Cara Resize Foto di Photoshop

Cara Resize Foto di PhotoshopApakah gambar Anda terlalu besar atau terlalu kecil untuk kebutuhan desain Anda? Menggunakan Adobe Photoshop di Mac atau Windows mudah untuk mengubah ukuran (resize) foto dengan cepat dan tepat. Berikut cara resize foto di Photoshop.

Cara Resize Foto di Photoshop

Untuk memulai, buka Photoshop di Mac maupun Windows PC dan muat gambar yang ingin Anda ubah ukurannya. Di bilah menu Photoshop, klik “Image,” lalu pilih “Image Size” dari menu yang muncul.

1. Cara Resize Foto di Photoshop

Di jendela “Image Size“, pertama-tama, Anda ingin memutuskan unit pengukuran apa yang akan Anda gunakan untuk mengubah ukuran gambar. Jika Anda mengklik menu drop down di sebelah bidang “Width” atau “Height“, Anda dapat memilih jenis unit. Berikut ini arti untuk setiap pilihan:

  • Percent:  Memungkinkan Anda mengubah ukuran sebesar persen dari ukuran gambar asli. Misalnya, menggunakan 50% sebagai ukuran gambar target membuat gambar menjadi setengah dari ukuran asli. Demikian pula, 200% membuatnya menjadi dua kali lebih besar.
  • Pixels:  Memungkinkan Anda menentukan dimensi piksel yang tepat untuk ukuran gambar yang dihasilkan.
  • Inches, Centimeters, Millimeters: Ini adalah ukuran pengukuran standar yang hanya berlaku saat gambar dicetak, dan terkait dengan DPI gambar .
  • Points: Points adalah satuan ukuran yang umum dalam tipografi yang setara dengan 1/72 inci. Dalam gambar resolusi 72-DPI, satu points sama dengan satu piksel.
  • Picas:  Satu pica sama dengan 1/6 inci atau 12 poin, dan paling sering digunakan dalam desain untuk pencetakan.
  • Columns: Memungkinkan Anda mengubah ukuran berdasarkan jumlah kolom, unit arbitrer yang ditentukan di Preferences > Units & Rulers.

Banyak orang menggunakan “Percent” untuk melihat perubahan ukuran relatif, tetapi jika Anda mengubah ukuran gambar untuk web, mungkin lebih tepat memilih “Pixels” dari daftar jenis ukuran.

2. Cara Resize Foto di Photoshop

Selanjutnya, putuskan apakah Anda ingin mempertahankan rasio aspek gambar asli. Rasio aspek adalah hubungan proporsional antara dua sisi gambar (lebar dan tinggi).

Jika Anda memilih untuk mempertahankan rasio aspek asli gambar, Anda hanya perlu mengubah nilai “Width” atau “Height” untuk gambar Anda. Photoshop secara otomatis mengubah nilai field lainnya berdasarkan rasio yang ada.

Umumnya, Anda harus menjaga rasio aspek agar foto Anda tidak terlihat aneh. Tetapi jika Anda ingin menonaktifkannya, klik ikon rantai antara “Width” dan “Height” sehingga garis kecil yang mengarah ke “Width” dan “Height” menghilang.

3. Cara Resize Foto di Photoshop

Sekarang sampai pada bagian di mana Anda mengubah ukuran foto. Untuk mengubah lebar foto Anda, klik kolom “Width” dan masukkan ukuran baru. Demikian pula, untuk mengubah tinggi foto, klik bidang “Height” dan masukkan nilainya.

Kemudian, klik “OK” di bagian bawah jendela “Image Size“.

4. Cara Resize Foto di Photoshop

Versi foto Anda yang diubah ukurannya sekarang akan muncul di layar. Jika terlihat bagus, klik File > Save in Photoshop’s menu bar untuk menyimpan foto.

Untuk menyimpan foto yang diubah ukurannya sebagai salinan (agar foto asli Anda tidak berubah), klik File > Save As pada menu bar.

5. Cara Resize Foto di Photoshop

Jika Anda memilih “Save As“, Anda akan melihat jendela penyimpanan Photoshop di layar Anda. Di bagian atas jendela ini, masukkan nama foto Anda, lalu pilih format gambar dari menu drop-down “Format” dan klik “Save” di bagian bawah.

6. Cara Resize Foto di Photoshop

Foto Anda sekarang dalam ukuran yang sesuai keinginan Anda, Anda dapat menggunakannya untuk keperluan desain atau postingan Anda.

TERKAIT: Cara Menghapus Background di Photoshop

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here