4 Cara Menghemat Baterai iPhone

Selama bertahun-tahun, Apple telah meningkatkan masa pemakaian baterai iPhone. Namun, karena usia pemakaian iPhone yang semakin lama, menyebabkan kinerja baterai menurun. Melalui situs resminya, Apple memberikan beberapa tips kepada pengguna tentang cara menghemat baterai iPhone. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar baterai semakin awet.

Cara Menghemat Baterai iPhone

1. Optimalkan pengaturan pada iPhone

Apple mengatakan bahwa ada dua cara paling sederhana untuk menghemat baterai yaitu dengan menyesuaikan kecerahan layar dan menggunakan wifi dalam mengakses internet. Redupkan layar dengan menyeret panel kecerahan ke bawah pada pusat kontrol iPhone atau hidupkan kecerahan otomatis untuk memperpanjang usia baterai.

pusat kontrol iPhone

Fitur kecerahan otomatis pada iPhone berfungsi untuk menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis sesuai dengan kondisi pencahayaan.

Buka Settings > General > Accessibility > Display & Text Size dan aktifkan Auto-Brightness.

Auto-Brightness.

Menggunakan sambungan Wifi juga dapat menurunkan konsumsi baterai  dibandingkan menggunakan data seluler. Dengan mengaktifkan Wifi iPhone Anda setiap saat, daya baterai lebih lama digunakan.

2. Aktifkan Mode Daya Rendah

Beberapa waktu lalu Apple memperkenalkan fitur Low Power Mode untuk membantu memperpanjang masa pemakaian baterai. Ketika tingkat baterai Anda turun ke 20% atau 10%, iPhone Anda memungkinkan untuk mengaktifkan Mode Daya Rendah dengan satu ketukan. Alternatifnya buka Settings > Battery ke posisi on.

Low Power Mode

Dengan mengaktifkan Mode daya rendah dapat mengurangi kecerahan layar, mengoptimalkan kinerja, dan meminimalkan sistem animasi. Aplikasi email tidak mengunduh konten, dan fitur-fitur seperti AirDrop, sinkronisasi iCLoud, dan Continuity akan dinonaktikan.Anda masih dapat menggunakan fungsi-fungsi utama seperti melakukan dan menerima panggilan, email/pesan, mengakses internet, dan sebagainya. Dan ketika Anda melakukan pengisian daya pada iPhone, Mpde Daya Rendah akan mati secara otomatis.

3. Menonaktifkan fitur Background App Refresh

Untuk meningkatkan daya tahan baterai, Anda dapat mematikan fitur yang memungkinkan aplikasi update di belakang. Buka Settings > General > Background App Refresh kemudian pilih Wi-fi & Mobile Data.

Menonaktifkan fitur Background App Refresh 

4. Mematikan layanan lokasi

Ini merupakan fitur yang menghabiskan sedikit daya baterai. Anda dapat mengoptimalkan masa pemakaian daya baterai dengan mematikan fitur lokasi. Buka Settings > Privacy > Location Services, dan matikan.

Mematikan layanan lokasi

Dengan mengikuti tips-tips di atas, masa pemakaian baterai iPhone Anda akan semakin panjang.

TERKAIT: 4 Cara Cek Kesehatan Baterai iPhone Anda

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here