Cara Menonaktifkan Secure Boot Windows 10

Cara Menonaktifkan Secure Boot Windows 10Secure Boot adalah fitur keamanan generasi terbaru dari Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) di Windows. Ini menggantikan arsitektur BIOS PC modern. Secure Boot dirancang untuk melindungi sistem dari ancaman dan diaktifkan secara default, tetapi dalam beberapa kasus, Anda mungkin ingin menonaktifkannya. Berikut cara menonaktifkan Secure Boot Windows 10.

Apa Itu Secure Boot?

Disahkan sebagai bagian dari spesifikasi UEFI 2.3.1 Errata 3, Secure Boot adalah protokol yang melindungi proses boot sistem dengan mencegah pemuatan driver atau sistem operasi jika tidak ditandatangani dengan tanda tangan digital yang valid.

Bagaimana Cara Kerja Secure Boot?

Secure Boot berfungsi seperti penjaga pintu, memeriksa identifikasi sebelum mengizinkan masuk. Sistem operasi dan kode driver yang mencoba diluncurkan selama proses boot sistem harus menampilkan Secure Boot dengan kunci valid yang dapat diperiksa terhadap database kunci platform. Jika kunci yang ditampilkan salah, atau tidak ada kunci sama sekali, kode diblokir sebelum dapat (berpotensi) melakukan kerusakan.

Cara Menonaktifkan secure boot windows 10

Haruskah Anda Menonaktifkan Secure Boot?

Secure Boot adalah alat penting dalam melindungi sistem Anda. Jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan dan membiarkannya nonaktif, ada kemungkinan malware atau kode berbahaya dapat dijalankan di sistem Anda sebelum langkah-langkah perlindungan lainnya dapat boot, membuat Anda rentan.

Jika ragu, biarkan aktif. Sebagai fitur keamanan, Secure Boot harus tetap diaktifkan kecuali Anda benar-benar yakin itu perlu dinonaktifkan. Pastikan Anda tidak dipaksa untuk membuat PC Anda menjadi kurang aman.

Karena itu, harus ada alasan valid Anda ingin menonaktifkannya. Setidaknya untuk sementara. Ada sistem operasi yang benar-benar valid, seperti Linux Distributions, yang tidak memiliki kunci keamanan yang valid karena berbagai alasan. Bahkan beberapa yang lolos dalam pemeriksaan terkadang dapat dianggap melanggar Secure Boot.

Jika Anda mencoba menginstal salah satu sistem operasi tersebut, menonaktifkan Secure Boot mungkin menjadi satu-satunya pilihan Anda.

Cara Menonaktifkan Secure Boot Windows 10

Menonaktifkan Secure Boot hanya dapat dilakukan di UEFI (kadang-kadang dikenal sebagai BIOS). Untuk mengaksesnya dan menonaktifkan Secure Boot, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Restart sistem Anda.
  2. Saat mulai menyala lagi, Anda perlu menekan tombol entri UEFI. Ini bervariasi dari sistem ke sistem, jadi Anda mungkin perlu memeriksa secara manual, biasanya Delete, Escape, F1, F2, F10, atau F12.
  3. Cari bagian Security dan navigasikan menggunakan mouse atau keyboard Anda. Menavigasi setiap UEFI berbeda untuk setiap pabrikan, jadi periksa manual Anda jika memerlukan bantuan.
  4. Cari opsi Secure Boot. Alihkan ke Disabled
  5. Tekan F10 untuk menyimpan pengaturan Anda dan restart sistem Anda.
  6. Tunggu sampai boot. Secure Boot sekarang sudah dinonaktifkan.

Untuk mengaktifkan Secure Boot, pertama-tama remove hardware atau software apa pun yang mungkin tertangkap olehnya. Kemudian ikuti langkah-langkah di atas dengan cara yang sama, tetapi alihkan Secure Boot ke Enabled.

TERKAIT: Cara Menonaktifkan Sleep Mode Windows 10

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here