Cara Zip File di Laptop Windows 11

Cara Zip File di Laptop Windows 11 – Format file ZIP memampatkan data dan membuat file lebih kecil, yang mempercepat transfer file dan menghemat ruang disk. Anda juga dapat menggunakan kompresi ZIP untuk menggabungkan beberapa file menjadi satu paket ringkas. Berikut cara zip file di laptop Windows 11 dan bagaimana cara unzip file di Windows 11.

Cara Zip File di Laptop Windows 11

Pertama, menggunakan File Explorer, cari file (atau file) yang ingin Anda kompres atau gabungkan menjadi file ZIP. Teknik ini juga berfungsi dengan file di desktop Anda. Sebelum mengompresi, ketahuilah bahwa jika Anda membuat zip folder, struktur folder internalnya akan dipertahankan saat nanti dibuka ritsletingnya.

Jika Anda ingin membuat zip grup file atau folder, pilih file atau folder tersebut dengan menyeret kursor mouse ke atasnya menggunakan kotak pilihan, lalu klik kanan grup tersebut. Jika itu adalah satu file, klik kanan. Di menu yang muncul, pilih “Compress to ZIP file.”

Cara Zip File di Laptop Windows 11

Setelah beberapa saat, file ZIP Anda akan muncul di folder yang sama dengan file sumber yang baru saja Anda kompres. Nama file ZIP akan dihighlight, memungkinkan Anda untuk memberi nama apa pun yang Anda inginkan. Ketik nama file baru atau biarkan nama default. Jika sudah selesai, tekan Enter.

2. Cara Zip File di Laptop Windows 11

Selesai! Cukup mudah bukan. Sekarang setelah Anda memiliki file ZIP, Anda dapat menyalinnya atau membagikannya seperti file lainnya.

Cara Ekstrak File Zip di Windows 11

Mengekstrak (membuka ritsleting) file ZIP di Windows 11 semudah membuat zip. Pertama, cari file ZIP yang ingin Anda ekstrak di File Explorer. Selanjutnya, klik kanan file dan pilih “Extract All” pada menu.

3. Cara Zip File di Laptop Windows 11

Pada jendela “Extract Compressed (Zipped) Folders” yang muncul, Anda akan melihat jalur file saat ini sebagai lokasi default untuk file yang tidak di-zip. Jika Anda ingin mengubah lokasi di mana file akan diekstrak, klik “Browse”, lalu navigasikan ke drive atau folder yang diinginkan.

Jika Anda ingin melihat file yang diekstrak di File Explorer saat proses selesai, centang kotak di samping “Show extracted files when complete”. Setelah selesai dengan opsi itu, klik “Extract.”

4. Cara Zip File di Laptop Windows 11

File terkompresi dalam file ZIP sekarang akan diekstraksi ke lokasi yang Anda pilih. Jika Anda telah mencentang “Show extract files when complete”, lokasi itu akan terbuka sebagai Jendela baru di File Explorer.

TERKAIT: Cara Zip File di Mac dan PC Windows

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here