Kamis, Juli 16, 2020
Beranda Tekno Aplikasi Cara Menggunakan Google Meet

Cara Menggunakan Google Meet

- Advertisement -

Bagi pekerja kantoran, saat ini Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di ruang rapat yang pengap. Dengan layanan panggilan berbasis konferensi video seperti Zoom dan Skype di platform seluler dan desktop, memudahkan untuk mengatur panggilan video untuk bekerja atau bersenang-senang, apakah itu panggilan dengan teman atau rapat dengan rekan kantor. Google memiliki layanan panggilan video, yaitu Google Hangouts, namun baru-baru ini dihentikan karena ada layanan Google Meet.

Apa Itu Google Meet?

Google Meet adalah layanan panggilan video utama Google. Diluncurkan pada tahun 2017 sebagai produk berbayar bagi pengguna bisnis, keputusan Google untuk menghentikan layanan Google Hangout menjadikan Google Meet sebagai layanan video konferensi gratis.

Google Meet gratis digunakan untuk semua pengguna akun Google sejak April 2020. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat smartphone baik iOS dan Android, dan dapat digunakan melalui desktop atau PC Anda dengan mengunjungi situs web Google Meet. Anda juga dapat menggunakan Google Meet melalui Gmail, serta menjadwalkan panggilan menggunakan Kalender Google.

- Advertisement -

Manfaat menggunakan Google Meet dibanding layanan lain adalah sederhana — jika Anda memiliki akun Google, Anda tidak perlu mendaftar akun lain untuk memulai panggilan video dengan teman, keluarga, atau rekan kerja.

Menjadwalkan Rapat Google Meet

Jika Anda ingin menjadwalkan rapat, Anda dapat menggunakan Kalender Google untuk membuat ID rapat yang dapat dibagikan dengan pengguna lain.

  • Untuk menjadwalkan rapat di Kalender Google, tekan tombol Create di kanan atas. Di kotak pembuatan rapat, atur waktu, tanggal, dan nama rapat, lalu tekan tombol Add Google Meet video conferencing. Muncul tautan Google Meet yang dapat dibagikan,  dengan menekan tombol Copy. Tekan Save untuk menyimpan acara rapat ke kalender.

Kalender Google Meet

  • Untuk mengundang orang lain melalui email, tekan tombol More Options. Di menu pembuatan rapat, Anda dapat mengundang pemegang akun Google lain ke acara tersebut (share tautan ke konferensi) sebagai Tamu/Guests.

Add Guests Google Meet

- Advertisement -

Tautan Google Meet membawa pengguna ke pertemuan Google Meet pribadi, Anda bebas menggunakan ini sebelum, selama, atau setelah meeting dijadwalkan.

Jika Anda ingin membuat acara di Google Meet, tekan tombol Schedule a video meeting from Google Calendar. Dengan begitu Anda diarahkan langsung ke acara Google Kalender baru, tempat Anda dapat menjadwalkan rapat dan mengundang orang lain secara langsung.

Jadwalkan rapat video dari tombol Kalender

Cara Membuat dan Bergabung Meeting lewat Google Meet

Jika Anda ingin segera membuat rapat, Anda dapat melakukan dari halaman depan Google Meet, dari situs web Gmail, atau dari aplikasi Google Meet di iOS atau Android.

  • Tekan tombol Start a meeting untuk segera membuat rapat. Dengan begitu menciptakan ruang rapat virtual dengan kode ID 10 huruf.

Tekan tombol Mulai rapat

  • Dengan tautan yang dibuat, Anda dapat tes video dan input mic Anda di sebelah kiri. Setelah Anda siap bergabung dalam rapat, tekan tombol Join now, atau Present jika Anda ingin membagikan layar presentasi. Tautan langsung ke rapat Anda tercantum di atas opsi untuk bergabung dengan rapat — Anda dapat menyalin tautan ini atau menyimpan kode 10 huruf untuk memungkinkan pengguna lain bergabung dalam rapat.

Google meeting ready

Dimungkinkan juga untuk membuat dan bergabung dengan rapat Google Meet menggunakan antarmuka Gmail. Ini hanya pengguna desktop — bagi pengguna smartphone perlu mengunduh dan menginstal aplikasi Google Meet.

  • Untuk membuat meeting baru lewat Gmail, buka kotak masuk Gmail Anda dan tekan tombol Start a meeting di bagian Google Meet di menu sebelah kiri. Membuka jendela baru Google Meet, memungkinkan Anda melihat pratinjau kamera dan mengetes mic Anda. Seperti cara sebelumnya, tekan Join Now untuk bergabung dengan rapat.

Mulai rapat lewat Gmail

  • Jika Anda ingin bergabung dengan rapat, tekan tautan Join a meeting.
Join a meeting lewat Gmail
  • Gmail akan meminta Anda untuk 10 digit kode ID rapat. Ketikkan ke dalam Kotak, lalu tekan Join untuk bergabung dalam rapat.

Gmail akan meminta Anda untuk 10 digit kode ID rapat

  • Jika kode ID Rapat Google benar, Google Meet akan menampilkan jendela baru — tekan Join, Ask to Join atau Present untuk bergabung. Pengguna lain dalam rapat Google Meet perlu menyetujui undangan untuk bergabung jika pengguna belum mendapat undangan rapat. Jika disetujui, Anda akan berhasil mengikuti rapat.

Jika Anda menggunakan Android dan iOS, Anda dapat bergabung dengan panggilan rapat  menggunakan aplikasi Google Meet.

  • Untuk membuat rapat baru di aplikasi Google Meet, tekan tombol New meeting. Rapat baru, dengan pop up berisi ID rapat dan tautan berbagi. Untuk bergabung dalam rapat di aplikasi Google Meet, tekan opsi Meeting code sebagai gantinya.

membuat rapat baru di aplikasi Google Meet

  • Jika Anda memutuskan untuk bergabung dengan rapat, Anda harus mengetikkan ID Rapat di jendela Enter a meeting code, lalu tekan Join meeting untuk bergabung dengan rapat, atau Present untuk mempresentasikan PPT Anda ke dalam rapat.

Masukkan kode rapat

Saat Anda memutuskan untuk mengakhiri rapat, semua pengguna yang terhubung harus meninggalkan rapat. ID rapat akan tetap valid, namun, memungkinkan untuk menyambung kembali dan memulai kembali rapat Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU