Cara Menampilkan Persentase Baterai di iPhone 13, 13 Pro, dan 13 Pro Max

Artikel berikut akan membahas cara menampilkan persentase baterai di iPhone 13, 13 Pro, dan 13 Pro Max, pelajari juga cara menampilkan persentase baterai di iPhone 12. Pada iPhone 8 dan versi lebih lama, pengguna memiliki opsi untuk mengaktifkan persentase baterai di status bar. Namun, ini tidak mungkin dilakukan pada iPhone X dan iPhone yang lebih baru yang menampilkan Face ID. Ini karena lekukan lebar di bagian atas layar iPhone tidak memberikan ruang yang cukup untuk menampilkan ikon persentase baterai.

Sementara itu, jajaran iPhone 13 hadir dengan notch 20 persen lebih kecil, sehingga memberikan ruang yang cukup untuk menunjukkan sisa baterai dengan tepat. Sayangnya, meski memiliki notch yang lebih kecil, iPhone 13 tetap tidak menunjukkan persentase baterai di status bar. Padahal, Apple dapat menambahkannya sebagai opsi di Pengaturan melalui update iOS 15 di masa mendatang.

Meskipun seseorang tidak dapat mengaktifkan persentase baterai di status bar iPhone 13. Meskipun demikian, Anda masih dapat melihat jumlah baterai yang tersisa di iPhone Anda. Berikut adalah berbagai cara menampilkan persentase baterai di iPhone 13 yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa sisa baterai.

Cara Menampilkan Persentase Baterai di iPhone 13, 13 Pro, dan 13 Pro Max

Menggunakan Control Center

Anda dapat menggunakan Control Center untuk melihat indikator baterai dengan menggesek, terlepas dari layar atau aplikasi yang Anda gunakan.

Untuk melihat persentase baterai,  geser ke bawah dari sudut kanan atas layar untuk membuka Control Center. Persentase baterai yang tersisa di iPhone akan muncul di sisi kanan atas.

1. Cara Menampilkan Persentase Baterai di iPhone 13, 13 Pro, dan 13 Pro Max

Manfaat menggunakan metode ini memungkinkan Anda memeriksa status baterai bahkan ketika iPhone Anda terkunci. Untuk melihat sisa baterai di layar kunci, pastikan akses ke Control Center diaktifkan saat perangkat dalam keadaan terkunci.

Caranya, buka Settings > Face ID & Passcode. Scroll ke bawah ke bagian “Allow access when locked” dan nyalakan sakelar di sebelah “Control Centre”.

2. Cara Menampilkan Persentase Baterai di iPhone 13 13 Pro dan 13 Pro

2. Melalui Layar Home

Gesek ke kanan dari tepi kiri Layar Utama atau Layar Terkunci untuk mengakses Today View di iPhone. Di sini Anda dapat menemukan widget baterai dengan widget aplikasi lain.

3. Cara Menampilkan Persentase Baterai di iPhone 13 13 Pro dan 13 Pro

Jika widget baterai hilang, scroll ke bawah ke bagian bawah halaman Today View dan ketuk “Edit“. Sekarang ketuk tombol + di kiri atas, cari widget baterai dan tambahkan widget.

3. Menggunakan Siri

Anda dapat menemukan persentase baterai di iPhone 13 menggunakan Siri, asisten virtual di iOS. Meskipun ini bukan cara yang paling nyaman, tetapi cukup membantu. Selain itu, Anda tidak perlu membuka kunci iPhone atau melihat layar untuk memeriksa status baterai menggunakan Siri.

4. Cara Menampilkan Persentase Baterai di iPhone 13 13 Pro dan 13 Pro

Untuk memicu Siri, ucapkan “Hey Siri” atau tekan lama tombol Samping di sisi kanan iPhone. Kemudian gunakan salah satu perintah suara di bawah ini.

  • Hey Siri, how much battery is left?
  • What’s my battery percentage?
  • How much battery do I have remaining?
  • Battery left

Siri akan menampilkan status sebagai teks dan membacakan status baterai.

Tampilkan persentase baterai di layar utama iPhone 13

Apakah Anda ingin menampilkan persentase baterai secara permanen di iPhone 13? Dalam hal ini, Anda dapat menempatkan widget baterai di layar beranda sehingga persentase baterai muncul setiap saat.

5. Cara Menampilkan Persentase Baterai di iPhone 13 13 Pro dan 13 Pro

Untuk menambahkan widget baterai ke layar beranda iPhone 13 Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Tekan lama (ketuk dan tahan) area kosong di layar beranda Anda.
  2. Ketuk ikon + di sudut kiri atas

6. Cara Menampilkan Persentase Baterai di iPhone 13 13 Pro dan 13 Pro

3. Di bagian Cari Widget, gulir ke bawah dan ketuk widget Baterai

7. Cara Menampilkan Persentase Baterai di iPhone 13 13 Pro dan 13 Pro

4. Pilih ukuran widget – kecil, sedang, atau besar.

8. Cara Menampilkan Persentase Baterai di iPhone 13 13 Pro dan 13 Pro

5. Ketuk “Add Widget” dan tekan done.

IPhone menunjukkan persentase pengisian daya secara singkat saat mengisi daya. Ini terjadi terlepas dari apakah Anda menggunakan kabel, charger nirkabel bersertifikasi Qi, atau charger MagSafe. Untuk memeriksa level baterai iPhone 13 saat mengisi daya, cukup ketuk layar saat perangkat terkunci.

TERKAIT: Cara Mengaktifkan Mode Smart Data di iPhone 13

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here