Cara Cek Versi Windows 10 di Komputer Anda

Microsoft merilis versi baru Windows 10 kira-kira setiap enam bulan. Namun, tidak semua orang mendapatkannya sekaligus. Berikut cara cek versi Windows 10 di PC Anda, apakah sudah mendapatkan versi Windows 10 terbaru atau belum.

Microsoft perlahan meluncurkan update ke PC, dengan hati-hati mengukur apakah ada masalah yang terjadi setiap kali ada update. Misalnya, hardware di satu laptop mungkin memiliki masalah driver yang perlu diperbaiki sebelum berfungsi dengan baik dengan versi baru Windows 10. Beberapa PC mungkin menjalankan software keamanan yang memerlukan perubahan agar berfungsi pada versi yang lebih baru Windows 10.

Karena strategi update Microsoft yang sangat hati-hati, beberapa PC mungkin tidak mendapatkan update terbaru selama satu tahun atau lebih.

Apakah Versi Terbaru Windows 10 Itu Penting?

Sejujurnya, bagi kebanyakan orang, memiliki versi terbaru Windows 10 atau belum memiliki versi terbaru bukan menjadi masalah. Kecuali jika Anda mengalami masalah atau menginginkan fitur baru, Anda mungkin harus menggunakan versi Windows Updates pada sistem.

Microsoft terus memperbarui versi Windows 10 yang lebih lama dengan update keamanan untuk beberapa waktu. Ketika versi Windows 10 tidak lagi mendapatkan update keamanan, update Windows cukup agresif untuk meningkatkan ke versi yang lebih baru.

Dengan kata lain, kebanyakan orang tidak perlu peduli apakah mereka menggunakan versi terbaru atau tidak.

Cara Cek Versi Windows 10

Karena itu, Anda mungkin menginginkan versi terbaru Windows 10 karena berbagai alasan: untuk mendapatkan fitur baru, untuk mendapatkan kompatibilitas dengan program tertentu, untuk memperbaiki bug yang Anda alami di versi lama, untuk menguji software rilis terbaru, atau menggunakan sistem operasi terbaru.

Untuk memeriksa versi mana yang telah Anda instal di PC Anda, buka jendela Pengaturan dengan membuka menu Start. Klik roda gigi “Settings” di sisi kiri atau tekan Windows + i.

 

3. Cara Cek Versi Windows 10 Komputer Anda

Arahkan ke System > About di jendela Pengaturan.

Lihat di bawah spesifikasi Windows untuk “Version” yang telah Anda instal. (Pada versi Windows 10 yang lebih lama, layar ini mungkin terlihat sedikit berbeda, tetapi menampilkan informasi yang sama.)

Catatan: Tanggal “Installed on” tidak selalu mencerminkan tanggal ketika update terbaru diinstal. Misalnya, 20H2 adalah update yang lebih kecil dan banyak orang memperhatikan bahwa mereka menjalankan versi 20H2 tetapi “Installed on” menunjukkan tanggal sebelum Oktober 2020, ketika update dirilis. Sebaliknya, tanggal tersebut mungkin menunjukkan tanggal ketika 20H1 diinstal.

1. Cara Cek Versi Windows 10 Komputer Anda

Cara Mendapatkan Versi Terbaru Windows 10

Jika nomor tidak cocok, Anda memiliki versi Windows 10. Untuk memutakhirkan PC Anda ke versi terbaru, kunjungi halaman Microsoft’s Download Windows 10 dan klik tombol “Update Now” untuk mengunduh Microsoft’s Update Assitant. Jalankan alat yang diunduh — jika versi baru Windows 10 tersedia, alat tersebut akan mencari dan menginstalnya.

Untuk memeriksa apakah Anda memiliki versi terbaru Windows 10 di PC, Anda dapat mengunduh dan menjalankan alat Microsoft ini. Jika versi baru tersedia, alat akan menawarkan untuk menginstalnya. Jika Anda menginstal versi terbaru, alat akan memberi tahu Anda.

Peringatan: Dengan menjalankan Upgrade Assistant, Anda memaksa Windows 10 untuk meningkatkan dirinya sendiri. Meskipun ada masalah yang diketahui dengan update di komputer Anda, Windows akan mengabaikan masalah tersebut dan tetap menginstal update. Microsoft menganjurkan agar Anda memeriksa masalah yang diketahui mempengaruhi sistem Anda terlebih dahulu.

2. Cara Cek Versi Windows 10 Komputer Anda

Anda dapat menghapus update  jika mengalami masalah — dengan asumsi komputer Anda masih boot dengan benar. Namun, Anda harus menghapus update dalam sepuluh hari pertama setelah melakukan instalasi.

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here