Cara Zoom di Photoshop (Zoom In dan Zoom Out Gambar)

Cara Zoom di Photoshop – Pelajari cara memperbesar, menggeser, dan menavigasi gambar Anda seperti seorang profesional di Adobe Photoshop! Anda akan mempelajari semua tentang Zoom Tool, the Hand Tool, View modes, dan banyak lagi dengan beberapa tip dan trik untuk mempercepat alur kerja.

Cara Zoom di Photoshop (Zoom In dan Zoom Out Gambar)

Melihat Level Zoom

Pertama, mari kita pelajari di mana menemukan level zoom saat ini di Photoshop. Sebelum kita memperbesar dan memperkecil gambar, ada baiknya untuk mengetahui apa sebenarnya level zoom kita saat ini. Photoshop menampilkan level zoom di dua lokasi berbeda. Yang pertama ada di tab dokumen tepat di atas gambar. Anda akan menemukan level zoom di sebelah kanan nama file. Di sini kita melihat bahwa gambar saya saat ini sedang dilihat pada ukuran tampilan 25%.

Cara Zoom di Photoshop

Tempat kedua untuk menemukan level zoom saat ini adalah di sudut kiri bawah jendela dokumen. Sekali lagi, ini menunjukkan bahwa Anda melihat gambar pada 25% dari ukuran sebenarnya:

2. Cara Zoom di Photoshop

Mengubah Level Zoom

Mengapa ada dua tempat untuk menunjukkan informasi yang sama? Nah, level zoom yang ditampilkan di tab dokumen di bagian atas hanya untuk tujuan informasi. Dengan kata lain, sebenarnya tidak dapat mengubah level zoom dari tab. Tapi kita bisa mengubah level zoom dari pojok kiri bawah.

Katakanlah Anda ingin memperbesar gambar dengan meningkatkan level zoom dari 25% menjadi 50%. Untuk mengubah level zoom, klik level saat ini untuk menyorotnya. Kemudian, masukkan nilai baru. Saya akan klik untuk menyorot “25” dan akan mengubahnya menjadi “50”. Tidak perlu mengetikkan simbol persen (%) karena Photoshop menyertakannya secara otomatis.

3. Cara Zoom di Photoshop

Untuk melakukan perubahan, tekan Enter (Win) / Return (Mac) pada keyboard dan Photoshop langsung melompat ke level zoom baru:

4. Cara Zoom di Photoshop

Cara Menjaga Level Zoom Tetap Fokus

Masalah yang dihadapi setelah menekan Enter (Win) / Return (Mac) untuk menerima nilai baru, kotak input kehilangan fokus. Dengan kata lain, jika kita ingin mencoba level zoom yang berbeda, pertama-tama kita perlu mengklik sekali lagi pada nilai saat ini untuk menyorotnya sebelum mengetikkan nilai baru. Tapi ini cukup bagus. Tekan dan tahan tombol Shift saat Anda menekan Enter (Win) / Return (Mac) untuk menerima nilainya. level zoom akan tetap disorot. Ini memungkinkan Anda mencoba nilai yang berbeda tanpa harus memilih nilai saat ini terlebih dahulu:

5. Cara Zoom di Photoshop

Mengubah Level Zoom Dengan Scrubby Slider

Trik cepat untuk mengubah level zoom adalah mengubah nilainya menggunakan scrubby slider Photoshop. Arahkan kursor mouse Anda ke atas kotak input, lalu tekan dan tahan tombol Ctrl (Win) / Command (Mac) pada keyboard. Kursor mouse akan berubah menjadi ikon slider (tangan kecil dengan panah menunjuk ke kiri dan kanan). Klik pada kotak input, dan dengan menekan tombol mouse Anda, seret ke kiri atau kanan untuk menambah atau mengurangi nilai dalam peningkatan 1%. Atau, tekan Shift+Ctrl (Win) / Shift+Command (Mac) dan seret untuk mengubah nilai kelipatan 10%:

6. Cara Zoom di Photoshop

Pilihan Menu Tampilan

Cara lain untuk mengubah level zoom gambar Anda adalah dari menu View pada Menu Bar di bagian atas layar. Di sini, Anda akan menemukan beberapa opsi yang dikelompokkan bersama yang mengontrol ukuran tampilan gambar:

7. Cara Zoom di Photoshop

Perintah Zoom In dan Zoom Out

Dua opsi pertama, Zoom In dan Zoom Out, adalah yang paling mudah. Pilih Zoom In untuk memperbesar, atau Zoom Out untuk memperkecil.

8. Cara Zoom di Photoshop

Memperbesar Dan Mengecilkan Gambar Secara Bertahap

Setiap kali Anda memilih perintah Zoom In dari menu View, Photoshop akan memperbesar lebih jauh ke dalam gambar dengan peningkatan ukuran tertentu. Misalnya, jika Anda sedang melihat gambar pada level zoom 25%, maka memilih Zoom In akan memperbesar gambar menjadi 33,33%. Memilihnya lagi akan memperbesar hingga 50%, lalu 66,67%, dan kemudian 100%. Tentu saja, Anda dapat terus memperbesar lebih dari 100%. Photoshop memungkinkan kita untuk memperbesar hingga 3200% (walaupun Anda mungkin ingin memeriksakan mata Anda jika Anda perlu memperbesar sedekat itu). Hal yang sama berlaku untuk perintah Zoom Out. Setiap kali Anda memilih Perkecil, Anda akan memperkecil gambar lebih jauh secara bertahap.

Memperbesar Dan Mengecilkan Dari Keyboard

Perintah Zoom In dan Zoom Out Photoshop sangat berguna. Tetapi jika Anda memiliki banyak waktu luang, Anda tidak akan ingin terus naik ke menu View setiap kali Anda perlu memilihnya. Sebaliknya, jika Anda melihat ke kanan opsi Zoom In dan Zoom Out, Anda akan melihat bahwa masing-masing memiliki shortcut keyboard sendiri. Kedua shortcut ini layak untuk diingat karena digunakan sepanjang waktu dalam pekerjaan Photoshop.

Untuk memperbesar gambar Anda dengan cepat, pada PC Windows, tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard Anda dan tekan tanda plus ( + ). Di Mac, tekan dan tahan tombol Command dan tekan tanda plus ( + ). Untuk memperkecil, pada PC Windows, tekan dan tahan tombol Ctrl dan tekan tanda minus (  ). Di Mac, tekan dan tahan tombol Command dan tekan tanda minus (  ). Setiap kali Anda menekan pintasan, Photoshop akan memperbesar atau memperkecil lebih jauh menggunakan peningkatan spesifik yang saya sebutkan sebelumnya (25%, 33,33%, 50%, dan seterusnya).

Memperbesar atau Mengecilkan Dari Pusat Gambar

Masalah pada perintah Zoom In dan Zoom Out adalah bahwa mereka tidak menawarkan kontrol atas bagian mana dari gambar yang kita perbesar (atau dari). Mereka hanya memperbesar atau memperkecil dari tengah gambar. Di sini, saya telah menekan shortcut keyboard beberapa kali untuk memperbesar foto. Seperti yang bisa kita lihat, Photoshop hanya memperbesar bagian tengah gambar, yang difokuskan di sisi wajah wanita. Jika tujuan Anda adalah mengubah warna matanya , misalnya, ini tidak akan banyak membantu. Untuk mengontrol bagian mana dari gambar yang kita perbesar, kita perlu menggunakan cara yang berbeda.

9. Cara Zoom di Photoshop

Mode Tampilan “Fit on Screen”

Tepat di bawah opsi Zoom In dan Zoom Out di menu View adalah opsi ketiga, Fit on Screen . Ini juga memiliki shortcut keyboard yang dapat Anda hafal. Pada PC Windows, itu Ctrl+0 . Di Mac, itu Command+0 :

10. Cara Zoom di Photoshop

Fit on Screen memberitahu Photoshop untuk langsung melompat ke level zoom yang diperlukan agar gambar sepenuhnya sesuai dengan batas-batas jendela dokumen. Ini berguna untuk menarik kembali pandangan sekilas setelah diperbesar pada detail yang lebih kecil.

11. Cara Zoom di Photoshop

“100%” View Mode

Pilihan lain yang sangat bermanfaat di bawah menu View adalah 100% (dikenal sebagai “Actual Pixels” di versi Photoshop sebelumnya), memiliki shortcut keyboard Ctrl+1 (Win) / Command+1 (Mac).

12. Cara Zoom di Photoshop

Mode tampilan 100% langsung meningkatkan level zoom Anda menjadi 100%. Pada level ini, setiap piksel dalam gambar mengambil tepat satu piksel di layar Anda. Manfaat melihat gambar Anda pada 100% adalah bahwa ini adalah satu-satunya level zoom yang memungkinkan kami melihat detail penuh dari gambar kami. Jika gambar Anda lebih besar dari resolusi tampilan layar, Anda hanya melihat sebagian gambar dalam satu waktu. Untuk melihat sisanya, kita memerlukan cara untuk menggeser dan menggulir gambar di dalam jendela dokumen.

13. Cara Zoom di Photoshop

Zoom Tool

Zoom tool merupakan alat untuk memperbesar dan memperkecil yang memberi Anda kendali penuh atas bagian gambar mana yang ingin Anda lihat . Anda akan menemukan Zoom Tool di dekat bagian bawah Toolbar di sepanjang kiri layar (ini adalah tools dengan ikon kaca pembesar). Klik pada Zoom Tool, Anda juga dapat memilih Zoom Tool dengan menekan huruf Z (untuk “Zoom”) pada keyboard Anda.

14. Cara Zoom di Photoshop

Dengan Zoom Tool, kursor mouse Anda akan berubah menjadi kaca pembesar dengan tanda plus di tengahnya. Tanda plus berarti bahwa Zoom Tool saat ini disetel ke mode “Zoom In” (berlawanan dengan mode “Zoom Out”). Ini adalah mode default untuk Zoom Tool.

15. Cara Zoom di Photoshop

Perbesar Dengan Zoom Tool

Untuk memperbesar bagian tertentu dari gambar, cukup posisikan Zoom Tool di atas area tersebut dan klik. Klik berulang kali di tempat yang sama untuk memperbesar lebih dekat.

16. Cara Zoom di Photoshop

Perkecil Dengan Zoom Tool

Untuk memperkecil gambar dengan Zoom Tool, tekan dan tahan tombol Alt (Win) / Option (Mac) pada keyboard Anda. Ini untuk mengalihkan Zoom Tool ke mode “Zoom Out”. Anda akan melihat tanda plus di tengah kaca pembesar berubah menjadi tanda minus.

17. Cara Zoom di Photoshop

Dengan menahan tombol Alt (Win) / Option (Mac), memposisikan Zoom Tool di atas area yang ingin Anda perkecil. Klik berulang kali untuk memperkecil lebih jauh. Saat Anda melepaskan tombol Alt (Win) / Option (Mac), Zoom Tool akan kembali ke mode default “Zoom In”.

18. Cara Zoom di Photoshop

Mengakses Zoom Tool Dari Keyboard

Daripada memilih Zoom Tool dari Toolbar setiap kali Anda membutuhkannya, cara yang lebih cepat adalah mengakses Zoom Tool melalui keyboard. Kita telah melihat bahwa kita dapat memilih Zoom Tool dengan menekan huruf Z. Tetapi itu bukan cara terbaik karena membiarkan Zoom Tool tetap aktif sampai Anda memilih tools yang berbeda.

Cara yang lebih baik adalah beralih ke Zoom Tool dengan menekan dan menahan Ctrl+spasi (Win) / Command+spasi (Mac) pada keyboard Anda. Ini mengalihkan Anda ke Zoom Tool dari alat mana pun yang aktif, memungkinkan Anda mengeklik area gambar untuk memperbesar. Setelah memperbesar, lepaskan tombol untuk beralih kembali ke alat yang sebelumnya aktif sehingga Anda dapat menyimpan dan bekerja tanpa melompat-lompat. Jika Anda ingin memperkecil gambar, tekan dan tahan Ctrl+Alt+spasi (Win) / Option+spasi (Mac) pada keyboard Anda untuk mengakses Zoom Tool sementara dalam mode “Zoom Out”. Klik pada gambar untuk memperkecil, lalu lepaskan tombol untuk beralih kembali ke tools sebelumnya.

Menggunakan Zoom Tool Terus Menerus

Cara lain untuk menggunakan Zoom Tool adalah dengan memanfaatkan fitur yang dikenal sebagai Continuous Zoom. Pertama, pilih Zoom Tool baik dari Toolbar atau melalui shortcut keyboard. Klik di tempat yang ingin Anda perbesar dan tahan tombol mouse Anda. Photoshop akan memperbesar secara terus menerus ke arah tempat itu sampai Anda melepaskan tombol mouse Anda. Tambahkan tombol Alt (Win) / Option (Mac) Anda untuk memperkecil terus menerus hingga Anda melepaskan tombol mouse Anda.

Menggunakan Scrubby Zoom

Ada juga cara untuk memperbesar lebih cepat gambar Anda dengan menggunakan Scrubby Zoom Photoshop. Scrubby Zoom adalah cara favorit pengguna Photoshop untuk bekerja. Dengan Zoom Tool, klik tempat yang ingin Anda perbesar. Segera setelah Anda mengklik, dengan tombol mouse Anda masih ditekan, seret mouse Anda ke kiri atau kanan. Menyeret ke kanan akan memperbesar. Seret ke kiri untuk memperkecil. Jika Anda menyeret dengan cepat, Anda akan memperbesar dengan cepat. Jika Anda menyeret perlahan, Anda akan memperbesar perlahan tetapi Anda akan mendapatkan kontrol yang sangat tepat atas tingkat zoom Anda. Demikian juga, jika Anda mengklik dan menyeret mouse dengan cepat ke kiri, Anda akan memperkecil dengan cepat dari tempat yang Anda klik. Menyeret lebih lambat ke kiri akan memberi Anda kontrol level zoom saat Anda memperkecil gambar.

19. Cara Zoom di Photoshop

Memperbesar Dengan Scroll Wheel

Cara lain untuk mendapatkan kontrol yang lebih baik atas level zoom Anda adalah dengan menggunakan scroll wheel menggunakan mouse Anda. Arahkan kursor mouse Anda ke area yang ingin Anda perbesar atau perkecil. Kemudian, tekan dan tahan tombol Alt (Win) / Option (Mac) pada keyboard Anda dan scroll roda mouse Anda ke atas atau ke bawah. Scroll ke atas untuk memperbesar atau ke bawah untuk memperkecil. Scroll cepat atau lambat untuk mengontrol kecepatan zoom Anda. Hal yang menyenangkan tentang trik ini adalah Anda tidak perlu memilih Zoom Tool.

20. Cara Zoom di Photoshop

Memilih Area Dengan Alat Zoom

Beberapa saat yang lalu, kita belajar bagaimana menggunakan fitur Scrubby Zoom Photoshop, yang memungkinkan kita memperbesar dan memperkecil gambar dengan mengklik dan menyeret ke kiri atau kanan. Secara default, Scrubby Zoom diaktifkan, tetapi kami sebenarnya dapat menonaktifkannya untuk cara lain memperbesar gambar. Dengan memilih Zoom Tool, Anda akan menemukan opsi Scrubby Zoom di Options Bar di bagian atas layar.

21. Cara Zoom di Photoshop

Dengan menonaktifkan Scrubby Zoom, Zoom Tool berfungsi seperti Rectangular Marquee Tool Photoshop. Cukup klik dan seret kotak pilihan di sekitar area yang ingin Anda perbesar.

22. Cara Zoom di Photoshop

Saat Anda melepaskan tombol mouse, Photoshop langsung memperbesar area yang Anda pilih dan memusatkannya di layar. Anda dapat beralih kembali ke perilaku Scrubby Zoom kapan saja dengan mencentang opsi lagi di Options Bar.

23. Cara Zoom di Photoshop

Menggeser Objek Foto/Gambar di Photoshop

Hand Tool

Sekarang setelah kita tahu cara memperbesar dan memperkecil gambar, mari pelajari cara menggeser gambar di dalam jendela dokumen. Masalah saat kita memperbesar gambar adalah kita hanya dapat melihat bagian dari gambar yang telah kita perbesar. Sisanya memanjang dari layar. Ketika itu terjadi, kita membutuhkan cara untuk memindahkan dan memposisikan ulang gambar sehingga kita dapat memeriksa pada area yang berbeda. Cara ni dikenal sebagai panning. Untuk menggeser gambar di Photoshop, Anda dapat menggunakan Hand Tool. Anda dapat menemukannya langsung di atas Zoom Tool di dekat bagian bawah Toolbar (alat dengan ikon tangan). Anda juga dapat memilih Hand Tool dari keyboard dengan menekan huruf H.

24. Cara Zoom di Photoshop

Dengan Hand Tool dipilih, kursor mouse Anda berubah menjadi ikon tangan:

25. Cara Zoom di Photoshop

Untuk menggeser dari satu bagian gambar ke bagian lain, klik Hand Tool, tahan tombol mouse Anda, dan seret gambar di dalam jendela dokumen. Anda dapat memindahkan gambar ke segala arah.

26. Cara Zoom di Photoshop

Akses Hand Tool dari Keyboard

Sama seperti Zoom Tool, memilih Hand Tool dari Toolbar bisa memakan banyak waktu. Menggunakan shortcut keyboardnya (“H”) tidak membantu, karena bagaimanapun juga, Hand Tool tetap aktif sampai kita memilih tools yang berbeda. Untungnya, Photoshop memberi kita opsi yang lebih baik dan lebih cepat, yaitu dengan memilih Hand Tool untuk sementara. Untuk beralih ke Hand Tool saat alat lain aktif, tekan dan tahan spacebar (spasi) pada keyboard Anda. Klik dan seret gambar untuk memindahkannya, lalu lepaskan spacebar untuk beralih kembali ke tools yang sebelumnya aktif.

Scroll Gambar Menggunakan Scroll Bars

Ada juga beberapa cara untuk menggulir gambar ke atas, bawah, kiri atau kanan. Cara yang paling jelas adalah dengan menggunakan bilah gulir di sepanjang kanan dan bawah jendela dokumen.

27. Cara Zoom di Photoshop

Scrolling Menggunakan Scroll Wheel

Cara lain untuk scroll gambar adalah dengan menggunakan scroll wheel pada mouse Anda. Scroll ke atas pada roda untuk memindahkan gambar ke atas di jendela dokumen, atau gulir ke bawah untuk memindahkannya ke bawah. Tekan dan tahan tombol Ctrl (Win) / Command (Mac) pada keyboard Anda dan scroll ke atas untuk memindahkan gambar ke kiri, atau gulir ke bawah untuk memindahkannya ke kanan.

28. Cara Zoom di Photoshop

TERKAIT: Cara Crop Foto di Photoshop

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here