Cara Menggunakan Pen Tool Photoshop

Ada sejumlah tools seleksi di Photoshop tetapi Pen Tool adalah satu-satunya tools yang memberi Anda pilihan untuk mempertajam foto/gambar tanpa garis kabur atau tepi yang lembut karena menggunakan “teknologi vektor”.

Jadi jika Anda ingin memotong objek/gambar dengan tepi tajam dan bersih maka Anda harus memiliki pengetahuan tentang cara menggunakan Pen Tool Photoshop. Sebagai contoh berikut adalah gambar kacamata dan saya ingin memotong kacamata ini dengan bantuan “pen tool”.

Cara Menggunakan Pen Tool Photoshop

1. Cara Menggunakan Pen Tool Photoshop 2. Cara Menggunakan Pen Tool Photoshop

Pertama buka dan pilih pen tool di tool bar. Ada berbagai jenis pen tool yang bisa kita lihat, tapi kita akan menggunakan pen tool pertama ini.

3. Cara Menggunakan Pen Tool Photoshop

Saat Anda mulai menggambar jalur/path dengan pen tool, saya sarankan Anda untuk memulainya dari titik sudut mana pun dari objek dan mengambil titik kontrol.

4. Cara Menggunakan Pen Tool Photoshop

Sekarang klik dan seret, Anda dapat melihat pegangan titik kontrol yang bergerak, membengkokkan path seperti yang Anda lihat. Kita dapat mengatur path kita dengan benar dengan bantuan handle ini.

5. Cara Menggunakan Pen Tool Photoshop

Sekarang klik dan seret untuk titik kontrol berikutnya dan tekuk pegangannya untuk mengaturnya dengan benar.

Anda dapat melihat path keluar dari garis bcz saat menggambar titik kontrol sebelumnya yang telah kami tekuk handlenya. jadi untuk mengatasi masalah ini cukup tahan tombol Alt dan klik pada titik kontrol terakhir sebelum Anda membuat yang baru. Cara ini akan menghapus handle dan memungkinkan Anda menggambar path dengan benar.

6. Cara Menggunakan Pen Tool Photoshop

Lanjutkan menggambar path seperti ini. Ini adalah panel path. Dalam hal ini Anda dapat melihat path yang telah Anda gambar sebelumnya. Cukup klik dua kali dan simpan.

7. Cara Menggunakan Pen Tool Photoshop

8. Cara Menggunakan Pen Tool Photoshop

Berikut adalah path yang telah dibuat sebelumnya, klik di atasnya dan lihat di bagian bawah panel path ada ikon yang disebut “load path as selection”, klik ikon ini untuk seleksi path.

9. Cara Menggunakan Pen Tool Photoshop

10. Cara Menggunakan Pen Tool Photoshop

Sekarang pilih layer dan tekan CTRL + J untuk membuat layer baru pada bagian yang diseleksi.

11. Cara Menggunakan Pen Tool Photoshop

Di sini Anda dapat memotong lubang ini dengan benar dari path. Jadi masuk ke panel path dan lihat opsi “path finder”, Anda harus memilih “subtract front shape”.
12. Cara Menggunakan Pen Tool Photoshop

Sekarang gambar path di tepi lubang itu. Dan pilih dan hapus. Anda dapat memperbesarnya di sini.

 13. Cara Menggunakan Pen Tool Photoshop

Di sini Anda bisa melihat bagian tepi objek yang masih sangat tajam.

14. Cara Menggunakan Pen Tool Photoshop

Jadi dengan bantuan pen tool Anda bisa mendapatkan ekstraksi yang sangat bersih, tajam dan akurat, lebih dari teknik ekstraksi lainnya di Photoshop karena menggunakan teknologi vektor.

TERKAIT: Cara Menajamkan Foto di Photoshop

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here