Cara Mengkalibrasi Baterai iPhone

Artikel berikut ini menjelaskan cara mengkalibrasi baterai iPhone menggunakan alat kalibrasi ulang baterai Apple.

  •  iOS menyertakan alat kalibrasi baterai dimulai dengan iOS 14.5.
  •  Alat kalibrasi bekerja secara otomatis, tetapi Anda dapat memeriksa statusnya di Settings > Battery > Battery Health.
  • IPhone lama dapat dikalibrasi ulang dengan menguras baterai, mengisi penuh, lalu segera melakukan boot ulang.

Cara Mengkalibrasi Baterai iPhone

Apple merilis alat kalibrasi baterai bersama iOS 14.5 yang dapat digunakan untuk mengkalibrasi ulang baterai Anda. Jika Anda tidak memiliki iOS 14.5 atau yang lebih baru, maka Anda harus mengupdate sistem operasi Anda sebelum Anda menggunakan alat ini.

Jika ponsel Anda sepenuhnya telah diupdate dan memiliki fitur kalibrasi ulang baterai, ponsel akan bekerja secara otomatis dan membantu meningkatkan masa pakai baterai Anda dari waktu ke waktu. Anda dapat memeriksa progressnya kapan saja di bagian kesehatan baterai di pengaturan iPhone Anda.

Berikut cara menggunakan alat kalibrasi baterai iPhone:

  1. Dari layar beranda, ketuk Settings
  2. Di menu pengaturan, scroll ke bawah.
  3. Ketuk Battery.

Cara Mengkalibrasi Baterai iPhone

4. Ketuk Battery Health.

5. Cari Important Battery Message di bagian atas tampilan untuk informasi tentang proses kalibrasi ulang baterai di ponsel Anda.

2. Cara Mengkalibrasi Baterai iPhone

Cara Kerja Kalibrasi Baterai iPhone

Alat kalibrasi baterai yang diperkenalkan di iOS 14.5 mengkalibrasi baterai Anda secara otomatis, jadi Anda tidak perlu mengaktifkan fitur tersebut. Kalibrasi dapat memakan waktu berminggu-minggu, dan, meskipun demikian, ini merupakan proses yang berkelanjutan. Jika Anda tidak melihat pesan tentang status kalibrasi ulang Anda, periksa kembali. Saat baterai Anda dikalibrasi ulang, Anda akan melihat Maximum Capacity dan Peak Performance Capability berubah untuk mencerminkan status baterai Anda sebenarnya.

TERKAIT: Cara Menampilkan Persentase Baterai di iPhone 12

Cara Mengkalibrasi Baterai iPhone Lama

Alat kalibrasi baterai iPhone tidak tersedia untuk semua iPhone, tetapi ada proses kalibrasi iPhone lain yang lebih lama. Proses ini mengharuskan Anda menguras baterai sepenuhnya, yang dapat berbahaya bagi baterai lithium-ion seperti yang ditemukan di iPhone. Dengan pemikiran tersebut, Anda sebaiknya hanya menggunakan proses kalibrasi ini jika masa pakai baterai Anda sudah hampir habis, dan Anda sebaiknya melakukannya sesekali.

Jika Anda hanya mengkalibrasi baterai Anda beberapa bulan, atau ketika ponsel Anda benar-benar membutuhkannya, manfaat yang Anda lihat dari kalibrasi harus lebih besar daripada potensi kerugian yang ditimbulkan dengan membiarkan baterai mati sepenuhnya.

Jika ponsel Anda memiliki alat kalibrasi otomatis, jangan gunakan proses ini. Biarkan alat kalibrasi otomatis melakukan tugasnya, meskipun terlihat lambat.

Berikut cara mengkalibrasi baterai iPhone lama:

  1. Gunakan iPhone Anda sampai mati karena baterai hampir habis.
  2. Jangan sentuh telepon saat mati. Biarkan setidaknya tiga jam, atau semalaman jika memungkinkan.
  3. Colokkan iPhone Anda menggunakan kabel dan pengisi daya asli atau kabel dan pengisi daya yang bersertifikat Apple.
  4. Tunggu iPhone menyala.
  5. Matikan iPhone kembali.
  6. Biarkan iPhone Anda tetap terhubung hingga terisi penuh.
  7. Hidupkan iPhone.
  8. Tunggu iPhone menyala, lalu lakukan booting ulang.

PILIHAN EDITOR

POPULER MINGGU INI