Cara Mengatasi Scratch Disk Full Photoshop

Cara Mengatasi Scratch Disk Full Photoshop – Terkadang saat Anda mencoba menggunakan Adobe Photoshop, Anda mungkin mendapatkan pesan kesalahan yang berbunyi, “Could not complete your request because the scratch disk is full.”

Untuk mencegah Photoshop scratch disk full error, Anda perlu mengubah cara Photoshop menggunakan memori komputer. Cara berikut berlaku untuk Adobe Photoshop CC baik PC Windows dan macOS.

Penyebab Scratch Disk Photoshop Full Error

Photoshop scratch disk mengacu pada hard drive Anda. Photoshop menggunakan hard drive sebagai ruang swap sementara, ketika sistem Anda tidak memiliki cukup RAM untuk melakukan operasi. Jika Anda hanya memiliki satu hard drive atau partisi di komputer Anda, scratch disk adalah drive tempat sistem operasi diinstal (misalnya, drive C: pada sistem Windows).

Ketika drive kehabisan ruang, dapat mengganggu kinerja Photoshop. Misalnya, jika Photoshop crashes saat pengeditan, shutdown yang tidak tepat ini dapat meninggalkan file sementara yang cukup besar di scratch disk. Akibatnya, Photoshop tidak dapat dibuka kembali, jadi Anda harus memecahkan masalah pada hard drive.

Cara Mengatasi Scratch Disk Full Photoshop

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memecahkan masalah scratch disk full di Photoshop:

  1. Kosongkan ruang disk. Kosongkan beberapa ruang pada drive Mac atau Windows yang didefinisikan sebagai scratch disk in Photoshop Preferences. Untuk hasil terbaik, gunakan alat penganalisis ruang disk gratis seperti Disk Cleanup.
  2. Hapus file sementara Photoshop. Anda dapat menghapus file sementara yang terkait dengan Photoshop untuk mengosongkan ruang disk awal. File temp Photoshop biasanya diberi nama ~PST####.tmp di Windows dan Temp#### di Mac (di mana #### adalah serangkaian angka).
  3. Defrag hard disk. Ini karena Photoshop membutuhkan ruang kosong yang berdekatan dan tidak terfragmentasi pada scratch disk drive. Jika Anda mendapatkan pesan kesalahan saat scratch disk drive menunjukkan jumlah ruang kosong yang baik, jalankan defragmentasi disk.
  4. Kosongkan cache Photoshop. Jika Anda dapat membuka Photoshop, hapus file sementara dari dalam program dengan masuk ke Edit > Purge > All (di Windows) atau Photoshop CC > Purge > All (di Mac).

Membersihkan cache mencegah Anda membatalkan perubahan terbaru yang Anda buat pada gambar.

  1. Clear Crop tool. Jika Anda mendapatkan kesalahan saat memotong gambar di Photoshop, bisa jadi karena nilai di options bar untuk Crop tool berada di unit yang salah. Misalnya, memasukkan dimensi 1200×1600 saat unit disetel ke inci, bukan piksel, akan membuat file besar yang dapat memicu scratch disk penuh. Untuk mencegah masalah ini, pilih Clear di options bar setelah Anda memilih Crop tool.
  2. Ubah Photoshop performance settings. Buka Edit > Preferences > Performance (di Windows) atau Photoshop CC > Preferences > Performance (di Mac), lalu sesuaikan slider di bawah Memory Usage untuk meningkatkan jumlah RAM yang diizinkan untuk digunakan Photoshop.

Mengatur penggunaan memori di atas 80% dapat menyebabkan komputer berjalan lambat.

  1. Ubah atau tambahkan scratch disks. Jika memungkinkan, buat partisi hard drive baru untuk Photoshop scratch disk. Meskipun Photoshop berfungsi dengan satu scratch disk pada partisi sistem, Anda dapat meningkatkan kinerja dengan mengatur scratch disk menjadi drive tercepat di sistem Anda.

Untuk mengubah lokasi scratch disk dan membuat tambahan scratch disk dari Photoshop Preferences:

  • Di Windows, pilih EditPreferences > Scratch Disks , atau tekan Ctrl+Alt .
  • Di macOS, pilih Photoshop CCPreferences > Scratch Disks , atau tekan Command+Option .

Jika komputer Anda memiliki solid-state disk drive (SSD), gunakan SSD sebagai scratch disk. Jangan gunakan hard disk drive (HDD) yang sama di mana sistem operasi diinstal atau di mana file yang Anda edit disimpan.

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here