Cara Memperbesar Gambar di Photoshop

Pada artikel berikut kita akan memahami dasar penggunaan Photoshop yaitu cara memperbesar gambar di Photoshop. Software editing gambar seperti Adobe Photoshop sangat ideal untuk mengubah ukuran gambar.

Memperbesar gambar dapat dilakukan di Photoshop, namun dianjurkan untuk menjaga perbesaran minimal karena kualitas gambar mudah hilang. Misalnya, memperbesar gambar untuk mencetak dokumen dengan ukuran dokumen yang lebih besar atau membutuhkan gambar dengan resolusi yang lebih tinggi (sambil mempertahankan ukuran dokumen).

Cara Memperbesar Gambar di Photoshop

1. Dengan Photoshop, buka File > Open dan pilih gambar

Cara Memperbesar Gambar di Photoshop

Saat memperbesar gambar, disarankan untuk membersihkan goresan sebelum memperbesar karena item ini dapat diperbesar saat gambar diperbesar.

  1. Buka Image > Image Size

Cara Memperbesar Gambar di Photoshop

3. Akan muncul kotak dialog Image Size seperti gambar di bawah ini.

Cara Memperbesar Gambar di Photoshop

4. Masukkan dimensi piksel, ukuran dokumen, atau resolusi baru.

Cara Memperbesar Gambar di Photoshop

Gambar aslinya misalnya 10″ x 6,667″. Katakanlah kita ingin memperbesar gambar ini menjadi 12″ x 8″ sehingga dapat dengan mudah dicetak dan dibingkai. Anda ingin mempertahankan resolusi 300, jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah mengetikkan piksel atau dimensi dokumen baru. Dalam contoh ini, kita akan meningkatkan lebar dokumen dari 10″ menjadi 12″ dan tinggi dari 6,667″ menjadi 8″.

  1. Pilih Metode Resampling

4. Cara Memperbesar Gambar di Photoshop

Sebelum menekan OK, Anda dapat memilih metode resampling kami. Apa artinya? Pada dasarnya, Photoshop membuat informasi piksel baru untuk memperbesar gambar. Dengan memilih bicubic yang lebih kecil, Anda akan memberi tahu Photoshop untuk menginterpolasi (atau membuat informasi piksel baru) yang akan menghasilkan hasil terbaik saat memperbesar gambar.

  • Bicubic (terbaik untuk gradien halus) – Metode untuk menghitung rata-rata piksel di sekitarnya.
  • Bicubic Smoother (terbaik untuk memperbesar) – Berdasarkan pengambilan sampel, Bicubic dan bekerja paling baik saat memperbesar gambar yang memiliki noise gambar tinggi . Gambar akan terlihat lebih halus atau lebih lembut dengan metode ini.
  1. Klik OK untuk melakukan perubahan.

5. Cara Memperbesar Gambar di Photoshop 6. Cara Memperbesar Gambar di Photoshop

Selamat! Anda telah berhasil mengubah ukuran gambar Anda! Dalam contoh ini, Anda akan memperbesar gambar dengan meningkatkan ukuran dokumen dari 10″ x 6.667″ menjadi 12″ x 8″ Perhatikan juga bahwa dimensi piksel berubah dari 3000 x 2000 menjadi 3600 x 24000. Terakhir, perhatikan bahwa ukuran gambar awalnya 17.2M (megabyte) dan meningkat menjadi 24.7M karena memperbesar gambar.

TERKAIT: Cara Resize Foto di Photoshop

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here