Jumat, Agustus 14, 2020
Beranda Tekno Windows Cara Scan Komputer dengan Microsoft Defender Antivirus di Windows 10

Cara Scan Komputer dengan Microsoft Defender Antivirus di Windows 10

- Advertisement -

Malware Windows merupakan masalah besar bagi pengguna komputer khususnya OS Windows. Itu sebabnya Microsoft membuat antivirus bawaan bernama Microsoft Defender pada Windows 10. Memindai malware dapat Anda lakukan dengan pemindaian seluruh sistem komputer dengan menggunakan Defender.

Pertama, buka menu Start dan ketik “Windows Security.” Klik pop up ikon aplikasi “Windows Security“.

Perlindungan Virus & Ancaman

- Advertisement -

Di sidebar, klik “Virus & Threat Protection.”

Untuk melakukan pemindaian cepat dapat dilakukan dengan mengklik tombol “Quick Scan“. Jika Anda belum melakukan scanning, Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan pemindaian yang lebih dalam. Di area  “Current Threats“, klik “Scan Option.”

Opsi Pemindaian

Di menu “Scan Option“, Anda akan melihat empat jenis pemindaian yang dapat Anda lakukan di komputer menggunakan Microsoft Defender.

  • Quick Scan: Memindai folder di sistem Anda dari ancaman yang biasanya ditemukan pada sistem, seperti folder Downloads dan Windows. Waktu scan biasanya hanya membutuhkan beberapa menit.
  • Full Scan: Memindai setiap file di komputer Anda dan semua program yang sedang berjalan. Pemindaian membutuhkan waktu lebih dari satu jam.
  • Custom Scan: Jika Anda memilih opsi ini, Windows Security akan meminta Anda untuk menentukan lokasi file atau folder yang ingin Anda pindai/scan.
  • Microsoft Defender Offline Scan: Opsi ini me-restart mesin Anda dan memindai file dan program sistem saat sedang tidak berjalan, yang berguna mengatasi malware saat sistem sedang berjalan dan berpotensi mengganggu proses pemindaian.

Jika Anda belum pernah mencoba Defender atau komputer Anda terlihat error dan Anda khawatir tentang ancaman virus atau malware, cara terbaik adalah dengan pemindaian penuh (full scan). Pilih tombol di sebelah “Full Scan” dan klik tombol “Scan Now“.

full scan

Pemindaian seluruh sistem akan dimulai, dan Windows Security akan menampilkan progres bilah indikator.

- Advertisement -

Ketika pemindaian selesai, Anda dapat melihat hasilnya. Jika semua baik-baik saja, Anda akan melihat pesan “No Current Threats.”

Namun, jika pemindaian menemukan beberapa malware, Anda akan melihat pesan yang mengatakan “Threats Found” dan daftar file yang terinfeksi ditemukan.

Untuk menghapus ancaman, klik tombol “Start Actions“.

Setelah mengklik “Start Actions,” Microsoft Defender akan menghapus ancaman secara otomatis. Jika Anda ingin melihat detail tentang ancaman apa yang dihapus, lihat di bawah hasil pemindaian dan klik “History Protection.”

Jika Defender menemukan ancaman selama Quick Scan atau Full Scan, lebih bijaksana untuk memilih opsi “Microsoft Defender Offline Scan“.

Sourcehowtogeek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TRENDING

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU