Cara Menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop

Perspective Crop Tool Photoshop – Setiap kali memotret subjek pada sudut kita dapati apa yang disebut distorsi keystone atau keystoning. Ini berarti, selain tepi subjek kita terlihat lurus dan tegak lurus, objek terlihat seolah-olah bersandar atau miring ke dalam menuju cakrawala. Untuk memperbaiki perspektif, dan memotong gambar secara bersamaan, kita dapat menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop. Dan dalam tutorial ini, kita akan mempelajari cara menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop!

Adobe pertama kali menambahkan Perspective Crop Tool di Photoshop CS6. Pada artikel ini akan menggunakan Photoshop CC, tetapi pengguna CS6 juga dapat mengikuti panduan di bawah ini.

Berikut adalah contoh foto yang memiliki beberapa masalah dengan perspektif. Karena foto diambil dari tanah dan melihat ke atas hotel, bangunan tersebut tampak bersandar ke belakang saat naik ke atas, membuat bagian atas terlihat lebih sempit daripada bagian bawah. Dan bangunan yang lebih kecil di sebelah kiri hotel juga terlihat miring ke belakang. Faktanya, semua yang ada di foto ini tampaknya miring ke dalam menuju titik pusat imajiner yang tinggi di atas gambar.

1. Cara Menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop

Cara Menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop

Mari kita lihat bagaimana Perspective Crop Tool dapat memperbaiki masalah ini.

Langkah 1: Pilih Perspective Crop Tool

Anda akan menemukan Perspective Crop Tool di belakang Crop Tool standar di Toolbar. Untuk mendapatkannya, klik dan tahan ikon Crop Tool sampai menu fly-out muncul yang menunjukkan alat lain juga tersedia di tempat itu. Kemudian pilih Perspective Crop Tool

2. Cara Menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop

Langkah 2: Gambarkan batas potong di sekitar gambar

Tidak seperti Crop Tool, Perspective Crop Tool tidak otomatis menempatkan cropping border di sekitar gambar. Jadi hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menggambarnya sendiri. Untuk melakukannya, Anda dapat mengklik di sudut kiri atas foto dan, dengan menekan tombol mouse, kemudian seret secara diagonal ke bawah ke sudut kanan bawah.

3. Cara Menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop

Lepaskan tombol mouse, Photoshop menambahkan batas tanaman di sekitar gambar. Dan seperti yang akan kita lihat dengan Crop Tool standar, handles muncul di sekitar perbatasan. Ada satu di atas, bawah, kiri dan kanan, dan satu di setiap sudut.

4. Cara Menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop

Perspective Grid

Perhatikan bahwa kotak juga muncul di dalam batas. Ini adalah perspective grid, dan inilah yang memungkinkan Anda untuk memperbaiki masalah perspektif, seperti yang akan kita lihat sebentar lagi.

5. Cara Menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop

Jika Anda tidak melihat kisi, pastikan Anda telah memilih opsi Show Grid  (dicentang) di Option bar di sepanjang bagian atas layar.

6. Cara Menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop

Langkah 3: Sejajarkan kisi perspektif dengan tepi subjek

Untuk memperbaiki masalah perspektif, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyeret handles pangkas sudut ke kiri atau kanan untuk menyejajarkan garis kisi vertikal dengan sesuatu di gambar yang seharusnya lurus secara vertikal. Misalnya, sisi-sisi hotel harus lurus. Jadi untuk mengoreksi perspektif, Anda dapat menyeret handles sudut ke dalam hingga garis kisi dan sisi bangunan miring pada sudut yang sama.

Anda dapat memulai dengan menyeret handles di sudut kiri atas ke arah kanan sampai garis grid vertikal yang paling dekat dengan sisi kiri hotel sejajar dengan sudut sisi bangunan itu. Saat Anda menyeret handles, Anda juga harus menekan dan menahan tombol Shift. Ini memudahkan menyeret handles lurus secara horizontal.

7. Cara Menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop

Kemudian Anda dapat menarik handles di sudut kanan atas ke arah kiri sampai garis grid vertikal yang paling dekat dengan sisi kanan hotel miring pada sudut yang sama dengan sisi bangunan itu. Sekali lagi, Anda harus menekan dan menahan tombol Shift yang memudahkan Anda menyeret lurus ke seberang.

8. Cara Menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop

Menyesuaikan garis kisi di satu sisi subjek Anda mungkin akan mengganggu sisi yang lain, jadi Anda perlu maju mundur sedikit dengan handle. Tetapi dengan sedikit penyesuaian, Anda dapat memiliki kedua sisi kisi yang sejajar dan lurus secara vertikal.

Sama seperti Crop Tool standar, area yang lebih gelap di luar batas crop akan dipotong setelah crop diterapkan.

9. Cara Menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop

Langkah 4: Sesuaikan batas border

Setelah Anda menyejajarkan garis kisi dengan sudut subjek Anda, Anda dapat menyeret handle atas, bawah, kiri atau kanan untuk membentuk kembali batas pemotongan dan memotong lebih banyak gambar. Di sini, Anda dapat menyeret sisi kiri dan kanan ke dalam.

10. Cara Menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop

Langkah 5: Terapkan Crop

Saat Anda sudahsiap memotong gambar, klik tanda centang di Option bar. Atau tekan Enter (Win) / Return (Mac) pada keyboard Anda.

11. Cara Menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop

Photoshop langsung crop area di luar kotak potong dan memperbaiki masalah perspektif dalam satu shot. Hotel dalam foto ini, serta semua yang dimiringkan, sekarang tampak lurus secara vertikal.

12. Cara Menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop

Satu masalah dengan Perspektif Crop Tool adalah bahwa itu bukan ilmu pasti. Setelah Anda melakukan croping, Anda mungkin menemukan bahwa gambar Anda masih terlihat sedikit “miring” (istilah teknis), karena sudut garis kisi Anda tidak cukup cocok dengan subjek Anda. Jika itu terjadi, batalkan croping dengan menekan Ctrl+Z (Win) / Command+Z (Mac) pada keyboard Anda lalu coba lagi.

Cara memperbaiki tampilan “terjepit” setelah mengoreksi perspektif

Masalah lain yang mungkin Anda hadapi dengan Perspective Crop Tool adalah semua yang ada di gambar Anda mungkin terlihat sedikit “terjepit” secara vertikal setelah menerapkan crop. Dalam kasus ini, hotel ini tidak lagi terlihat setinggi aslinya, dan orang-orang yang berjalan di depannya terlihat lebih pendek. Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan meregangkan gambar menggunakan perintah Free Transform Photoshop .

Langkah 1: Buka kunci layer Background

Sebelum kita melakukannya, pertama-tama kita perlu melihat panel Layers di mana kita melihat bahwa foto saat ini berada di layer Background.

13. Cara Menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop

Masalahnya adalah Photoshop tidak mengizinkan Anda menggunakan Free Transform pada layer Background. Caranya adalah dengan mengganti nama layer. Di Photoshop CC, klik ikon kunci. Di CS6, tekan dan tahan tombol Alt (Win) / Option (Mac) pada keyboard Anda dan klik dua kali pada layer Background. Ini akan langsung mengganti nama layer menjadi “Layer 0”:

14. Cara Menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop

Langkah 2: Pilih perintah Free Transform

Dengan mengganti nama layer, buk menu Edit di Menu Bar dan pilih Free Transform

15. Cara Menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop

Langkah 3: Regangkan gambar secara vertikal

Photoshop menempatkan kotak Free Transform. Untuk meregangkan gambar, Anda dapat mengklik handle atas dan, dengan tombol mouse ditekan, Anda harus menyeretnya lurus ke atas. Sekali lagi, ini bukan keharusan jadi yang bisa kita lakukan hanyalah mengamatinya. Tapi Anda dapat menarik handle ke atas sampai hotel dan orang-orang di foto itu terlihat tingginya kira-kira sesuai dengan sebenarnya. Atau dalam hal ini, tingginya bisa dibuat tanpa kehilangan bagian paling atas gedung.

16. Cara Menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop

Langkah 4: Klik tanda centang

Saat Anda puas dengan hasilnya, klik tanda centang di Bilah Opsi untuk menerapkan transformasi. Anda juga dapat menerapkannya dengan menekan Enter (Win) / Return (Mac) pada keyboard Anda.

17. Cara Menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop

Selesai! Di sini Anda dapat melihat perbandingan gambar asli dengan masalah perspektif. Setelah mengoreksi perspektif dan memotong gambar dengan Free Transform terlihat jelas perbedaan hasil akhirnya.

1. Cara Menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop19. Cara Menggunakan Perspective Crop Tool Photoshop

TERKAIT: Cara Crop Foto di Photoshop

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here