Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Tablet di Windows 10

Secara default, Windows 10 secara otomatis beralih ke mode tablet saat Anda mengkonfigurasi ulang PC yang dikonversi menjadi bentuk tablet. Jika Anda lebih suka mengaktifkan atau menonaktifkan mode tablet di Windows 10 secara manual, ada beberapa cara untuk melakukannya.

Cara Kerja Mode Tablet di Windows 10

Jika Anda menggunakan laptop konvertibel 2-in-1 yang dapat berubah dari faktor bentuk laptop dengan keyboard menjadi tablet — baik dengan melepas keyboard, melipat layar ke belakang, atau tindakan lainnya, mode tablet Windows 10 akan memicu secara otomatis saat Anda melakukan tindakan itu.

Jika Anda tidak menyukai fitur ini dan ingin menonaktifkannya, Anda dapat mengubahnya dengan mudah di Pengaturan Windows. Cukup buka “Settings” dan navigasikan ke System > Tablet, lalu pilih “Don’t switch to tablet mode” pada menu drop-down.

1. Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Tablet di Windows 10

Setelah mode tablet otomatis dinonaktifkan, Anda dapat memicu mode tablet secara manual menggunakan metode di bawah ini.

Baca: Cara Memilih Warna Kustom Start Menu Windows 10

Alihkan Mode Tablet Menggunakan Action Center

Jika Anda ingin mengaktifkan atau menonaktifkan mode tablet secara manual, Windows 10 Action Center mungkin adalah cara tercepat. Pertama, buka “Action Center” dengan mengetuk atau mengklik tombol notifikasi di sudut bilah tugas. Saat menu Action Center muncul, pilih tombol “Tablet Mode“.

2. Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Tablet di Windows 10

Tombol ini berfungsi sebagai toggle: Jika mode tablet mati saat Anda menggunakannya, tombol akan menyalakannya. Jika mode tablet aktif, tombol yang sama akan mematikannya.

Alihkan Mode Tablet Menggunakan Pengaturan Windows

3. Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Tablet di Windows 10 1

Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan mode tablet menggunakan Pengaturan Windows. Pertama, buka “Settings“, lalu buka System > Tablet.

Di setelan “Tablet“, klik “Change additional tablet settings”.

4. Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Tablet di Windows 10

Dalam “Change additional tablet settings”, Anda akan melihat tombol berlabel “Mode tablet”. Nyalakan “On” untuk mengaktifkan mode tablet, dan “Off” untuk menonaktifkan mode tablet.

5. Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Tablet di Windows 10

Setelah itu, keluar dari pengaturan. Dan ingat bahwa Anda dapat beralih ke mode tablet lebih cepat menggunakan shortcut Action Center yang ditunjukkan di bagian sebelumnya. Selamat mencoba!

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here