Cara Screenshot iPhone 13, 13 Pro, dan 13 Pro Max

Screenshot iPhone 13 – Jika Anda menggunakan iPhone 13, Anda akan sedikit bingung bagaimana cara screenshot iPhone 13, karena tidak ada tombol home yang membuat proses pengambilan screenshot iPhone 13 berbeda dengan iPhone lama.

iPhone 13 dan iPhone 13 Pro tidak memiliki tombol home, Apple menggunakan tombol fisika yang berbeda pada perangkatnya untuk mengambil screenshot.

Cara Screenshot iPhone 13, 13 Pro, dan 13 Pro Max

Cara Screenshot iPhone 13 Menggunakan Tombol

Langkah 1: Tekan tombol Samping dan tombol Volume Naik

Tekan tombol  Volume Naik dan Tombol Samping (sebelumnya dikenal sebagai tombol Sleep) secara bersamaan di iPhone 13 Pro. Setelah Anda melepaskan tombol, iphone 13 akan melakukan screenshot.

1. Cara Screenshot iPhone 13, 13 Pro, dan 13 Pro Max

Langkah 2: Edit Screenshot 

Anda akan mendengar suara rana kamera dan preview screenshot  akan muncul di sudut kiri bawah. Ketuk di atasnya dan Anda akan melihat opsi untuk mengedit hasil screenshot  menggunakan teks, tanda tangan, panah, dan memotong hasil screenshot.

Langkah 3: Bagikan Screenshot 

Ketuk dan tahan preview untuk langsung melompat ke lembar Share dan kirim screenshot  ke aplikasi pilihan Anda. Anda juga dapat mengabaikan preview screenshot. Screenshot  akan disimpan secara otomatis di album Screenshot pada aplikasi Foto.

Cara Screenshot iPhone 13 Menggunakan Assistive Touch

Assistive Touch adalah tools untuk mengakses beberapa menu yang paling sering Anda gunakan di iOS. Jika Anda ingin mengambil screenshot hanya dengan satu tangan, Anda dapat melakukannya dengan Assistive Touch.

Langkah 1. Aktifkan Assistive Touch

Aktifkan Assistive Touch dengan masuk ke  Settings -> Accessibility -> Touch -> Assistive Touch  dan aktifkan opsi Assistive Touch. Anda akan melihat tombol semi-transparan ditambahkan ke layar Anda. Ini adalah tombol Assistive Touch.

2. Cara Screenshot iPhone 13 13 Pro dan 13 Pro

Langkah 2. Sesuaikan Menu Tingkat Atas

Ketuk Customize Top Level Menu. Kemudian ketuk ikon Custom (yang berbintang) dan pilih screenshot  dari daftar. Tombol screenshot  akan ditambahkan ke Menu Assistive Touch. Anda juga dapat mengetuk ikon default apa pun untuk menggantinya dengan tombol screenshot  atau opsi lain apa pun dari daftar.

3. Cara Screenshot iPhone 13 13 Pro dan 13 ProLangkah 3. Ambil Screenshot Dengan Assistive Touch

Dengan opsi screenshot yang ditambahkan ke menu Assistive Touch, Anda dapat mengambil screenshot  dengan satu tangan kapan saja dengan mengetuk tombol Assistive Touch diikuti dengan tombol screenshot.

Cara Screenshot iPhone 13 Menggunakan Siri

Jika Anda ingin mengambil screenshot secara handsfree, Anda dapat menggunakan Siri. Panggil Siri menggunakan perintah suara ‘Hey Siri’ atau tekan lama tombol Samping/tombol Power.

Anda akan melihat interface Siri yang disederhanakan di bagian bawah, yang menunjukkan bahwa asisten mendengarkan perintah Anda. Minta Siri untuk mengambil screenshot. Anda akan melihat preview di sudut kiri bawah.

4. Cara Screenshot iPhone 13 13 Pro dan 13 Pro

Anda dapat meminta Siri untuk membuka aplikasi Foto, dan akan membawa Anda ke menu foto yang baru ditambahkan.

Melihat Hasil Screenshot iPhone 13

Anda dapat menemukan semua hasil screenshot iPhone 13 di album screenshot  di dalam aplikasi Foto. Setiap screenshot  yang Anda ambil akan ditambahkan ke album ini secara otomatis. Cukup buka aplikasi Photos, ketuk tab Albums. Gulir ke bawah ke Media Types, dan Anda akan menemukan album Screenshot dalam daftar. Anda juga dapat mengakses semua screenshot  dari menu Recents di aplikasi Photos.

TERKAIT: Cara Screenshot iPhone 12

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here