Cara Mengatasi Masalah Saat Pengisian Daya Baterai Smartphone

Daya Baterai Smartphone – Mengingat smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, daya baterai tentunya sangat dibutuhkan untuk menjaga performa smartphone. Tapi, pernahkah kamu mengalami kendala saat mengisi daya baterai smartphone? Berikut ini adalah sejumlah masalah-masalah yang sering dialami saat mengisi daya baterai dan trik untuk mengatasinya!

Cara Mengatasi Masalah Saat Pengisian Daya Baterai Smartphone

Smartphone mengisi daya sangat lambat atau tidak terisi sama sekali

Sebelum kamu mengindikasi ada yang rusak di smartphone atau kabel chargernya, periksa terlebih dahulu spesifikasi pengisian daya. Hal ini berguna untuk memastikan apakah smartphone kamu mendukung penggunaan fast charging atau sudah mengaktifkan fitur fast charging.

Berikut ini adalah cara memeriksa spesifikasi pengisian daya,

  1. Buka Settings dan pilih Device Care
  2. Klik Battery, kemudian klik ikon titik 3 di atas kanan atau See More
  3. Nyalakan ikon Fast Cable Charging

1. Cara Mengatasi Masalah Saat Pengisian Daya Baterai Smartphone

Fast cable charging atau fast wireless charging memerlukan charger, kabel, dan aksesoris yang mendukung fungsi tersebut. Maka dari itu, jangan lupa untuk memastikan juga kabel charger yang kamu gunakan memiliki kemampuan fast charging, agar baterai bisa terisi dengan cepat dan menghindari kerusakan perangkat.

Perangkat Overheat Saat Pengisian Daya

Suhu smartphone yang mengalami peningkatan selama pengisian daya ternyata wajar lho, Peningkatan suhu tersebut juga sebenarnya tidak mempengaruhi usia dan performa perangkatmu. Namun, peningkatan suhu yang tidak wajar adalah ketika suhu mencapai di atas tingkat tertentu. Biasanya hal ini terjadi karena pengisian daya tanpa menutup aplikasi tertentu.

Kamu tahu kan, kalau sedang mengisi baterai smartphone sebaiknya jangan sambil dimainkan juga. Kebiasaan buruk ini tidak hanya membuat perangkat menjadi cepat panas, tapi juga dapat merusak baterai smartphone dan memperlambat proses pengisian daya.

Untuk mengatasi overheat saat pengisian daya, kamu dapat mencabut smartphone dari kabel charger terlebih dahulu dan tutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Istirahatkan smartphone sampai suhu mendingin, lalu isi kembali daya baterainya.

Jikalau overheat terjadi di kabel USB atau port USB, bisa jadi kabel atau port tersebut yang mengalami kerusakan. Sebaiknya, kamu mengganti kabel dengan yang baru dan asli atau kunjungi layanan reparasi.

Apabila saat pengisian daya secara wireless perangkatmu mengalami overheat, pastikan tidak ada benda logam atau magnetik di sekitar perangkat atau charger. Jika ada singkirkan dan jauhkan benda-benda tersebut, lalu lanjutkan pengisian daya setelah perangkat mendingin.

Selain itu, perangkat bisa overheat karena penggunaan casing juga lho. Jadi, kamu dapat melepas casing terlebih dahulu sebelum melanjutkan proses pengisian daya.

TERKAIT: 4 Cara Cek Kesehatan Baterai iPhone Anda

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here