Cara Scan Dokumen di iPhone atau iPad

Cara Scan Dokumen di iPhone – Pernahkah Anda mengalami kesulitan ketika mengirim dokumen penting kepada seseorang melalui email, tetapi Anda tidak memiliki alat scanner? Sekarang iPhone atau iPad dapat Anda jadikan sebagai alat memindai dokumen. Anda dapat menyimpannya dalam bentuk PDF dan mengirimkannya melalui email, dan bahkan bisa menambahkan tanda tangan. Berikut cara scan dokumen di iPhone atau iPad Anda.

Cara Scan Dokumen di iPhone atau iPad Menggunakan Notes App

Untuk memindai dokumen di iPhone atau iPad, buka aplikasi Notes. Kemudian buat catatan baru, ketuk ikon kamera, dan pilih Scan Documents. Terakhir, pegang perangkat Anda di atas dokumen dan ketuk tombol rana untuk memindainya.

1. Buka aplikasi Notes di iPhone atau iPad. Aplikasi ini sudah termasuk dalam perangkat Anda, jadi Anda tidak perlu mendownloadnya. Aplikasi ini tampak seperti memo pad putih dengan strip kuning di bagian atas. Jika Anda tidak melihat aplikasi ini, Anda dapat mendownloadnya di Apple App Store

‎Notes
‎Notes
Developer: Apple
Price: Free
  • ‎Notes Screenshot
  • ‎Notes Screenshot
  • ‎Notes Screenshot
  • ‎Notes Screenshot
  • ‎Notes Screenshot
  • ‎Notes Screenshot
  • ‎Notes Screenshot
  • ‎Notes Screenshot
  • ‎Notes Screenshot
  • ‎Notes Screenshot
  • ‎Notes Screenshot
  • ‎Notes Screenshot
  • ‎Notes Screenshot
  • ‎Notes Screenshot
  • ‎Notes Screenshot
  • ‎Notes Screenshot

2. Kemudian ketuk ikon pensil dan kertas untuk membuat catatan baru. Anda dapat menemukan ikon ini di pojok kanan bawah layar Anda. Jika Anda tidak melihatnya, kembali ke layar Folder, dan buat folder baru atau buka yang sudah ada.

3. Selanjutnya, ketuk ikon kamera. Anda dapat menemukannya di pita di atas keyboard di layar.

4. Kemudian ketuk Scan Documents dari menu yang muncul. Setelah Anda melakukannya, kamera Anda akan diaktifkan.

2. Cara Scan Dokumen di iPhone atau iPad

5. Posisikan dokumen di bawah iPhone atau iPad Anda dan ketuk tombol rana pada layar. Berupa lingkaran putih besar di bagian bawah layar Anda.

Catatan: Jika dokumen Anda datar dan cukup terang, perangkat Anda akan memindainya secara otomatis. Kemudian Anda hanya perlu mengetuk Keep Scan di pojok kanan bawah.

6. Seret lingkaran di sudut kotak untuk menyesuaikan pindaian agar pas dengan halaman. Anda tidak perlu melakukan langkah ini jika perangkat Anda secara otomatis memindai dokumen.

7. Kemudian ketuk Keep Scan. Anda dapat menemukannya di pojok kanan bawah layar Anda. Ponsel kemudian akan meningkatkan gambar, membuatnya tampak seperti dokumen pindaian asli.

8. Selanjutnya, ketuk Save. Anda akan melihat ini di pojok kanan bawah layar. Gambar yang dipindai kemudian akan disimpan di aplikasi Notes Anda.

3. Cara Scan Dokumen di iPhone atau iPad

9. Terakhir, ketuk Done di sudut kanan atas layar. Anda juga dapat kembali ke halaman Catatan utama dengan mengetuk opsi <Notes di sudut kiri atas layar Anda.

Anda juga dapat mengetuk ikon bagikan di pojok kanan atas untuk mengirim gambar pindaian Anda sebagai PDF melalui email, pesan teks, dan lainnya.

4. Cara Scan Dokumen di iPhone atau iPad

Anda dapat mengedit dokumen yang dipindai dengan mengetuk gambar. Kemudian dapat memotong, menyesuaikan warna, atau memutar gambar dengan mengetuk salah satu opsi di bagian bawah layar. Anda juga dapat menghapus gambar yang dipindai dengan mengetuk ikon tempat sampah di sudut kanan bawah layar.

Untuk menambahkan tanda tangan ke dokumen yang dipindai, ketuk ikon bagikan di sudut kanan atas layar Anda. Kemudian scroll ke atas dan pilih Markup. Selanjutnya, ketuk tanda plus di sudut kanan bawah dan pilih Signature.

5. Cara Scan Dokumen di iPhone atau iPad

Jika Anda sudah memiliki tanda tangan yang disimpan, Anda dapat memilihnya. Jika tidak, Anda harus membuat yang baru dan klik Done di bagian atas layar Anda. Selanjutnya, seret tanda tangan Anda ke lokasi yang diinginkan dan ubah ukurannya dengan menyeret lingkaran di sudut. Terakhir, ketuk Done di bagian atas layar Anda untuk menyimpan gambar.

TERKAIT: Aplikasi Scanner Android Terbaik Untuk Scan Dokumen dan Foto

PILIHAN EDITOR

SUMBERHellotech

POPULER MINGGU INI