secure Boot, atau TPM secara default. Itu hanya diperlukan jika Anda menggunakan fitur seperti BitLocker.
  • Kartu Grafis: Windows 10 membutuhkan DirectX 9 dengan dukungan WDDM 1.0. Windows 11 meningkatkannya ke DirectX 12 atau lebih baru dengan WDDM 2.0.
  • Tampilan: Windows 10 hanya membutuhkan layar 800×600, sedangkan Windows 11 membutuhkan 1280×720 atau lebih tinggi.
  • Koneksi Internet: Windows 10 tidak memerlukan koneksi internet pada penggunaan pertama, dan tidak memerlukan akun Microsoft. Windows 11 Home memerlukan koneksi internet dan akun Microsoft untuk mengatur sistem pada penggunaan pertama.

Cara Cek PC Kompatibel Menjalankan Windows 11

Microsoft telah menyediakan Microsoft’s PC Health Check gratis untuk membantu Anda melihat apakah PC Windows 10 Anda kompatibel dengan Windows 11. Untuk menggunakannya, download aplikasi dan install di PC Windows 10 Anda.

Setelah melakukan instalasi buka Microsoft’s PC Health Check, cari bagian “Introducing Windows 11” di dekat bagian atas jendela dan klik “Check Now.”

Windows 11 System Requirements

Microsoft’s PC Health Check akan menjalankan pemeriksaan cepat pada sistem Anda. Setelah beberapa saat, Anda akan melihat hasilnya. Jika pesan mengatakan, “This PC can run Windows 11,” maka PC Anda bisa menggunakan Windows 11.

2. Windows 11 System Requirements

Jika Anda melihat pesan yang berbunyi, “This PC can’t run Windows 11,” berarti komputer Anda tidak memenuhi persyaratan sistem untuk Windows 11. Microsoft menyebutkan bahwa Anda masih mendapatkan update Windows 10 ke depannya.

TERKAIT: Cara Membuat Windows 10 Ringan dan Cepat

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here