Cara Scan Malware Windows 10

Cara Scan Malware Windows 10 – Windows 10 memiliki aplikasi Microsoft Defender (sebelumnya disebut “Windows Defender”) yang berfungsi untuk memindai file sebelum Anda membukanya. Agar komputer tetap prima Anda harus melakukan pemindaian terhadap Malware. Berikut cara melakukan pemindaian file atau folder apa pun secara cepat.

Cara Scan Malware Windows 10 Menggunakan Microsoft Defender

Pertama, cari file atau folder yang ingin Anda pindai (scan), dapat ditemukan di File Explorer atau di Desktop Anda. Menggunakan kursor mouse, klik kanan pada item tersebut.

cari file atau folder yang ingin Anda pindai

Di menu yang muncul, pilih “Scan With Microsoft Defender.”

(Pada versi Windows 10 sebelum Pembaruan Mei 2020 , opsi ini akan mengatakan “Scan With Windows Defender.”)

Scan With Windows Defender

Muncul jendela pop up untuk Keamanan Windows, dan hasil pemindaian akan ditampilkan di bagian atas — tepat di bawah tajuk “Scan Options“. Jika semua berjalan dengan baik, Anda akan melihat “No Current Threats.”

No Current Threats

Di sisi lain, jika malware terdeteksi, Microsoft Defender akan memperingatkan Anda dengan pesan “Threats Found,” dan itu akan melist file-file yang terinfeksi. Untuk menghapus ancaman, klik tombol “Start Actions“.

Start Actions

Setelah mengklik “Start Actions,” Microsoft Defender akan menghapus ancaman secara otomatis, dan semuanya akan kembali normal. Jika Anda ingin detail lebih lanjut tentang ancaman apa yang dinetralkan, klik “History Protection” tepat di bawah hasil pemindaian.

TERKAIT: Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here