Tips dan Trik Cara Memakai Google Meet

Apakah Anda ingin mengikuti konferensi video Google Meet dengan teman, keluarga, atau rekan kerja? Artikel berikut akan membahas tips dan trik cara memakai Google Meet untuk mendapatkan pengalaman rapat online terbaik. Baik Anda menggunakan Google Meet di PC, Mac, atau perangkat seluler, seperti smartphone Android, iPhone, atau iPad, tips berikut akan membantu Anda menguasai konferensi video. 

Tips dan Trik Cara Memakai Google Meet

1. Ubah tata letak rapat

Google Meet

Ingin mengubah cara Anda melihat peserta dan konten lain? Anda dapat mengubah Layout dengan mudah saat berada di konferensi video Google Meet di PC atau Mac. Untuk mengubah layout Anda selama rapat, klik tombol More (tiga titik vertikal) lalu Change Layout; di sini, Anda dapat memilih salah satu jenis tampilan yang tersedia.

  • Auto: Izinkan Google Meet memilih tata letak.
  • Tiled: Menampilkan hingga 16 orang saat tidak ada orang yang melakukan presentasi. Semua peserta muncul di layar; peserta paling aktif akan muncul di samping.
  • Spotlight: Presentasi saat ini atau peserta aktif akan mengisi jendela.
  • Sidebar: Peserta atau presentasi aktif ditampilkan dalam tampilan besar, dengan peserta tambahan ditampilkan di samping.

2. Tambahkan teks ke Google Meet

Jika Anda kesulitan mengikuti apa yang dibicarakan dalam konferensi video, Anda dapat mengaktifkan teks tertutup (saat ini fitur hanya tersedia dalam bahasa Inggris). Perhatikan bahwa jika Anda merekam rapat, keterangan tidak akan muncul saat memutar rekaman. Untuk mengaktifkan teks, klik Turn On Captions tombol [CC] , yang dapat ditemukan di sisi kanan bawah dari jendela Meet di Mac dan PC. Di perangkat seluler, tombol teks akan muncul di pojok kanan atas setelah Anda mengetuk jendela video stream sekali.

3. Kontrol peserta Google Meet

Saat melakukan video call Google Meet, Anda dapat memilih peserta dan mengontrol berbagai faktor, termasuk apakah mereka dimute atau disematkan. Peserta juga dapat dikeluarkan dari panggilan jika diinginkan. Untuk pertemuan pribadi, hanya moderator acara yang dapat mengeluarkan peserta.

  • Mute a participant: Untuk menonaktifkan peserta lain di Google Meet saat menggunakan Mac atau PC, di samping gambar mini orang tersebut, klik tombol Opsi (tiga titik vertikal), lalu klik tombol Mute. Di perangkat seluler, ketuk pada tab People, lalu pilih peserta, dan ketuk Mute.
  • Pin a participant: Untuk memasang pin pada peserta dan membuat videonya tetap fokus, klik ikon pin pada gambar mini peserta. Di Android, pilih tab People, ketuk pada gambar mini orang yang ingin Anda pin, lalu ketuk ikon pin. Di iOS, pilih dan tahan ikon seseorang, lalu pilih ikon pin saat muncul.
  • Remove a participant: Untuk mengeluarkan peserta di Mac atau PC, klik ikon panah kembali, pilih peserta yang diinginkan, dan klik tombol Remove. Di perangkat Android: Navigasikan ke People, ketuk nama orang tersebut, lalu klik tombol Remove (  ) lalu ketuk Remove lagi. Di iOS: Navigasikan ke People, pilih nama orang tersebut, lalu ketuk Remove From Meeting. Lalu ketuk Remove.

4. Telepon ke konferensi Google Meet

Anda dapat bergabung dengan konferensi video Google Meet menggunakan telepon Anda; namun, nomor telepon Anda harus berada di AS atau Kanada. Untuk menelepon ke konferensi Google Meet, Anda dapat menghubungi nomor yang diberikan oleh penyelenggara rapat kepada Anda. Jika tidak, saat Anda mengunjungi URL Google Meet, Anda dapat memilih Gabung> Gunakan Telepon Untuk Audio. Kemudian klik Dial In dan pilih negara Anda. Setelah itu, panggil nomor tersebut dan masukkan PIN. Untuk memutuskan panggilan, klik Akhiri Panggilan .

5. Izinkan pemberitahuan Google Chrome

Apakah Anda ingin mengizinkan Google Meet mengirimi Anda notifikasi di browser web Chrome? Ikuti langkah-langkah berikut di Google Chrome pada Mac atau PC Anda untuk mengaktifkan Meet mengirimkan push notifications kepada Anda. Anda juga dapat mengikuti pengaturan ini untuk menonaktifkan notification tersebut jika diinginkan.

Langkah 1 : Buka Chrome .
Langkah 2 : Klik More (tiga titik vertikal) dan pilih Settings.
Langkah 3 : Gulir ke bawah dan pilih opsi Advanced.
Langkah 4 : Di bawah Privacy and Security, pilih Site Settings.
Langkah 5 : Klik opsi Notifications.
Langkah 6 : Gulir ke Meet.Google.Com dalam daftar dan kemudian klik More (tiga titik vertikal).
Langkah 7 : Klik Allow.

6. Cara Recording Google Meet

Jika Anda ingin mereferensikan panggilan Google Meet, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk merekamnya. Namun, perlu diperhatikan bahwa merekam rapat hanya tersedia untuk pengguna G Suite Enterprise. Setelah Anda bergabung dengan rapat di PC atau Mac, klik tombol More (tiga titik vertikal), lalu klik Record Meeting. Setelah mulai merekam, peserta akan diberi tahu. Untuk mengakhiri perekaman, ikuti langkah sebelumnya, tetapi klik Stop Recording.

Setelah direkam, rapat akan disimpan ke Google Drive host rapat. Tautan secara otomatis dikirim ke penyelenggara rapat dan orang yang memulai rekaman sehingga dapat didownload. Jika Anda tidak bisa memulai rekaman rapat, periksa panduan Google berikut, karena ada beberapa alasan mengapa opsi tersebut mungkin tidak tersedia.

7. Cara menampilkan PPT di Google Meet

Jika Anda memiliki PPT yang ingin Anda bagikan dengan orang lain, Anda dapat melakukannya di konferensi video Google Meet. Anda dapat melakukannya di Mac atau PC dengan mengklik tombol Present Now yang ditampilkan di pojok kanan bawah. Kemudian akan ditanya apakah Anda ingin berbagi Your Entire Screen, A Window, atau A Chrome Tab (jika Anda menggunakan Chrome). Klik Share untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin mempresentasikan. Untuk berhenti menyajikan, klik tombol Stop Presenting.

Jika menggunakan perangkat Android, Anda juga dapat share screen di panggilan Google Meet. Mulailah dengan mengetuk tombol More (tiga titik vertikal), lalu klik Present Screen. Ketuk Start Presenting untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin mulai presentasi. Untuk berhenti presentasi, ketuk Stop Presenting. Di iOS: Ketuk ikon More yang sama , pilih Share Screen, lalu ketuk Start Broadcast. Untuk mengakhiri berbagi, cukup ketuk Stop Sharing > OK.

8. Sesuaikan pengaturan audio dan video

Google Meet memungkinkan pengguna menyesuaikan resolusi video, menurunkan resolusi dapat membantu mempertahankan koneksi video jika Anda memiliki koneksi Wi-Fi yang lemah atau tidak stabil. Anda dapat mengubah ke resolusi yang lebih tinggi untuk kualitas video yang lebih baik jika koneksi meningkat. Mengubah resolusi agar sesuai dengan koneksi mudah dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Selama panggilan Google Meet, klik ikon More lalu Settings. Kemudian pilih tab Video di sebelah kiri.

Langkah 2: Anda memiliki dua pilihan untuk jenis resolusi yang ingin Anda manipulasi. Anda dapat memilih Send atau Receive Resolution. Send Resolution adalah apa yang kamera Anda akan kirim ke anggota panggilan lainnya, sedangkan Receive Resolution adalah apa yang Anda lihat dari panggilan video anggota lain.

Langkah 3: Pilih resolusi yang ingin Anda gunakan dari Standard Definition (360p) hingga High Definition (720p). Untuk memanfaatkan koneksi Anda untuk menerima, ada pilihan tambahan untuk dipertimbangkan. Saat menerima, Anda memilih opsi Audio Only, Standard Definition, dan bahkan opsi One Video at a Time.

9. Pintasan keyboard Google Meet

Google Meet mengharuskan Anda meluangkan waktu untuk mempelajari sistemnya agar dapat mengoperasikannya secara efisien. Jika Anda Anda akan menggunakan Google Meet secara terus menerus, Anda pasti ingin bekerja ekstra mempelajari trik-trik terbaik Google Meet. Ada pintasan bawaan di Google Meet yang akan mengoptimalkan kegunaannya meningkatkan pengalaman Anda secara keseluruhan.

TERKAIT: Cara Menggunakan Shortcut Keyboard untuk Fungsi Google Meet

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here