3 Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Cara Menajamkan Foto di PhotoshopSetiap fotografer perlu memposting gambar mereka secara online, terutama jika mereka berencana untuk menjual gambar tersebut! Namun, karena pembatasan resolusi di beberapa situs web, gambar online dapat terlihat buram, meskipun gambarnya tajam selama proses pengeditan. 

Beberapa platform media sosial terbesar seperti Instagram dan Facebook, mengurangi kualitas gambar saat memposting untuk menghemat data gambar. Sayangnya, gambar yang Anda posting akan kehilangan ketajamannya, yang dapat mengubah keseluruhan tampilan foto Anda.

Menempatkan hasil terbaik di media sosial adalah penting bagi setiap fotografer. Anda dapat mengekang efek pembatasan resolusi Instagram dan Facebook dengan cropping gambar sebelum memposting. Cropping mengurangi jumlah pemrosesan otomatis yang harus diselesaikan platform sebelum menghosting gambar Anda secara online.

Tentu saja, mempelajari cara mempertajam gambar di Photoshop memiliki manfaat lain. Mungkin gambar Anda kurang detail, atau Anda ingin meningkatkan tekstur yang terlihat di foto. Menajamkan gambar juga berguna dalam situasi ini.

Apakah Anda ingin mempertajam foto Anda? Dengan menerapkan efek sharpening, Anda dapat menghilangkan ketidakjelasan foto Anda. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara menajamkan foto di Photoshop.

Tentu saja, untuk mengikuti tutorial ini, Anda harus menginstal Adobe Photoshop di perangkat Anda. Jika Anda belum memilikinya, Anda dapat membeli Photoshop melalui paket Creative Cloud Adobe.

TERKAIT: Cara Download Aplikasi Photoshop di Laptop

Apa itu Ketajaman Gambar?

Pertama, kita perlu memahami apa yang membuat gambar tampak lebih tajam. Ketajaman jelas merupakan ukuran yang lebih kualitatif, yang sulit untuk ditafsirkan oleh komputer. Apa itu ketajaman di Photoshop?

Saat Anda menyesuaikan ketajaman gambar di Photoshop, program menyoroti kontras tepi untuk membuat foto tampak lebih tajam di mata manusia. Pada dasarnya, Photoshop menafsirkan tepi sebagai tempat dengan kontras tinggi di area kecil. Untuk mempertajam area itu, Photoshop akan meningkatkan kontras di sekitar tepi itu, membuatnya tampak lebih tajam bagi mata kita.

Seperti yang kami sebutkan di atas, Anda dapat menggunakan ketajaman gambar dalam berbagai cara. Anda bahkan dapat membuat tampilan potret dramatis dengan bermain dengan tingkat ketajaman di Photoshop. Mempelajari dasar-dasar penajaman foto pada tutorial ini akan membantu Anda memecahkan masalah pengeditan foto lainnya.

Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Tidak setiap foto yang Anda ambil menghasilkan foto yang sempurna—hanya sedikit gangguan gambar Anda bisa menjadi buram. Untungnya, alat pengeditan gambar seperti Adobe Photoshop yang memungkinkan Anda mempertajam foto dengan cepat. Tutorial ini dibuat menggunakan Photoshop 2020, tetapi seharusnya juga berfungsi untuk versi Photoshop yang lebih lama.

1. Cara Menajamkan Foto di Photoshop Menggunakan Filter Smart Sharpen

Photoshop memiliki berbagai filter foto yang dapat Anda gunakan untuk memodifikasi foto Anda. Dua filter sangat berguna untuk penajaman foto: filter Smart Sharpen dan Unsharp Mask.

Untuk menggunakan filter Smart Sharpen, Anda harus membuka gambar yang sesuai di Photoshop. Pastikan Anda dapat melihat panel Layers di sebelah kanan. Jika tidak bisa, klik Window > Layers.

1. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Di panel Layers, klik kanan pada layer dan kemudian pilih opsi “Duplicate Layers“.

2. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Tekan “OK” di kotak “Duplicate Layer” untuk mengonfirmasi.

3. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Dengan Duplicate Layer yang dipilih gunakan menu drop down di panel Layers, ubah opsi campuran dari “Normal” ke opsi “Luminosity“.

4. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Untuk menerapkan filter Smart Sharpen, klik Filter > Sharpen > Smart Sharpen.

5. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Di kotak opsi “Smart Sharpen“, klik untuk mengaktifkan kotak centang “Preview“. Anda harus mengubah berbagai opsi agar sesuai keinginan Anda sendiri.

Atur angka “Amount” menjadi antara 100 dan 200 persen. Untuk opsi “Radius” dan “Reduce Noise“, perlahan-lahan tingkatkan jumlahnya menggunakan sliders yang disediakan, perhatikan ketajaman gambar di preview saat Anda menggunakannya.

Setelah Anda puas dengan preview, tekan “OK” untuk menerapkan filter

6. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Filter akan diterapkan ke duplicate layer. Jika Anda mau, Anda dapat menggunakan marquee tool untuk memilih bagian dari duplicate layer Anda untuk menghapus efek filter.

7. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Dengan bagian-bagian gambar yang Anda dipilih, tekan tombol Delete pada keyboard untuk mengekspos bagian-bagian dari lapisan gambar asli. Ini memungkinkan Anda untuk memfokuskan ketajaman pada bagian gambar Anda, meninggalkan sebagian aslinya.

2. Cara Menajamkan Foto di Photoshop Menggunakan Filter Unsharp Mask

Anda dapat menggunakan filter Unsharp Mask sebagai alternatif filter Smart Sharpen. Ini mirip dengan Smart Sharpen tetapi tidak seperti filter itu, Anda akan memiliki sedikit noise yang muncul pada gambar.

Mulailah dengan gambar baru di Photoshop, pastikan panel Layers terlihat (Window > Layers), lalu duplikat layer gambar yang ada dengan mengklik kanan layer di panel Layers dan menekan opsi “Duplicate Layers“.

Setelah layer diduplikasi, klik Filter > Sharpen > Unsharp Mask….

8. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Di kotak “Unsharp Mask …“, pastikan kotak centang “Preview” diaktifkan. Ubah slider sesuai kebutuhan, lihat preview gambar untuk melihat dampak pada gambar saat Anda menggunakannya.

Mulailah dengan angka “Amount” sekitar 50 persen dan angka “Radius” antara satu hingga dua, meningkat seiring berjalannya waktu. Anda mungkin dapat membiarkan angka “Threshold” di nol, tetapi Anda dapat meningkatkannya jika gambar Anda membutuhkan lebih banyak penajaman.

Bila preview sudah keinginan Anda, pilih tombol “OK” untuk menerapkan filter ke gambar Anda.

9. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Seperti sebelumnya, Anda dapat membuat perubahan lebih lanjut pada keseluruhan gambar dengan menggunakan marquee tool untuk memilih bagian dari duplicate layer Anda.

10. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Setelah lapisan dipilih, tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus bagian yang dipertajam, memperlihatkan lapisan asli di bawahnya.

3. Cara Menajamkan Foto di Photoshop Menggunakan Camera Raw Editor

Anda dapat menggunakan Camera Raw editor untuk menerapkan pemrosesan gambar ke data gambar yang tidak diedit yang diambil oleh kamera digital resolusi tinggi yang disimpan dalam format file Camera Raw seperti RAW, NEF, atau SRW.

Ini memungkinkan Anda menerapkan penajaman gambar sebelum menyimpannya ke format lain seperti JPG atau PNG.

File RAW hanya dibuat oleh kamera digital dan smartphone tertentu saat gambar diambil dan gambar dibiarkan tidak terkompresi. Jika Anda memiliki gambar dalam format RAW, NEF, atau format file gambar tidak terkompresi lainnya, buka di Photoshop dengan memilih File > Open.

11. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Photoshop secara otomatis membuka menu pengeditan Camera Raw ketika Anda membuka file Camera Raw yang sesuai. Ini memungkinkan Anda membuat banyak level dan penyesuaian filter pada gambar Anda—termasuk menajamkan gambar atau foto Anda.

12. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Untuk mempertajam gambar, tekan ikon “Detail” di menu sebelah kiri. Ubah angka “Jumlah” untuk mengatur jumlah penajaman gambar—angka yang baik untuk memulai adalah sekitar 50 persen, bergerak ke atas.

Gunakan slider “Radius” untuk mengubah dampak penajaman gambar Anda, dengan jumlah yang lebih rendah lebih baik untuk foto dengan detail yang jauh lebih halus. Biarkan slider “Detail” rendah jika Anda ingin tepi detail tetap tajam.

Untuk slider “Masking“, biarkan pengaturan di nol untuk menerapkan tingkat penajaman yang sama pada gambar secara keseluruhan, atau tingkatkan untuk mengubah pengaturan penargetan bagian gambar Anda yang lebih banyak warna atau tekstur.

13. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Anda juga dapat mengubah tingkat noise yang dihasilkan oleh perubahan penajaman gambar Anda, ebih banyak noise gambar biasanya berarti lebih sedikit detailnya. Tingkatkan slider “Luminance” di atas nol, lalu gerakkan slider “Luminance Detail” untuk mengurangi tingkat noise.

Terakhir, klik opsi “Open Image” atau “Done” untuk menyelesaikan.

14. Cara Menajamkan Foto di Photoshop

Perubahan akan disimpan ke file setelah Anda selesai mengedit. Jika Anda memilih opsi “Open Image“, Anda dapat membuat perubahan lebih lanjut pada gambar di jendela pengeditan utama Photoshop.

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here