Cara Memperbaiki Bluetooth Windows 11 Tidak Berfungsi

Masalah Bluetooth Windows 11 biasanya terkait dengan software, tetapi dapat juga disebabkan oleh kerusakan hardware. Driver yang hilang atau rusak terkadang menjadi penyebab masalah Bluetooth Windows 11.

Namun, tidak semua masalah Bluetooth terkait dengan driver. Ada banyak masalah yang mempengaruhi masalah kinerja Bluetooth, solusinya bisa mulai dari reboot, mengedit pengaturan program, dan restart Windows.

Cara Memperbaiki Bluetooth Windows 11 Tidak Berfungsi

Jika Anda yakin perangkat dan komputer Anda mendukung Bluetooth, dan Anda telah memasangkan perangkat dengan komputer, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda coba untuk membuat Bluetooth Windows 11 berfungsi:

  1. Aktifkan Bluetooth di komputer. Buka Action Center dari sisi paling kanan taskbar, di sebelah jam, dan pilih Bluetooth agar menyala. Setelah satu atau dua detik, tombol mungkin akan ada pesan Not connected.

Cara Memperbaiki Bluetooth Windows 11 Tidak Berfungsi

2. Nyalakan perangkat yang Anda coba pasangkan dengan komputer. Pada beberapa perangkat, Anda cukup restart untuk memicu proses.

3. Matikan Bluetooth Windows 11 lalu nyalakan kembali. Jika Anda tidak perlu menyelesaikan Langkah 1 karena sudah diaktifkan, matikan saja, tunggu beberapa detik, lalu hidupkan kembali. Menonaktifkan dan mengaktifkan kembali Bluetooth paling mudah melalui Action Center seperti yang dijelaskan pada Langkah 1.

4. Restart layanan Bluetooth. Diperlukan Windows 11 untuk menemukan dan terhubung ke perangkat Bluetooth. Langkah 3 seharusnya cukup untuk memicu dan mematikan layanan, tetapi memaksanya melalui Services adalah cara lain. Cari Services dari search bar, lalu klik dua kali Bluetooth Support Service dari daftar. Dari tab General, pilih Stop lalu Start. Ubah jenis startup menjadi Automatic. Simpan dengan OK.

Cara Memperbaiki Bluetooth Windows 11 Tidak Berfungsi

5. Jalankan Bluetooth troubleshooter bawaan ke Windows. Untuk melakukan ini, buka Settings dan arahkan ke Update & Security Troubleshoot > Additional troubleshooters Bluetooth. Pilih Run the troubleshooter untuk menemukan dan memperbaiki masalah Bluetooth.

3. Cara Memperbaiki Bluetooth Windows 11 Tidak Berfungsi

6. Hidupkan Kembali komputer. Mungkin ada proses latar belakang atau software lain yang berjalan yang mengganggu kemampuan komputer untuk menjangkau perangkat Bluetooth. Salah satu cara tercepat dengan mengklik kanan tombol Start dan Shut down or sign out > Restart

7. Jika Anda menggunakan adaptor Bluetooth, cabut dari tempatnya dan sambungkan ke port USB yang berbeda.

8. Tinjau koneksi Bluetooth lainnya. Jika beberapa perangkat terhubung ke PC Anda sekaligus, atau perangkat Anda mencoba menjangkau ponsel atau komputer terdekat secara bersamaan, itu dapat dengan mudah menyebabkan masalah.

9. Nonaktifkan Bluetooth di ponsel atau komputer terdekat yang pernah terhubung dengan perangkat sebelumnya, dan matikan perangkat Bluetooth lain yang mungkin mencoba menjangkau komputer yang sama secara bersamaan.  Anda dapat memutuskan sambungan perangkat Bluetooth Windows 11 melalui Settings > Devices Bluetooth & other devices.

10. Periksa update driver Bluetooth.

Cara Mengaktifkan Bluetooth Windows 11

Untuk mengaktifkan Bluetooth Windows, pilih ikon Bluetooth dari Action Centre seperti yang disebutkan di atas. Anda juga dapat pergi ke Settings > Devices > Bluetooth & Other Devices dan pindahkan sakelar ke On di sebelah Bluetooth.

Cara menghubungkan pengontrol Bluetooth Xbox One di Windows 11

Buka Settings > Devices > Bluetooth & Other Devices dan pilih Add device > Bluetooth. Saat Anda melihat controller dari daftar perangkat, pilih Connect untuk memasangkan.

TERKAIT: Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here