Cara Membuat Bayangan di Photoshop

Cara Membuat Bayangan di Photoshop – Menambahkan bayangan ke foto sangat penting untuk membumikan objek pemandangan saat Anda membuat gambar komposit. Pada artikel ini, kita akan membahas cara membuat bayangan di Adobe Photoshop. Baik foto dengan background putih maupun pemandangan alam.

Cara Membuat Bayangan di Photoshop

Cara Membuat Bayangan di Photoshop ke Background Putih

Kanvas putih kosong adalah tempat termudah untuk memulai jika Anda ingin membuat bayangan di Photoshop. Anda dapat mempraktikkan langkah-langkah dasar untuk menciptakan bayangan yang realistis. Background putih sangat khas untuk fotografi produk. Tapi gambar ini tidak mengandung bayangan saat difoto di lightbox. Di sini Anda akan melihat bagaimana membuat drop shadow yang lembut.

1. Cara Membuat Bayangan di Photoshop

Membuat Drop Shadow

Langkah pertama adalah membuat drop shadow.

  1. Cut objek Anda dari gambar lain. Ini akan lebih mudah jika Anda sudah memiliki foto produk yang diambil dengan background putih. Gunakan Object Selection Tool (shortcut keyboard W) untuk mempermudah pemilihan.
  2. Import gambar Anda ke dalam dokumen Photoshop kosong. Dalam dokumen Photoshop ini, Anda ingin background layer baru diset menjadi putih, dan layer untuk menempatkan objek Anda.
  3. Layer dengan objek Anda, klik Layer Effects. Temukan ini di bagian bawah jendela layer Anda. Dikatakan “fx”. Pilih opsi untuk membuat drop shadow. Anda sekarang dapat memanipulasi efeknya. Anda dapat mengubah warna bayangan (defaultnya adalah hitam), opacity, angle, size dan distance.

2. Cara Membuat Bayangan di Photoshop

Berikut adalah pengaturan di kotak Layer Effects.

3. Cara Membuat Bayangan di Photoshop

Drop shadow perlu diregangkan, sehingga tampak lebih realistis.

Jadikan Bayangannya Realistis

Langkah selanjutnya adalah mengubah bayangan itu menjadi bayangan realistis. Ubah drop shadow menjadi layer baru. Sekarang Anda dapat memanipulasinya sendiri. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pada layer yang berisi bayangan Anda. Klik kanan pada simbol fx yang sekarang telah muncul. Pilih Create Layer. Sebuah layer baru akan muncul hanya berisi drop shadow.
  2. Sekarang Anda ingin mengubah arah bayangan. Menggunakan menu dropdown, pilih Edit>Transform>Skew. Gunakan dua titik jangkar teratas untuk menyeret bayangan keluar. Dalam contoh ini, saya akan menyeret bayangan ke kanan. Anda dapat menyesuaikan seberapa banyak Anda ingin bayangan muncul dari samping. Dalam hal ini, kita akan menyeret ke sekitar 45 derajat.
  3. Sekarang bayangannya sangat panjang, jadi Anda bisa menyesuaikannya. Buka ke Edit> Transform> Scale. Anda dapat mengubah panjang bayangan dengan menyeret jangkar atas ke atas atau ke bawah. Dalam hal ini, panjang bayangan telah diperpendek.
  4. Terakhir, Anda harus membengkokkan bayangan, sehingga tetap pas dengan objek yang melemparkannya. Anda harus memastikan bahwa dasar bayangan masih bersentuhan dengan dasar objek. Pilih Edit> Transform> Warp. Seret titik jangkar untuk memastikan bayangan berada di posisi yang benar.

4. Cara Membuat Bayangan di Photoshop

Sentuhan Akhir

Bayangan ini harus lebih kuat, lebih menyebar, lebih terang ke dekat bagian atas. Caranya, buat layer bayangan kedua.

  1. Pilih layer bayangan Anda dan buka Layer>Duplicate Layer(Ctrl atau ⌘J). Anda sekarang memiliki salinannya.
  2. Klik pada lapisan bayangan pertama. Masukkan 90% ke dalam kotak Isi yang ditemukan di dekat bagian atas jendela layer. Ini adalah bagian tergelap dari bayangan. Sekarang, klik pada copy layer dan masukkan 40% ke dalam kotak Fill. Ini adalah bayangan terang. Matikan pilihan ikon mata di sebelah kiri layer untuk melihat perubahan kekuatan bayangan.
  3. Sekarang, sesuaikan ketajaman bayangan dengan lebih menyebar semakin jauh dari objek. Caranya, Anda perlu menambahkan Gaussian blur. Klik pada light shadow layer. Pergi ke Filter> Blur> Gaussian blur. Di kotak dialog, atur radius piksel sekitar 25. Klik pada dark shadow dan tambahkan sekitar 5 piksel blur. Anda dapat membuat bayangan lebih tajam atau lebih menyebar dengan menyesuaikan radius piksel sesuai keinginan Anda.
  4. Terakhir adalah menerapkan gradasi sehingga bayangan Anda berubah dari lebih gelap menjadi lebih terang dengan transisi yang mulus. Pertama, terapkan layer mask putihke bayangan gelap Anda. Anda dapat melakukan ini dengan mengklik Layer Mask di bagian bawah jendela layers. Bentuknya seperti persegi panjang dengan lingkaran di dalamnya. Atau Anda dapat memilih Layer>Layer Mask>Reveal All.
  5. Sekarang, pilih alat gradient di menu sebelah kiri. Pastikan Anda memiliki background diatur ke putih, dan latar depan diatur ke hitam. Pilih titik di sekitar setengah jalan melalui bayangan, dan seret gradasi kembali melalui objek yang memberikan bayangan. Bagian bayangan yang lebih gelap harus lebih dekat ke objek. Semakin banyak efek bayangan, semakin panjang garis yang dibutuhkan. Copy Layer Mask ke light shadow layer dengan menekan tombol option dan menyeret Layer Mask. Balikkan salinan layer mask dengan memilih Image>Adjustments>Invert (Ctrl or ⌘I).

Selesai! Bayangan Anda harus terlihat alami seolah-olah seperti foto asli.

Cara Membuat Bayangan di Photoshop ke Pemandangan Lanskap

Cari Sumber Cahaya

Mengomposisikan gambar menjadi pemandangan yang memiliki cahaya alami membutuhkan perhatian. Salah satu aspek paling penting adalah menambahkan bayangan untuk pergi dengan gambar komposit. Untuk melakukan ini, Anda harus melihat di mana bayangan yang ada dalam adegan jatuh. Itu berarti melihat objek dalam bingkai Anda untuk melihat arah cahaya.

Anda juga harus memastikan bayangan Anda cocok dengan warna bayangan lain dalam pemandangan Anda. Dalam pemandangan yang dipilih untuk tutorial ini, cahaya berada di depan kamera.

5. Cara Membuat Bayangan di Photoshop

Tempelkan Objek Anda Ke Pemandangan

Objek kita adalah seseorang, tetapi kita perlu menambahkan bayangan. Berikut caranya:

  1. Buat layer baru di Photoshop dan kemudian tempel objek atau orang ke dalam pemandangan.
  2. Ubah ukuran objek agar sesuai dengan pemandangan. Caranya, buka Edit>Free Transform (Ctrl atau ⌘ T)Sekarang seret titik jangkar untuk menyesuaikan ukuran objek. Tahan tombol shift ke bawah untuk menjaga tetap proporsional. Dalam contoh, digunakan pagar sebagai titik acuan untuk tinggi model.
  3. Gunakan move tool untuk tempatkan objek atau orang di tempat pemandangan.

6. Cara Membuat Bayangan di Photoshop

Bentuk Bayangan Anda

  1. Di layer dengan objek Anda, tambahkan Drop Shadow Effect (ikon fx). Ubah warna, opacity, angle, size, dan distance sehingga masuk akal dalam gambar Anda. Jika Anda memiliki gambar dengan bayangan yang sudah ada, cocokkan warnanya saat membuat yang baru. Gunakan dropper tool.
  2. Klik kanan pada simbol fx yang muncul di layer Anda dan pilih Create Layer. Sebuah layer baru akan muncul berisi drop shadow.
  3. Gunakan transform tools yang dijelaskan di atas (skew, scale, dan wrap) untuk menyesuaikan bayangan pada gambar. Kali ini kita ingin membawa bayangan ke depan, karena sumber cahaya utama datang dari balik hutan bambu. Dalam foto ini, kita menjaga bayangan di dalam bingkai, dan mendorongnya sedikit ke kiri. Ambil jangkar atas dan seret ke depan, lalu perpanjang bayangan sesuai keinginan Anda. Anda mungkin sekali lagi perlu menggunakan fungsi warp dalam transformasi untuk memastikan bayangan masih terhubung ke model.
  4. Jika sumber cahaya berada di belakang objek, Anda bisa membalik bayangan secara vertikal terlebih dahulu dengan membuka Edit>Transform>Flip Vertical.

7. Cara Membuat Bayangan di Photoshop

Melembutkan Bayangan

Sekarang, Anda harus melunakkan bayangan. Gunakan prosedur yang sama seperti sebelumnya dengan mengikuti langkah-langkah di bagian “Sentuhan Akhir” dari artikel ini. Ubah Fill dan tambahkan Layer Mask dengan gradient tool.

Perbedaan utama di sini adalah bayangan dalam foto ini akan lebih menyebar. Dalam kotak Gaussian blur untuk bayangan yang lebih gelap, radius piksel diatur ke 25, dan bayangan yang lebih terang diatur ke 50.

8. Cara Membuat Bayangan di Photoshop

Kesimpulan

Menambahkan Efek Layer Drop Shadow sangat mudah di Photoshop. Triknya adalah mengatur efeknya, agar terlihat natural. Ada tiga langkah kunci:

  1. Tambahkan layer baru dari layer effect.
  2. Sesuaikan size dan shape layer untuk membuat bayangan lebih realistis.
  3. Gunakan alat gradien untuk memudarkan bayangan. Anda bisa menggunakan teknik cara membuat bayangan di Photoshop ini dan mencobanya sendiri.

Dapatkan Aplikasi Adobe Original dari situs resmi Adobe Creative Cloudimg

TERKAIT: 4 Cara Membuat Blur Background Foto di Photoshop

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here