Cara Mengecilkan Gambar di Photoshop Tanpa Pecah

Cara Mengecilkan Gambar di Photoshop – Proses memperkecil ukuran gambar di Adobe Photoshop hanya sedikit berbeda dengan memperbesar gambar. Seseorang mungkin perlu mengurangi ukuran gambar karena resolusinya terlalu tinggi untuk website, ukuran file terlalu besar untuk dikirim melalui email, atau hanya gambar kecil yang dibutuhkan untuk karya cetak.

Cara Mengecilkan Gambar di Photoshop

1. Pada Photoshop terbuka, buka File > Open dan pilih gambar

2. Buka Image > Image Size

Cara Memperbesar Gambar di Photoshop

3. Akan muncul kotak dialog Image Size seperti gambar di bawah ini.

Cara Memperbesar Gambar di Photoshop

4. Masukkan dimensi piksel, ukuran dokumen, atau resolusi baru.

Cara Mengecilkan Gambar di Photoshop

Gambar asli pada 300ppi. Katakanlah kita ingin menempatkan gambar ini di situs web kita, jadi kita ingin mengubah menjadi hanya 600 x 400 piksel dan dengan resolusi 72ppi. Pertama, kita dapat mengubah resolusi dengan mengetikkan 72, kemudian kita dapat mengubah dimensi piksel dengan memasukkan 600 x 400 sebagai lebar dan tinggi.

5. Pilih Metode Resampling

2. Cara Mengecilkan Gambar di Photoshop

Sebelum menekan OK, Anda dapat memilih metode resampling. Apa artinya? Pada dasarnya, Photoshop akan membuang piksel yang tidak digunakan untuk mengurangi gambar. Dengan memilih Metode Resampling, Anda akan memberi tahu Photoshop untuk mengubah informasi piksel dengan cara yang akan menghasilkan hasil terbaik saat mengurangi ukuran gambar.

  • Bicubic (terbaik untuk gradien halus) – Metode yang sangat tepat untuk menghitung rata-rata piksel di sekitarnya.
  • Bicubic Sharper (terbaik untuk reduksi) – Berdasarkan pengambilan sampel Bicubic dan bekerja paling baik saat mengurangi gambar sambil menjaga detail lebih tajam.┬áJika gambar tampak terlalu tajam, disarankan menggunakan Bicubic.

6. Klik OK untuk melakukan perubahan.

5. Cara Memperbesar Gambar di Photoshop3. Cara Mengecilkan Gambar di Photoshop

Selamat! Anda telah berhasil memperkecil ukuran gambar Anda! Dalam contoh ini, Anda telah mengurangi ukuran gambar dengan mengubah resolusi dari 300 menjadi 72ppi dan mengubah dimensi piksel dari 3000 x 2000 menjadi 600 x 400px. Perhatikan bahwa ketika Anda mengurangi ukuran gambar, ukuran file juga berkurang dari 17.2M (megabyte) menjadi hanya 703.1K (kilobyte)!

TERKAIT: Cara Memperbesar Gambar di Photoshop

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here