Cara Merekam Video di Zoom Meeting

Jika Anda mengadakan rapat di Zoom, Anda mungkin ingin merekamnya untuk arsip di masa mendatang. Jika Anda adalah peserta rapat, Anda harus izin dari penyelenggara (Co Host) sebelum Anda melakukan perekaman. Berikut cara merekam Video di Zoom Meeting.

Cara Merekam Video di Zoom Meeting

Secara default, hanya penyelenggara video call yang diizinkan untuk merekam rapat dalam Zoom. Saat Anda sudah siap, buka Zoom dan siapkan rapat. Anda dapat melakukan ini dengan memilih tombol “New Meeting” di beranda dan kemudian mengundang peserta yang relevan untuk bergabung dalam rapat.

Baca: Cara Menyiapkan Rapat Baru Pakai Zoom

Setelah rapat disiapkan dan peserta hadir, Anda dapat mulai merekam rapat dengan memilih tombol “Record” di bagian bawah jendela. Alternatifnya, Anda dapat menggunakan tombol shortcut Alt + R.

1. Cara Merekam Video di Zoom Meeting

Rekaman sekarang akan dimulai. Anda dapat menjeda perekaman dengan (1) memilih tombol Pause (atau menggunakan Alt + P) atau mengakhiri perekaman dengan (2) memilih tombol Stop (atau menggunakan Alt + R).

2. Cara Merekam Video di Zoom Meeting

Saat rapat selesai, hentikan perekaman dan pilih tombol “End Meeting” di pojok kanan bawah jendela.

3. Cara Merekam Video di Zoom Meeting

Bagaimana Memberikan Izin Merekam kepada Peserta

Jika Anda adalah tuan rumah (Co host) dan ingin mengizinkan salah satu peserta merekam rapat, berikan izin yang diperlukan untuk melakukannya.

Selama konferensi video, pilih opsi “Manage Participants” di bagian bawah jendela.

4. Cara Merekam Video di Zoom Meeting

Daftar peserta akan muncul di panel kanan. Arahkan kursor ke nama peserta yang ingin Anda beri izin merekam, dan tombol “More” akan muncul. Pilih tombol “More“.

5. Cara Merekam Video di Zoom Meeting

Menu drop-down akan muncul. Di sini, pilih “Allow Record“.

6. Cara Merekam Video di Zoom Meeting

Tamu sekarang dapat merekam rapat.

Cara Melihat Rapat yang Direkam

Jika Anda telah merekam rapat yang ingin Anda tonton, buka aplikasi Zoom dan pilih tab “Meetings“.

7. Cara Merekam Video di Zoom Meeting

Di panel kiri, pilih opsi “Recorded“. Sekarang Anda akan melihat daftar meeting yang direkam. Pilih rapat yang ingin Anda lihat dari daftar ini.

8. Cara Merekam Video di Zoom Meeting

Di panel kanan, Anda sekarang memiliki opsi untuk memutar rekaman (dengan atau tanpa video), menghapusnya, atau membuka lokasi file di File Explorer (Windows) atau Finder (Mac).

9. Cara Merekam Video di Zoom Meeting

SUMBERhowtogeek

ARTIKEL POPULER