Cara Membuat Gif di Photoshop

Dengan Adobe Photoshop, Anda dapat dengan mudah membuat file GIF animasi dari serangkaian foto. Dalam tutorial ini, kita akan membahas step by step cara membuat GIF di Photoshop.

Cara Membuat Gif di Photoshop

1. Pilih foto mana yang ingin Anda gunakan sebagai GIF

Untuk GIF terbaik, gunakan serangkaian gambar yang diambil secara berurutan dengan cepat. Gambar yang diambil dalam mode burst bekerja paling baik, karena membuat GIF Anda terasa seperti video pendek berulang. Semakin banyak bingkai yang Anda gunakan dalam GIF Anda, semakin halus efek animasinya.

Sebanyak 15-24 gambar diam biasanya bekerja paling baik. Pastikan ukuran gambar untuk setiap bingkai Anda sama, jadi periksa kembali jumlah pikselnya. Letakkan semua bingkai yang ingin Anda gunakan dalam folder di desktop atau hard drive agar lebih mudah menemukannya.

4. Cara Membuat Gif di Photoshop

2. Impor foto Anda ke dalam Adobe Photoshop

Buka Adobe Photoshop. Dari menu File, pilih Scripts > Load Files into Stack. Ini akan membuka kotak dialog baru. Klik Browse untuk menemukan folder yang Anda buat di desktop atau hard drive yang berisi gambar yang ingin Anda sertakan dalam GIF.

Tekan tombol Shift untuk memilih beberapa gambar. Setelah semua file gambar yang ingin Anda gunakan disorot, klik OK. Selanjutnya Anda akan melihat semua file yang Anda pilih, terdaftar di kotak dialog Load Layers.

Klik OK, Photoshop akan membuka gambar yang dipilih sebagai layers individual dalam dokumen baru.

5. Cara Membuat Gif di Photoshop

3. Akses panel Timeline

Dari menu Window, pilih Timeline untuk membuka panel Timeline di ruang kerja Anda. Secara default, panel Timeline akan terbuka di bagian bawah layar.

Di tengah panel Timeline, Anda akan melihat tombol yang bertuliskan Create Video Timeline, dengan panah di sebelahnya. Klik panah, dan pilih Create Frame Animation dari menu drop-down. Sekarang tombol akan mengatakan Create Frame Animation. Klik tombol tersebut.

6. Cara Membuat Gif di Photoshop

4. Ubah layer gambar menjadi frames animasi

Di sudut kanan atas panel Timeline, Anda akan melihat ikon menu (empat garis horizontal). Klik ikon menu itu untuk membuka menu drop-down dengan opsi animasi.

Klik Make Frames From Layers. Ini akan mengubah gambar di panel Layers menjadi frame individual di GIF Anda.

Sekarang Anda akan melihat thumbnail dari setiap layer gambar di panel Timeline. Klik tombol Play untuk melihat preview tampilan animasi GIF Anda.

8. Cara Membuat Gif di Photoshop

5. Putar animasi Anda

Di kiri bawah panel Timeline, Anda akan melihat beberapa pilihan untuk opsi looping. Adobe Photoshop memungkinkan Anda memutuskan apakah Anda ingin GIF diputar sekali, tiga kali, atau selamanya. Anda dapat memilih opsi perulangan lainnya secara manual dengan memilih More.

Forever sering dipilih secara default. Jika salah satu opsi lain dipilih, klik panah di samping durasi. Kemudian pilih Forever dari menu drop-down.

Klik ikon Play sekali lagi untuk memastikan Anda menyukai tampilan animasi GIF.

9. Cara Membuat Gif di Photoshop

6. Ekspor animasi Anda sebagai file GIF

Dari menu File, pilih Export > Save for Web (Legacy). Ini akan memunculkan kotak dialog pengaturan baru. Berikut adalah pengaturan ideal untuk dipilih saat menyimpan pekerjaan Anda dalam format file GIF:

  • Di bawah Preset, pilih GIF 128 Dithered.
  • Colors, pilih 256.
  • Di bawah Image Size, Anda dapat menyesuaikan dimensi GIF Anda. Jika file gambar asli Anda sangat besar, Anda harus mengurangi dimensi GIF untuk tampilan online yang lebih baik. Saat Anda menyesuaikan dimensi, Anda akan melihat perkiraan perubahan ukuran file di sudut kiri bawah preview GIF.
  • Di bawah Looping Options, pastikan Forever masih dipilih.

Klik Preview di sudut kiri bawah kotak dialog untuk melihat bagaimana GIF akan terlihat di jendela browser web.

Klik Save, yang akan membuka kotak dialog opsi penyimpanan. Beri nama file, pilih tujuan, dan klik Save. Sekarang Anda telah membuat GIF sendiri dengan cepat dan mudah di Adobe Photoshop. Anda dapat mengunggahnya ke media sosial, menambahkannya ke situs web, atau berbagi dengan siapapun!

10. Cara Membuat Gif di Photoshop

TERKAIT: Cara Menambahkan Gambar di Photoshop

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here