Cara Update Driver Windows 10

Cara Update Driver Windows 10 – Menjaga PC agar tetap berforma tinggi harus menjadi prioritas utama. Tanpa desktop dan laptop, Anda tidak dapat mengedit video resolusi tinggi, atau membuat presentasi. Smartphone memang bagus, tetapi tidak memiliki kemampuan multitasking yang memadai.

Untuk menjaga performa PC Anda tetap baik, pastikan untuk mengupdate driver. Berikut adalah cara mengupdate driver Windows 10 sehingga PC Anda tetap optimal

Cara Update Driver Windows 10

1. Menggunakan Windows Updates

Cara Update Driver Windows 10

Tidak hanya updates patch kelemahan Windows 10, tetapi juga menginstal driver baru untuk komponen seperti audio, bluetooth, layar, dan banyak lagi. Berikut cara tercepat dan termudah untuk mengupdate driver.

Langkah 1: Pilih kotak pencarian di taskbar dan ketik “Updates.” akan muncul opsi yang  Check for Updates. Kemudian pilih ini untuk memulai.

Langkah 2: Bagian Windows Updates akan muncul dengan informasi tentang update yang hilang atau tindakan lain yang diperlukan. Anda dapat memilih Check for Updates untuk menyegarkan opsi pencarian. Jika update tersedia, tutup aplikasi Anda yang lain dan mulai lakukan update. Meskipun Anda mengaktifkan update otomatis, periksa untuk memastikan bahwa Anda tidak perlu mengulang update.

Pada tahun 2020, Microsoft memisahkan update driver dari update sistem operasi Windows untuk mengurangi update bugs.

2. Menggunakan OEM’s Proprietary Software

2. Cara Update Driver Windows 10

Banyak desktop dan laptop dibuat menyertakan program desktop berpemilik yang mendownload dan menginstal update driver. Pada menu Start, biasanya terdaftar di bawah nama OEM (original equipment manufacturer), seperti Dell atau HP. Jalankan program ini untuk melihat apakah pabrikan menyediakan update terbaru, termasuk peningkatan BIOS.

Penting untuk diperhatikan di sini adalah bahwa driver ini dioptimalkan untuk sistem spesifik Anda. Anda akan melihat update pada BIOS PC Anda, komponen jaringan, grafik onboard (dan hardware lainnya). Meskipun Anda dapat mengunjungi website produsen komponen dan mendownload driver terbaru, menggunakan driver yang dikeluarkan oleh pabrikan PC Anda adalah proses yang lebih efisien.

3. Menggunakan Device Manager

Cara lain untuk mengupdate driver perangkat adalah melalui Device Manager. Di sini, kita perlu membagi menjadi dua bagian: Microsoft dan Produsen. Meskipun Microsoft menawarkan driver terbaru yang kompatibel dengan Windows 10, itu mungkin bukan yang terbaru dikeluarkan untuk komponen tersebut, seperti hotfix atau driver beta.

Microsoft

3. Cara Update Driver Windows 10

Langkah 1: Klik kanan pada tombol Start. Buka Device Manager. 

Langkah 2: Klik Panah di sebelah kategori hardware yang ingin Anda update, seperti Bluetooth atau Storage Controllers. Tindakan ini memperluas kategori untuk mencantumkan komponen yang ingin Anda update.

Langkah 3: Klik kanan pada komponen dan pilih Update Driver pada menu pop-up.

Langkah 4: Pilih opsi Search Automatically for Updated Driver Software pada jendela berikut.

4. Cara Update Driver Windows 10

Windows 10 akan memindai driver Microsoft saat ini untuk melihat apakah komponen tersebut memiliki driver yang lebih baru. Jika tidak, Anda akan melihat pesan yang berbunyi, “The best drivers for your device are already installed.”

Pabrikan

5. Cara Update Driver Windows 10

Langkah 1: Klik kanan pada tombol Start. Buka Device Manager.

Langkah 2: Klik Panah di sebelah kategori hardware yang ingin Anda update, seperti Bluetooth atau Storage Controllers. Tindakan ini memperluas kategori untuk mencantumkan komponen yang ingin Anda update.

Langkah 3: Klik kanan pada komponen dan pilih Update Driver pada menu pop-up.

Langkah 4: Pilih opsi Browse My Computer for Driver Software pada layar berikut.

 

6. Cara Update Driver Windows 10

Langkah 5: Klik tombol Browse untuk membuka File Explorer dan temukan driver yang Anda download. Pastikan opsi Include Subfolders dicentang agar Windows 10 menemukan file INF yang benar.

Langkah 6: Klik tombol Next untuk memulai update.

7. Cara Update Driver Windows 10

4. Update graphics — AMD

8. Cara Update Driver Windows 10

Anda dapat mengupdate grafik Radeon dengan dua cara: Melalui klien desktop AMD atau dengan mendownload rangkaian driver langsung dari website perusahaan. Berikut adalah tautannya:

  • Radeon Software Adrenalin 2020 Edition: Klien desktop ini mengirimi Anda pemberitahuan ketika driver baru tersedia. Anda juga dapat mengklik ikon Roda Gigi yang terletak di sudut kanan atas, diikuti oleh tab System. Kemudian Anda akan melihat opsi Check for Updates. Perhatikan bahwa edisi 2020 saat ini mendukung update dan cards 2021.
  • Depot driver AMD Radeon: Cukup download paket dan luncurkan installer — tidak diperlukan Windows Update atau Device Manager.

5. Update graphics — Nvidia

9. Cara Update Driver Windows 10

Seperti AMD, Anda dapat mengupdate driver GeForce Nvidia dengan dua cara: Melalui klien desktop Nvidia atau dengan mendownload rangkaian driver langsung dari website resmi perusahaan. Berikut adalah linknya:

  • GeForce Experience: Klien desktop ini mengirimkan pemberitahuan saat driver baru tersedia. Anda juga dapat mengkliktab Drivers untuk memeriksa secara manual.
  • Depot driver Nvidia GeForce: Cukup unduh paket dan luncurkan installer — tidak diperlukan Windows Update atau Device Manager.

6. Update graphics — Intel

Intel saat ini tidak menawarkan grafik diskrit di desktop. Sebaliknya, GPU cores terintegrasi ke dalam CPU. Namun, Anda dapat mengupdate driver secara manual menggunakan Intel Driver & Support Assistant tool.

Setelah Anda menginstal produk Anda, klik tombol Launch biru untuk memeriksa update driver. Aplikasi akan memindai sistem dan membuka jendela browser. Kemudian akan mencantumkan driver terbaru yang tersedia untuk PC Anda. Jika tidak ada versi yang lebih baru yang tersedia, ada pesan berbunyi, “Your Intel drivers and software are up to date.”

Peringatan! Jangan gunakan klien pihak ketiga

Apa pun yang Anda lakukan, jangan pernah mencoba merombak driver menggunakan opsi update software pihak ketiga. Tidak peduli berapa banyak kredensial atau testimoni yang dimiliki perusahaan, tidak ada jaminan bahwa software mereka aman. Bisa saja corrupt atau berbahaya. Kecuali Anda ahli dalam software security, tapi tidak sebanding dengan risikonya.

Mnedownload driver tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun karena driver pabrikan  gratis untuk didownload dan diinstall. Metode yang tercantum di atas merupakan cara teraman Anda untuk mengupgrade driver komputer Anda.

TERKAIT: Cara Meningkatkan Virtual Memory di PC Windows 10

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here