6 Aplikasi Video Call Gratis

Aplikasi Video Call Gratis – Zoom adalah salah satu aplikasi konferensi video dengan pertumbuhan tercepat. Zoom mudah digunakan untuk menyelenggarakan video call. Namun mengingat masalah keamanan dan privasi tentang Zoom, Anda mungkin ingin mencoba aplikasi alternatif Zoom yang bagus. Semuanya sangat baik untuk panggilan video dengan teman, keluarga, atau konferensi dengan rekanan Anda saat bekerja dari rumah (Work from Home).

Perlu dicatat bahwa meskipun semua aplikasi ini memiliki versi gratis, beberapa menawarkan akses ke fitur tambahan jika Anda membutuhkannya. Daftar berikut mencakup aplikasi yang memungkinkan Anda untuk berpartisipasi tanpa harus mendaftar ke aplikasi tersebut (meskipun beberapa mungkin mengharuskan host untuk mendaftar).

Aplikasi Video Call Gratis

1. Cisco Webex

Cisco Webex

Fitur Utama

  • Hingga 100 peserta.
  • Waktu tidak terbatas untuk setiap pertemuan.
  • Panggilan untuk audio.

Webex adalah aplikasi konferensi video yang sudah ada sejak lama. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1995 dan kemudian diakuisisi oleh Cisco pada tahun 2007. Meskipun telah dikenal sebagai aplikasi bisnis dan terus berfokus untuk melayani perusahaan, Cisco Webex memiliki versi gratis yang sangat bagus yang patut untuk dicoba – terutama karena telah memperluas fitur versi freemium dari 50 menjadi 100 peserta, menghapus batas 40 menit untuk rapat, dan menambahkan kemampuan menelepon.

Selain versi gratisnya, Webex juga menawarkan paket premium mulai dari $ 13,50 per bulan, per host. Paket premium menawarkan fungsionalitas tambahan termasuk penyimpanan cloud, rekaman transkrip, file video rapat yang dapat didownload, link ruang rapat yang dapat disesuaikan, dan banyak lagi. Perusahaan juga menjual berbagai produk konferensi video untuk pengguna bisnis seperti Cisco Webex Room Kit dan Cisco Webex Desk Pro.

2. Skype Meet Now

Skype Meet Now

Fitur Utama

  • Simpan rekaman panggilan hingga 30 hari.
  • Dapat mengaburkan background (jika Anda memiliki aplikasinya).
  • Bagikan presentasi.

Skype dengan audio dan video berkualitas tinggi, telah menjadi platform untuk percakapan satu lawan satu sejak beta dirilis pada tahun 2003. Fitur Meet Now-nya (yang diakses dengan memilih tombol Meet Now di sisi kiri aplikasi) menawarkan konferensi video gratis. Anda bahkan dapat mengunjungi situs web Skype untuk membuat ruang konferensi gratis – tidak perlu mendownload aplikasi.

TERKAIT: Cara Menggunakan Skype

3. Jitsi Meet

Jitsi Meet

Fitur Utama

  • Hingga 75 peserta.
  • Obrolan publik atau pribadi.
  • Dapat mengaburkan background (dalam versi beta).
  • Terintegrasi dengan Slack, Google Kalender, dan Office 365.

Jitsi Meet adalah platform open source yang memungkinkan Anda membuat rapat online dengan cepat dan mudah hanya dengan menavigasi ke situs dan mengklik Go. Jika Anda lebih teknis dan ingin membangun solusi khusus Anda sendiri, Anda dapat melihat Jitsi Videobridge. Namun, perlu dicatat bahwa kebanyakan orang akan puas dengan versi web, yang menawarkan banyak fitur seperti chat, share screen, dan kemampuan untuk “kick” orang yang mengganggu.

Fitur tambahan dari Jitsi Meet termasuk aplikasi untuk iOS dan Android, kemampuan untuk streaming rapat Anda melalui YouTube Live, opsi untuk mengunci meet room Anda dengan password, dan bahkan kemampuan untuk menyematkan panggilan Jitsi Meet Anda di situs web. Plus, karena Jitsi Meet adalah open source dan sepenuhnya gratis untuk digunakan.

4. Google Hangouts

Google Hangouts

Fitur Utama

  • Hingga 10 peserta.
  • Percakapan suara dapat memiliki hingga 150 peserta.

Ingat Google Hangouts ? Nah, meski tidak dipromosikan oleh Google, layanan tersebut tetap tersedia dan gratis untuk digunakan. Anda dapat menggunakan Hangouts untuk melakukan obrolan video maksimal 10 orang. Tidak banyak fiturnya. Anda memiliki akses ke chat teks dan share screen Anda. Namun, jika Anda ingin aplikasi video call yang cepat dan mudah, Google Hangouts patut untuk dicoba.

5. Google Meet

Google Meet

Fitur Utama

  • Hingga 100 peserta.
  • Waktu panggilan tidak terbatas.

Google mengumumkan bahwa mereka membuat alat konferensi video profesionalnya, Google Meet, gratis untuk digunakan. Sampai saat ini, Google Meet terbatas untuk pelanggan G Suite Enterprise, tetapi sekarang hal itu telah berubah, karena siapa pun yang memiliki akun Gmail dapat menggunakannya untuk melakukan video call hingga 100 peserta.

Perusahaan juga mengatakan bahwa semua pengguna, akan dapat mengobrol di Meet selama mereka suka. Setelah itu, panggilan akan dibatasi hingga 60 menit kecuali Anda meningkatkan, namun, Anda masih memiliki akses ke fitur premium seperti berbagi layar, tata letak kisi seperti Zoom yang baru-baru ini diluncurkan Google , dan terjemahan waktu nyata.

TERKAIT: Cara Menggunakan Google Meet

6. Microsoft Teams

Microsoft Teams

Fitur Utama

  • Hingga 250 peserta.
  • Dapat mengaburkan latar belakang.

Microsoft Teams memungkinkan Anda untuk menyimpan semua percakapan, file, rapat, dan aplikasi di workspace bersama yang dapat Anda akses dengan mudah dari perangkat. Teams memungkinkan Anda mengelola proyek dengan pengeditan dan berbagi file, dan yang terpenting, Anda dapat terhubung langsung dengan audio dan video HD serta bergabung dalam rapat di mana pun Anda berada.

TERKAIT: Tutorial Menggunakan Microsoft Teams Tingkat Pemula dan Advanced

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here