Cara Menghemat Baterai HP Android

Cara Menghemat Baterai HP Android – Perangkat menjadi lebih hemat energi karena kapasitas baterai semakin besar, tetapi masa pakai baterai masih menjadi perhatian sebagian besar pengguna. Begitulah sifat teknologi modern, tetapi ini tidak berarti kita harus menyambungkannya beberapa kali sehari. Jika baterai ponsel Anda terkuras lebih cepat dari biasanya segera identifikasi penyebabnya dan temukan solusinya.

Cara Menghemat Baterai HP Android

1. Layar!

Layar mengonsumsi baterai paling besar sejak smartphone modern muncul. Panel terus menjadi lebih besar, lebih cerah, dan lebih berwarna, serta memiliki definisi yang lebih tinggi. Bahkan sekarang ada ponsel lipat besar dan perangkat layar ganda. Meskipun semua peningkatan ini menambah pengalaman pengguna, semua faktor ini juga membuat layar ponsel lebih banyak menghabiskan daya.

Cara memeriksa penggunaan baterai:

  1. Buka aplikasi Pengaturan .
  2. Pilih  Perawatan Perangkat.
  3. Ketuk baterai.
  4. Ketuk Penggunaan baterai.

Teknologi tampilan smartphone berkembang jauh lebih cepat daripada teknologi baterai, yang membuat masa pakai baterai menjadi masalah di tahun-tahun mendatang, Anda hanya perlu menghemat penggunaan daya baterai smartphone.

Tips untuk mengurangi pengurasan baterai layar

  • Kecerahan layar yang lebih rendah: Meredupkan kecerahan layar akan membantu Anda menghemat baterai secara signifikan.
  • Gunakan kecerahan adaptif: Ini akan memastikan Anda mendapatkan layar yang cerah saat Anda membutuhkannya, tetapi Anda juga menghemat baterai saat kecerahan tinggi tidak diperlukan.
  • Kurangi kecepatan refresh layar: Beberapa perangkat menggunakan layar dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi, dan sering kali Anda dapat menyesuaikannya di pengaturan.
  • Kurangi waktu penguncian otomatis: Dengan mengurangi waktu penguncian otomatis, Anda memastikan layar Anda tidak hanya menunggu untuk kemungkinan digunakan.
  • Ganti wallpaper animasi: Mereka mungkin terlihat bagus, tetapi ponsel Anda pada dasarnya memutar video setiap saat, dan itu menghabiskan baterai.
  • Gunakan wallpaper hitam: Jika Anda memiliki layar AMOLED, menggunakan wallpaper hitam adalah cara paling hemat daya karena tampilan tidak harus mengaktifkan piksel.
  • Manfaatkan layar yang lebih kecil: Beberapa ponsel seperti Samsung Galaxy Z Fold 2 dan Motorola Razr 5G memiliki layar luar yang lebih kecil. Cobalah untuk menggunakannya lebih sering daripada layar yang lebih besar ketika tidak diperlukan layar yang lebih besar.

2. Layanan Jaringan (Operator Seluler)

Jika Anda tinggal di daerah pedesaan, bekerja di gedung besar, atau sering berada di daerah dengan layanan koneksi yang buruk, kemungkinan besar ponsel Anda akan mati lebih cepat dari biasanya.

Cara meningkatkan sinyal untuk menghemat baterai

  • Ganti operator: Keandalan operator bervariasi menurut area, kota, dan lingkungan. Lakukan riset dan cari tahu operator mana yang bekerja paling baik di area Anda.
  • Mode pesawat: Fitur mode Pesawat dapat memaksa antena Anda untuk istirahat. Matikan semua konektivitas dan ponsel Anda tidak akan bekerja keras untuk tetap terhubung. Anda dapat melakukan ini secara strategis ketika Anda berada di tempat yang Anda tahu memiliki layanan yang buruk.
  • Penguat sinyal: Produk ini memiliki antena luar yang dapat menangkap penerimaan. Sinyal tersebut kemudian disebarkan ke seluruh rumah dengan antena internal.

3. Aplikasi Latar Belakang

Tetap periksa aplikasi Anda apakah baterai ponsel Anda cepat habis. Aplikasi tertentu menghabiskan daya baterai lebih banyak daripada yang lain. Yang jelas adalah YouTube, Netflix, dan layanan streaming apa pun. Anda dapat menghindari bermain game jika Anda ingin menghemat energi, karena game menghabiskan daya baterai yang sangat besar, terutama jika Anda menyukai game dengan grafis kelas atas.

Banyak aplikasi menghabiskan baterai Anda tanpa penggunaan aktif. Aplikasi seperti Facebook, Messenger, Instagram, dan WhatsApp. Layanan komunikasi seperti ini mencoba membuat Anda tetap terhubung dan diperbarui setiap saat. Ini berarti aplikasi terus beroperasi di latar belakang, menggunakan data, menarik lokasi Anda, mengirim pemberitahuan, dan banyak lagi. Belum lagi fakta bahwa kita cenderung menghabiskan banyak waktu menggunakan aplikasi tersebut, baik memeriksa feed atau mengirim pesan kepada teman dan keluarga.

Bagaimana memperbaikinya

  • Menjaga unduhan aplikasi tetap minimal: Saya sering menyadari bahwa saya hanya menggunakan sekitar 20% dari aplikasi yang saya miliki di ponsel saya. Sementara itu, aplikasi ini selalu bekerja di latar belakang dan menghabiskan baterai. Lakukan pembersihan dan hapus aplikasi yang tidak Anda perlukan.
  • Hentikan aplikasi agar tidak bekerja di latar belakang: Jika Anda melihat suatu aplikasi menghabiskan terlalu banyak daya berharga Anda, Anda dapat membatasi latar belakangnya. Cukup buka Pengaturan> Perawatan Perangkat > Baterai > Penggunaan Baterai> Pilih Aplikasi (Instagram, WA, dll) > Nonaktifkan Aplikasi.
  • Tutup aplikasi: Meskipun benar perangkat Android dibuat untuk multi-fungsi, menutup aplikasi bisa membantu Anda menghemat baterai, ada kalanya menutup aplikasi adalah pilihan terbaik. Aplikasi dapat menjadi nakal, berperilaku buruk, atau gagal, dalam hal ini aplikasi sering kali mulai menguras baterai Anda. Buka Pengaturan> Aplikasi > Pilih aplikasi> Paksa berhenti .

4. Masalah baterai dan tips lainnya

  • GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth: Seberapa sering Anda menggunakan antena ini? GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth menggunakan baterai, meskipun sedikit. Matikan saat Anda tidak membutuhkannya dan Anda akan melihat peningkatan dalam masa pakai baterai.
  • Kamera: Mengambil foto dan video membutuhkan banyak energi. Hindari untuk terlalu sering merekan video atau mengambil foto maka ponsel Anda akan hidup lebih lama.
  • Merasa kedinginan?: Suhu yang lebih rendah memengaruhi masa pakai baterai secara signifikan. Roger Gurney, pemilik Arctic Tech Solutions memberi tahu USA Today bahwa baterai lithium-ion berhenti mengeluarkan listrik dalam cuaca yang sangat dingin. Dia melanjutkan dengan menyebutkan paparan cuaca dingin yang konstan dapat merusak baterai secara permanen. Solusi yang baik adalah menjaga ponsel tetap dekat dengan Anda agar suhu tubuh tetap panas.
  • Software atau aplikasi tetap up-to-date: Pembaruan software sering kali disertai dengan peningkatan masa pakai baterai, jadi sebaiknya selalu perbarui ponsel Anda ke versi perangkat lunak terbaru yang tersedia.

TERKAIT: Cara Mengganti Nama Bluetooth HP Android

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here