4 Cara Agar Baterai Smartphone Paling Tahan Lama

Cara Agar Baterai Smartphone Paling Tahan Lama – Saat ini smartphone selalu ada di setiap aktivitas keseharian kita. Apalagi sekarang smartphone tidak hanya bisa telponan saja, tapi kita bisa buka media sosial, buat konten, gaming, sampai urusan pekerjaan kantor juga bisa. Jadi tidak heran kalau sekarang kebutuhan akan baterai smartphone juga semakin meningkat sampai-sampai ada teknologi fast charging sebagai salah satu solusi inovatif untuk kebutuhan gaya hidup masa kini. Sebagai pengguna smartphone, pasti kamu pernah mengalami baterai lowbat di tengah aktivitas. Nah supaya baterai smartphone kamu tetap tahan lama dan awet temani aktivitasmu seharian, ini dia tips yang bisa kamu lakukan!

Cara Agar Baterai Smartphone Paling Tahan Lama

1. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Dengan menurunkan tingkat kecerahan atau brightness layar, ini dapat memperpanjang keawetan baterai secara signifikan terutama untuk smartphone yang lebih besar dan lebih tajam pikselnya. Kamu dapat mengurangi dari 100% ke 75% jika berada di dalam ruangan. Kalau tidak ingin repot untuk bolak-balik mengatur cahaya, sekarang ada fitur Adaptive Brightness dimana perangkat kamu akan secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan layar.

2. Ubah Tema dan Wallpaper Menjadi Gelap

4 Cara Agar Baterai Smartphone Paling Tahan Lama

Pada smartphone Android, kamu dapat membuka Launcher App dan klik Pengaturan untuk memilih wallpaper yang lebih gelap. Selain itu, disarankan untuk tidak menggunakan wallpaper yang bergerak atau animasi karena wallpaper yang bergerak sama saja menghabiskan baterai seperti menonton video. Jadi sebaiknya dihindari ya!

Selain memperhatikan wallpaper, kamu dapat mengaktifkan mode gelap pada smartphone kamu. Sekarang banyak smartphone yang sudah memiliki mode gelap untuk mengurangi pemakaian baterai seperti Samsung Galaxy M62. Kamu dapat mengatur jadwal yang sesuai dengan kegiatan kamu sehingga mode gelap bisa secara otomatis menyesuaikan.

3. Sesuaikan Pengaturan Aplikasi atau Fitur yang Menguras Baterai

4 Cara Agar Baterai Smartphone Paling Tahan Lama

Banyak aplikasi yang terus bekerja seperti mengunduh konten dan lain sebagainya padahal smartphone sedang tidak dipakai. Pada smartphone Samsung, kamu dapat mengidentifikasi aplikasi yang menguras baterai dengan membuka Settings > Battery and Device Care > Battery > Background Usage Limits dan pilih aplikasi mana yang harus dimatikan.

Untuk Google Maps, Spotify, atau aplikasi streaming lainnya, pastikan kamu sudah mengunduh peta, playlist, atau podcast terlebih dahulu dengan Wi-Fi sebelum keluar rumah. Ada fitur GPS juga pada smartphone yang bisa menghabiskan banyak baterai. Kamu dapat mematikan GPS saat tidak diperlukan agar tidak terus bekerja terus-terusan di smartphone kamu. Jangan lupa untuk mematikan notifikasi dari aplikasi lainnya yang tidak kamu pakai terlalu sering.

4. Hindari Mengisi Baterai Semalaman

Kamu masih mengisi baterai semalaman dan ditinggal tidur? Jangan dilakukan lagi ya karena kebiasaan tersebut dapat mengurangi ketahanan baterai smartphone kamu.

TERKAIT: Cara Mengatasi Masalah Saat Pengisian Daya Baterai Smartphone

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here