Cara Menghapus Malware di Mac Menggunakan MalwareBytes

Cara Menghapus Malware di Mac – Malware (singkatan dari malicious software) adalah segala jenis software yang sengaja dirancang untuk merusak komputer atau mencuri data sensitif, seperti detail bank. Meskipun Mac dulu lebih terlindungi dari malware daripada PC Windows, hal itu telah berubah selama beberapa tahun terakhir. Jika Anda mengkhawatirkan keamanan Mac Anda, berikut ini cara menghapus malware dari Mac dan MacBook Anda.

Bisakah Mac Terkena Malware?

Ya, Mac bisa terkena malware. Anda dapat menginstal malware di Mac Anda dengan mengunjungi situs web yang tidak aman, mengklik link di email yang mencurigakan, dan banyak lagi. Faktanya, akhir-akhir ini karena semakin banyak orang menggunakan Mac, cybercriminals sekarang lebih menargetkan Mac daripada PC Windows.

Apple selalu meningkatkan sistem keamanan untuk memperkuat Mac Anda dan menjauhkan malware. Tetapi malware selalu menemukan jalan melalui sistem keamanan. Jadi, sebaiknya download program anti-malware untuk menemukan malware yang bersembunyi di komputer Mac Anda dan menghapusnya.

Cara Menemukan Malware di Mac

Jika Anda curiga Mac memiliki malware, Anda harus mendownload anti-malware. Ada beberapa program anti-malware berbeda yang dapat Anda gunakan untuk menemukan malware di Mac Anda, tetapi pilihan teratas untuk pengguna Mac adalah Malwarebytes.

  1. Buka malwarebytes.com dan klik Free Download. Anda juga dapat membayar untuk versi premium aplikasi yang akan terus memeriksa malware di background.
    1. Cara Menghapus Malware dari Mac
  2. Kemudian klik Allow pada prompt yang munculAplikasi kemudian akan mulai mengunduh. Jika Anda tidak melihat pesan ini, scroll ke bawah halaman, dan “click here.”
  3. Buka file yang sudah didownload. Dengan nama “Malwarebytes-Mac …” Anda dapat menemukannya di folder Download di kanan bawah layar Anda.
    3. Cara Menghapus Malware dari Mac
  4. Ikuti petunjuk di layar untuk menginstal aplikasi. Anda harus memasukkan kata sandi Mac (kata sandi yang sama yang Anda gunakan untuk masuk ke Mac Anda) untuk menginstal aplikasi.
  5. Setelah aplikasi diinstal, klik Get Started dan menjawab pertanyaan yang diajukan. Jika Anda tidak ingin membayar untuk versi premium, pastikan untuk mengklik Use Malwarebytes Free. Anda kemudian akan diminta untuk memasukkan alamat email Anda, tetapi Anda cukup mengklik Open Malwarebytes Free sebagai gantinya.
  6. Kemudian klik ScanMalwarebytes kemudian akan mencari setiap ancaman yang dapat ditemukan. Ini mungkin memakan waktu cukup lama, tergantung pada ukuran komputer dan seberapa banyak malware yang ditemukan aplikasi.
    4. Cara Menghapus Malware dari Mac
  7. Kemudian klik Quarantine jika ada malware yang ditemukan. Ini akan menghentikan aplikasi tersebut agar tidak berjalan di Mac. Anda juga dapat membatalkan pilihan aplikasi apa pun yang ingin Anda jalankan. Semua program yang dikarantina secara default secara otomatis akan dihapus setelah 90 hari. Anda dapat mengubah jangka waktu dengan mengklik ikon roda gigi di pojok kanan atas halaman beranda.
    5. Cara Menghapus Malware dari Mac
  8. Terakhir, klik Restart jika diminta.

Cara Menghapus Malware di Mac Menggunakan MalwareBytes

Jika Anda menemukan malware selama pemindaian dengan MalwareBytes, Anda dapat menghapus file yang dikarantina secara manual dengan membuka Detection History. Kemudian pilih file yang ingin Anda hapus, lalu klik Delete.

  1. Buka MalwareBytes dan klik Detection History.
    7. Cara Menghapus Malware dari Mac
  2. Pilih item yang ingin Anda hapus di bawah Quarantined items. Anda dapat memilih semua file dengan mengklik kotak di bagian atas daftar di samping Name.
  3. Terakhir, klik Delete.

8. Cara Menghapus Malware dari Mac

Jika Anda sudah mengetahui bahwa ada app berbahaya yang diinstal di Mac, Anda dapat menghapusnya secara manual.

Cara Menghapus Malware di Mac Secara Manual

Untuk menghapus aplikasi secara manual, buka Utilities > Activity Monitor. Kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dan klik StopKemudian, klik kanan aplikasi Anda di folder Applications dan pilih Move to Trash. Terakhir, kosongkan tempat sampah Anda untuk menghapus program.

  1. Buka folder Aplikasi Anda dan buka Utilitas. Anda juga dapat membuka folder ini dengan mengklik pada desktop Anda dan menekan tombol Command + Shift + U pada keyboard secara bersamaan.
  2. Kemudian buka Activity Monitor.
    9. Cara Menghapus Malware dari Mac
  3. Pilih aplikasi di tab CPUAnda dapat menggunakan search bar di sudut kanan atas jendela untuk mencarinya. Atau, Anda dapat mencari melalui daftar aplikasi apa pun yang tidak Anda kenali.
  4. Klik tombol StopTombol X abu-abu ini berada di pojok kiri atas jendela.
    10. Cara Menghapus Malware dari Mac
  5. Kemudian pilih Quit .
  6. Selanjutnya, cari aplikasi di folder Aplikasi. Anda dapat membuka folder ini dengan mengklik desktop Anda dan menekan tombol Command + Shift + A pada keyboard secara bersamaan.
  7. Klik kanan pada aplikasi dan pilih Move to TrashAnda mungkin diminta untuk memasukkan kata sandi Anda.
    11. Cara Menghapus Malware dari Mac
  8. Terakhir, klik kanan di tempat sampah dan pilih Empty Trash . Malware tidak akan dihapus sampai langkah ini selesai. Anda mungkin perlu memasukkan kata sandi Mac Anda lagi.

12. Cara Menghapus Malware dari Mac

Software anti-malware seharusnya dapat menemukan dan menghapus malware apa saja. Tetapi jika Anda ingin memastikan malware Anda benar-benar dihapus, Anda juga dapat memeriksa apakah malware itu masih ada di item login.

Cara Menghapus Aplikasi Malware dari Item Login

Untuk menghapus malware dari Item Login, buka Apple Menu > System Preferences > Users & Groups > Login Items > “—” all suspicious apps > Restart your computer.

  1. Klik ikon Apple di pojok kiri atas layar Anda.
  2. Kemudian pilih System Preferences.
    13. Cara Menghapus Malware dari Mac
  3. Pilih Users & GroupsIni adalah tombol dengan ikon dua profil.
    14. Cara Menghapus Malware dari Mac
  4. Buka tab Login ItemsPastikan Anda telah memilih pengguna yang benar di sidebar kiri.
    15. Cara Menghapus Malware dari Mac
  5. Pilih semua aplikasi yang mencurigakan dan klik tanda minus (-). Untuk memilih beberapa aplikasi, tekan tombol Shift pada keyboard sambil mengklik semua aplikasi yang dipilih.
    16. Cara Menghapus Malware dari Mac
  6. Terakhir, restart komputer Mac.

Sekarang Anda sudah mengetahui cara menghapus malware dari Mac dan MacBook menggunakan Malwarebytes.

TERKAIT: Cara Scan Malware Menggunakan Microsoft Defender di Windows 10

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here