Cara Mengetahui Baterai MacBook Masih Bagus

Penting untuk mengetahui kondisi kesehatan baterai MacBook Anda. Baterai yang tidak dalam kondisi optimal lebih sering perlu diisi ulang. Berikut cara memeriksa kesehatan baterai di MacBook.

Cara Mengetahui Baterai MacBook Masih Bagus

Untuk memeriksa apakah baterai MacBook Anda sehat atau memeriksa informasi tingkat kapasitasnya. Berikut beberapa cara yang harus Anda lakukan.

1. Tahan tombol Option pada keyboard, kemudian klik ikon baterai pada bilah status MacBook Anda. 

menahan tombol Option pada keyboard klik ikon baterai e1594908970451

2. Kesehatan baterai Anda ditampilkan di bagian atas bilah informasi.

3. Ada informasi mengatakan NormalReplace SoonReplace Now, atau Service Battery. Service Battery berarti Anda membutuhkan baterai baru.

Service Battery e1594909204976

Cara Memeriksa Informasi Baterai MacBook Lebih Detail

Jika Anda ingin memeriksa lebih lanjut tentang kesehatan baterai MacBook, Anda dapat mengetahui detail lebih detail melalui dialog System Report. Berikut cara menemukan informasi baterai.

1. Klik ikon Apple di sudut kiri atas layar.

Klik ikon Apple di sudut kiri atas layar e1594909357718

2. Klik About This Mac.

About This Mac e1594909486612

3. Klik System Report

System Report

4. Klik Power untuk melihat informasi terperinci tentang baterai Anda.

Power e1594909665418

5. Informasi ini memberitahu baterai Mac Anda dalam Condition berapa kali Anda mengisi penuh baterai, bersama dengan kapasitas pengisian penuh.

Condition

Informasi Baterai Mac

Mungkin membingungkan untuk mengetahui apa arti siklus dan berapa kapasitas pengisian yang diperlukan.

  • Cycle count menjelaskan berapa kali baterai telah terisi penuh. Semua Mac modern diberi peringkat 1.000 siklus dan model yang jauh lebih tua diberi peringkat 500 atau 300 siklus. Baterai mencapai batas tersebut tidak akan bekerja efektif sehingga lebih bijaksana untuk menggantinya pada tahap ini.
  • Charging capacity is king. Pada dasarnya, kapasitas pengisian menunjukkan berapa banyak ruang yang ada pada baterai untuk menyimpan daya. Semakin tua baterai secara bertahap cenderung turun kinerjanya.
  • Kondisi kesehatan baterai. Jika dikatakan Normal, baterai Mac Anda baik-baik saja. Jika dikatakan Replace Soon, maka pertimbangkan untuk mengganti. Replace Now or Service Battery berarti Anda harus memperbaiki baterai jika ingin baterai itu bertahan lama.

TERKAIT: Cara Menonaktifkan Battery Health Management di Mac

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here