Cara Download Google Play Store Gratis

Google Play Store sering melakukan update, yang merupakan berita bagus. Kabar yang tidak terlalu bagus adalah dibutuhkan waktu berminggu-minggu, atau bagi sebagian orang bahkan lebih lama, untuk mendapatkan versi terbaru. Fungsionalitas dasar Google Play Store tidak pernah berubah jadi menggunakan versi yang lama tidak terlalu buruk. Namun, kami memahami keinginan untuk mendapatkan versi terbaru dan terbaik untuk perangkat Anda. Ingin Download Google Play Store di perangkat Anda? Begini caranya.

Cara Download Google Play Store Gratis

Langkah 1: Periksa versi Google Play Store Anda saat ini

Hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah melihat versi mana yang Anda miliki untuk memastikan Anda mengunduh versi terbaru Google Play Store.

Hal ini dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Play Store Anda.
  • Buka pengaturannya.
  • Scroll ke bawah. Anda akan menemukan “versi Play Store” di sana.

Ini penting karena Anda tidak akan memasang versi lama Google Play secara tidak sengaja. Anda juga ingin memastikan bahwa Anda mendownload versi yang kompatibel dengan telepon. Seharusnya tidak terlalu menjadi masalah kecuali Anda menggunakan versi Android 2.3 Gingerbread – jika itu masalahnya, sudah waktunya untuk mengganti ponsel Anda!

Langkah 2: Download Google Play Store melalui APK

Ini adalah langkah yang cukup jelas. Google Play Store hadir dalam format APK seperti aplikasi Android lainnya. Anda dapat mengunduh APK dari situs web, blog teknologi, dan forum terpercaya. Namun, untuk saat ini, APKMirror mungkin adalah pilihan terbaik Anda untuk APK Google Play Store tepercaya. Berikut tutorial singkat untuk mendownload aplikasi Play Store:

  • Buka link APK Google Play Store.
  • Temukan versi Play Store yang Anda inginkan. Jika Anda menginginkan versi yang lebih baru, buka versi Anda saat ini dan lihat apakah yang baru tersedia.
  • Download aplikasi dengan mengikuti petunjuk situs web.

Ada beberapa tempat lain yang mengupload APK Play Store. Namun, APKMirror adalah metode termudah dan umumnya sudah dipercaya orang. Anda seharusnya tidak kesulitan mendapatkan APK Google Play Store.

Langkah 3: Security Permissions

Pengaturan Sumber Tidak Dikenal telah menjadi bagian dari Android. Saat dinonaktifkan, ini mencegah pengguna (dan aplikasi lain) untuk menginstal aplikasi dari mana saja selain dari Google Play Store. Android Oreo mengubahnya menjadi izin per aplikasi bukan pada pengaturan sistem. Jadi, ada dua bagian berbeda dari yang satu ini.

Sebelum Android Oreo:

  • Masukkan pengaturan perangkat Anda.
  • Buka “Security”.
  • Temukan opsi Sumber Tidak Dikenal (Unknown Sources) dan centang kotaknya. Peringatan akan muncul yang pasti harus Anda baca. Setelah selesai, tekan “OK” dan ini akan memungkinkan Anda untuk menginstal APK dari Sumber Tidak Dikenal.

Jika Sumber Tidak Dikenal tidak ada di pengaturan Keamanan, coba temukan di pengaturan Privasi atau pengaturan Aplikasi (Aplikasi).

Setelah Android Oreo:

  • Mulailah penginstalan dengan browser file atau melalui browser web.
  • Android akan memberi tahu Anda bahwa aplikasi tidak memiliki izin untuk menginstal APK. Klik tombol Pengaturan yang tersedia di prompt tersebut.
  • Di menu berikutnya, centang kotak yang memungkinkan aplikasi tersebut menginstal APK.
  • Tekan tombol kembali untuk kembali ke instalasi Anda.

Sedikit lebih rumit, tetapi keuntungannya adalah keamanan yang lebih baik karena satu-satunya aplikasi yang dapat menginstal APK pihak ketiga adalah aplikasi yang baru saja Anda beri izin, bukan pengaturan seluruh sistem seperti versi Android sebelumnya.

Langkah 4: Gunakan pengelola file dan instal Google Play Store

  • Buka browser file Anda dan arahkan mendownload APK Google Play Store. Jika Anda mengunduhnya di perangkat Anda, maka itu akan ada di kartu SD Anda di folder Download.
  • Setelah Anda menemukan APK, klik di atasnya. Mungkin ada kotak yang muncul tergantung pada aplikasi yang telah Anda instal di perangkat Anda yang menanyakan aplikasi mana yang ingin Anda gunakan. Jika demikian, klik “Package Installer”.
  • Di layar berikutnya, baca perubahan izin (biasanya tidak ada), lalu klik instal. Setelah selesai, Google Play Store terbaru akan diinstal di perangkat Anda.

Langkah 5: Nonaktifkan Sumber Tidak Dikenal

Membiarkan kotak Sumber Tidak Dikenal dicentang adalah lubang keamanan utama yang dapat menyebabkan masalah di jalan. Cara terbaik untuk menjaga Android Anda tetap aman adalah dengan kembali dan mematikannya! Jika Anda memiliki Android Oreo atau yang lebih baru, Anda dapat melewati langkah ini karena pengaturan ini tidak lagi ada di ponsel Anda.

Pra-Android Oreo:

  • Kembali ke pengaturan perangkat Anda.
  • Kembali ke pengaturan Keamanan, pengaturan Privasi, atau pengaturan Aplikasi (di mana pun Anda menemukannya).
  • Hapus centang pada kotak. Ini akan mencegah semuanya (kecuali Play Store) dari menginstal aplikasi. Anda dapat mencentang ulang kotak jika perlu melakukannya lagi.

Android Oreo atau versi yang lebih baru:

  • Masuk ke pengaturan perangkat dan kemudian ketuk opsi Aplikasi.
  • Scroll dan temukan aplikasi yang Anda gunakan untuk menginstal Play Store. Biasanya browser yang sama dengan yang Anda gunakan untuk mengunduh Play Store.
  • Di halaman berikutnya, periksa izinnya hingga Anda menemukan bagian sumber yang tidak dikenal. Hapus centang pada kotak untuk menghapus izin untuk memasang aplikasi dari luar Google Play.
  • Perhatikan – Proses ini dapat berbeda untuk setiap merek ponsel. Bahkan stok Android sedikit berbeda dari Android Oreo ke Android 11 saat melakukan tugas ini. Jika Anda tidak dapat menemukannya, mungkin hanya di tempat yang sedikit berbeda.

Sekarang Anda tahu cara download Google Play Store untuk memastikan Anda memiliki versi terbaru. Metode ini akan berfungsi di hampir semua perangkat Android, tetapi mungkin ada sedikit perbedaan tergantung pada versi Android dan OEM Anda.

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here