Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi PDF di Google Chrome

Pada artikel berikut kita akan membahas cara menyimpan halaman web menjadi pdf di google chrome. Kadang-kadang, Anda ingin menyimpan atau menyalin isi materi suatu halaman website untuk berbagai keperluan study ataupun pekerjaan. Untuk itu lebih mudah Anda menyimpan halaman website tersebut dalam bentuk file PDF sehingga Anda tidak perlu susah-susah untuk mengcopy isinya dan mencetaknya.

Berikut cara menyimpan halaman website ke dalam bentuk PDF menggunakan Google Chrome baik di Windows 10, Mac, Chrome OS, dan Linux.

Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi PDF di Google Chrome

Pertama, buka browser Chrome dan navigasikan ke halaman web/blog yang ingin Anda simpan ke bentuk PDF. Setelah Anda berada pada halaman yang diinginkan, cari tombol elipsis (tiga titik sejajar secara vertikal) di sudut kanan atas kemudian klik.

Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi PDF di Google Chrome

Di menu yang muncul, pilih “Print.”

Print halaman

Jendela cetak akan terbuka. Dalam menu drop-down berlabel “Destination,” pilih “Save as PDF.”

cara menyimpan halaman web menjadi pdf di google chrome

Jika Anda hanya ingin menyimpan halaman tertentu (misalnya, hanya halaman pertama, atau rentang seperti halaman 2-3) ke dalam file PDF, Anda dapat  menggunakan opsi “Pages“. Dan, jika Anda ingin mengubah orientasi file PDF dari portrait (vertikal) ke landscape (horizontal), klik pada opsi “Layout“.

Ketika Anda sudah siap, klik “Save” di bagian bawah jendela Print.

Jendela Print

Akan muncul “Save As“. Pilih folder yang Anda inginkan untuk menyimpan file PDF (dan ganti nama file jika perlu), lalu klik “Save.”

Save Dialog

Sekarang, situs web telah Anda simpan dalam bentuk file PDF di folder yang Anda pilih. Jika Anda ingin memeriksa ulang, navigasikan ke lokasi penyimpanan Anda, buka PDF, dan lihat apakah file yang disimpan dalam PDF sudah sesuai atau belum. Jika tidak, Anda dapat mengubah pengaturan dalam dialog Print dan bisa mencoba lagi. Juga dimungkinkan untuk mencetak dokumen ke file PDF di Windows dan di Mac pada aplikasi selain Chrome.

TERKAIT: Cara Merubah PDF ke Word Dengan Google Docs

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here